Sukses

Unggahan Perpisahan Mateo Kovacic Usai Resmi Pindah ke Manchester City, Ungkap Waktunya Move On dari Chelsea

Mateo Kovacic mengunggah pesan perpisahan dengan Chelsea usah resmi bergabung bersama Manchester City.

Liputan6.com, Jakarta - Mateo Kovacic telah resmi menjadi pemain baru Manchester City. Nilai transfer pemain asal Kroasia tersebut dilaporkan mencapai 25 juta pounds atau sekitar Rp 477 miliar.

Menyusul perpindahan tersebut, Mateo Kovacic pun menggunggah ucapan perpisahan melalui akun Instagramnya. Dalam unggahan tersebut, Kovacic menyatakan dirinya sangat senang telah bermain di Chelsea dan memenangkan sejumlah trofi bergengsi.

"Chelsea adalah klub yang selalu saya sukai, tapi sudah tiba waktunya bagi saya untuk move on," tulis Kovacic seperti dikutip dari unggahannya di Instagram, Rabu (28/6/2023).

Ia pun menyebut musim lalu merupakan masa yang sulit bagi Chelsea, dan tidak sesuai dengan standar klub tersebut. Namun, ia menyatakan tetap menikmati waktunya selama di London.

"Ini adalah 12 bulan yang sulit bagi semua orang dan saya kira kita semua setuju ini tidak sesuai dengan standar Chelsea yang biasa, tapi saya menikmati waktu di London. Sampai jumpa lagi, Mateo," tulisnya menutup unggahan tersebut.

Sebagai informasi, Kovacic meneken kontrak empat tahun bersama Manchester City. Dengan usianya yang masih 29 tahun, ia diharapkan masih bisa memberikan permainan di level tertinggi.

Kedatangan pemain ini disebut bisa menjadi jawaban Manchester City untuk mengatasi persoalan di lini tengah. Sebab, klub tersebut baru saja melepas Ilkay Gundogan bergabung dengan Barcelona.

Kovacic pun menyatakan sudah tidak sabar bermain untuk Manchester City. "Saya menikmati tahun-tahun yang menyenangkan di klub saya sebelumnya, tapi sekarang saatnya membuka halaman baru dan menang," tutur Kovacic usai resmi pindah ke rival Manchester United.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pindah ke Barcelona, Ilkay Gundogan Tinggalkan Manchester City dengan 'Hati Membiru'

Di sisi lain, Ilkay Gundogan segera berpisah dari Manchester City. Pemain asal Jerman itu tidak memperpanjang kontraknya dan memutuskan pindah dengan status bebas transfer ke raksasa La Liga, Barcelona. 

Gundogan bakal meninggalkan Etihad Stadium mulai awal Juli 2023. Selanjutnya, pemain asal 32 tahun itu akan memperkuat Barcelona selama dua tahun dengan opsi perpanjangan kontrak selama 12 bulan.

Gundogan bakal menjalani petualangan baru setelah tujuh tahun memperkuat City. Selama berseragam The Citizens, pemain asal Jerman itu sudah merasakan berbagai gelar, termasuk treble winners musim ini.

Sejak didatangkan dari Borussia Dortmund II pada 2016 lalu, Gundogan setidaknya telah mengumpulkan lima gelar Liga Inggris, dua FA Cup, 4 League Cup, dan satu gelar Liga Champions.

Manajer City, Pep Guardiola sebenarnya masih membutuhkan Gundogan. Apalagi, musim lalu dia  mampu mencetak 11 gol termasuk dua gol kemenangan melawan Manchester United di ajang FA Cup. 

Arsenal juga sama. The Gunners sangat berharap bisa mendatangkan Gundogan menyusul dua mantan pemain City yang sudah lebih dulu bergabung ke Emirates, Gabriel Jesus dan Oleksandr Zinchenko.

Namun Gundogan telah menentukan pilihan. Dia lebih tertarik bergabung dengan Barcelona. Bagi Gundogan, Blaugrana merupakan klub masa kecil yang sudah lama didambakannya.

Dan kepada situs resmi Manchester City, Gundogan telah menyampaikan ucapan perpisahannya. 

"Bagi saya, bergabung dengan Manchester City selama tujuh tahun terakhir merupakan sebuah privilege dan menyenangkan," kata Gundogan seperti dilansir dari situs Metro.co.uk

"Pertama, saya ingin berterima kasih kepada Pep. Bisa bermain di bawah dan belajar darinya begitu lama adalah sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan," beber Gundogan menambahkan. 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Ilkay Gundogan Tidak Akan Melupakan Manchester City

Gundogan juga tidak melupakan peran rekan-rekan setimnya. Menurutnya, pencapaian yang sudah diraihnya bersama Manchester City, tidak lepas dari peran mereka.

Selain itu, Gundogan sangat berterima kasih atas sambutan hangat yang selama ini diterimanya dari suporter The Citizens. 

"Saya juga ingin berterima kasih kepada semua rekan satu tim saya - dulu dan sekarang - yang semuanya telah memainkan peran khusus dalam membuat waktu saya di sini begitu luar biasa.

Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada para penggemar City yang luar biasa. Mereka telah mendukung saya sejak saya tiba, dan saya berutang banyak atas dukungan mereka. Klub ini membuat saya mewujudkan semua impian saya dan saya akan selamanya berterima kasih atas kesempatan ini.

"Saya akan selalu membawa City di hati saya. Sekali biru, tetap biru.” 

4 dari 4 halaman

Barcelona Resmi Dapatkan Ilkay Gundogan

Barcelona telah mengumumkan perekerutan Gudogan pada Senin 26 Juni 2023. Gundogan dikontrak Barcelona sampai 30 Juni 2025 dengan opsi perpanjangan selama setahun lagi. Gundogan akan memiliki klausul pelepasan di Barcelona hingga mencapai 400 juta euro.

Gundogan menjadi rekrutan pertama Barcelona untuk menghadapi musim 2023/2024. Blaugrana kemungkinan tak bisa membeli pemain terlalu banyak karena keuangan klub masih belum sehat.

Gundogan sendiri merupakan salah satu kunci sukses City saat meraih treble dengan menjuarai Liga Champions, Liga Inggris dan Piala FA pada musim ini. Eks pemain Schalke 04 itu merupakan kapten tim ketika City meraih treble dan trofi Liga Champions untuk pertama kalinya.

Kehadiran Gundogan diharapkan bisa membuat Barcelona berbicara banyak di Liga Champions musim depan. Barca pada musim 2022/2023 harus tersingkir di fase grup setelah cuma finis di posisi tiga karena kalah bersaing dengan Bayern Munchen dan Inter Milan.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.