Sukses

XL Axiata Perkuat Jaringan 4G di Sumbawa dan Lombok, Dukung Dua Ajang Balap Motocross

XL Axiata memperkuat jaringan 4G di BTS mereka yang ada di Sumbawa dan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hal ini dilakukan untuk mendukung terselenggaranya dua ajang balap motocross dunia.

 

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata memastikan jaringan 4G dalam kondisi prima di Sumbawa dan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hal ini seiring dengan akan digelarnya ajang balap motocross 2023 di dua lokasi NTB, yakni di Sirkuit Samota, Kab. Sumbawa 23-25 Juni 2023 dan Sirkuit Selaparang, Mataram, 1-2 Juli 2023.

Dukungan XL Axiata pada kedua event balap motor ini sekaligus sejalan dengan upaya pemerintah membangun industri pariwisata, khususnya di NTB.

Head Network Operations XL Axiata Region East, Mochamad Irwan Harahap, mengatakan, dukungan XL pada event dunia ini sejalan dengan upaya perusahaan memperkuat infrastruktur dan layanan di NTB yang merupakan salah satu winning area.

"Pangsa pasar XL Axiata (di NTB) adalah yang paling besar. Kami terus memperkuat kualitas jaringan data di NTB, terutama di Lombok dan Sumbawa," kata Irwan, dikutip dari keterangan XL Axiata, Sabtu (24/6/2023).

Irwan mengatakan, saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 1.130 desa/ kelurahan di 114 kecamatan seluruh NTB. Total lebih dari 5.800 BTS, termasuk lebih dari 3.300 BTS 4G di sana.

Irwan mengatakan, kawasan Samota dan Selaparang yang menjadi lokasi balap motocross tersebut, sudah terjangkau jaringan 4G XL Axiata. Dia pun memaparkan, kedua event balap dunia itu berpotensi meningkatkan lonjakan trafik di kedua area. Hal ini berdasarkan pada lonjakan trafik yang sempat terjadi saat event yang sama tahun lalu di Samota.

Sekadar informasi, di area sekitar Sirkuit Samota, sedikitnya ada 2 BTS 4G yang telah disiapkan untuk menjangkau sebagian besar area, termasuk sirkuit dan area wisata di sekelilingnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siap Atasi Lonjakan Trafik di Sekitar Lokasi Sirkuit Balap Motocross

XL Axiata secara khusus juga menempatkan Mobile BTS tidak jauh dari Sirkuit Samota untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap dunia tersebut berlangsung. Sementara itu di Sirkuit Selaparang yang berada di tengah Kota Mataram, ada sekitar 12 BTS 4G. 

Peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya sebatas di Samota dan Selaparang saja. Untuk area Sumbawa, XL Axiata juga memperluas jaringan 4G ke seluruh penjuru Sumbawa. 

Saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 532 desa/kelurahan di 61 kecamatan, dan 5 kabupaten/kota di Sumbawa. 

Sementara itu, total ada lebih dari 1.300 BTS di seluruh Sumbawa, dengan lebih dari 800 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Sumbawa. 

 

3 dari 4 halaman

Penambahan Kapasitas Jaringan 4G

Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi.

Kini sebagian besar BTS di Sumbawa telah terfiberisasi dan akan terus meningkat. Sementara itu, sejak awal tahun 2022 hingga saat ini sekitar 360 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya.

Selama setahun terakhir trafik data XL Axiata di Sumbawa tetap mengalami peningkatan sekitar 31 persen, dengan kenaikan trafik tertinggi ada di Kabupaten Bima.

 

 

4 dari 4 halaman

Total BTS 4G XL di Lombok

Sedangkan untuk area di Lombok, jaringan 4G XL Axiata telah hadir melayani pelanggan di 598 desa/kelurahan, 53 kecamatan, dan  5 kabupaten/kota di Lombok.  Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan sekitar 2.300 di antaranya BTS 4G.

Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok. Kini sebagian besar BTS di Lombok telah terfiberisasi dan akan terus meningkat.

Sementara itu, sejak awal tahun 2022 hingga saat ini sekitar 800 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya. Selama setahun terakhir trafik data XL Axiata di Lombok tetap mengalami peningkatan sekitar 13 persen, dengan kenaikan trafik tertinggi ada di Kabupaten Lombok Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.