Sukses

AC LG Multi V i Hemat Energi hingga 24,7 Persen Berkat Teknologi AI

Dalam riset yang dilakukan LG, LG Multi V i mampu meningkatkan penghematan energi hingga 24,7 persen berkat teknologi AI.

Liputan6.com, Jakarta - LG Electronics Indonesia baru saja meluncurkan penyejuk udara (air conditioning/AC) untuk bangunan komersial, LG Multi V i. Yang spesial dari produk ini adalah ditanamkannya sejumlah teknologi pintar yang berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

President of PT LG Electronics Indonesia, Lee Tae-Jin, mengklaim pengembangan teknologi AI yang diterapkan perusahaan bisa membuat LG Multi V i lebih hemat energi.

“Dengan dukungan AI, LG Multi V i menawarkan peningkatan kemampuan dalam penghematan energi, penciptaan udara dalam ruang sekaligus kenyamanan penggunaan yang lebih baik,” kata Lee Tae-Jin melalui keterangannya, Jumat (23/6/2023).

Ia menyebut LG Multi V i dirancang untuk memenuhi kebutuhan penyejuk udara bagi gedung bertingkat menengah hingga tinggi seperti kantor, sekolah, pusat perbelanjaan, apartemen, dan hotel.

Terkait pemanfaatan AI, salah satunya terwujud melalui fitur AI Smart Care. Keberadaannya secara khusus dirancang untuk memberikan kenyamanan pada orang yang beraktivitas dalam ruang, sekaligus mengoptimalkan penghematan energi. Hal ini dimungkinkan dengan memanfaatkan pembelajaran spasial dan situasional.

Dengan dukungan AI, AC LG Multi V i mampu mengoptimalkan operasionalnya menyesuaikan daya pendinginan melalui beberapa variabel.

Termasuk di dalamnya yaitu jumlah orang dalam ruang, tingkat kelembaBan dan suhu lingkungan di dalam dan luar ruang. Optimasi operasional melalui kemampuan penyesuaian ini, dalam riset yang dilakukan LG, mampu meningkatkan penghematan energi (hemat energi) hingga 24,7 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Khusus AI Indoor Space Care

Di sisi lain, AI Indoor Space Care tampil sebagai fitur khusus yang mampu mempertahankan suhu dalam tingkat stabil serta mengurangi konsumsi energi di sektor lainnya.

Hal ini karena metode pengenalan khusus, memungkinkan LG Multi V i mengaktifkan unit dalam ruangan secara otomatis pada area yang tengah digunakan untuk beraktivitas dan mematikan unit pada area yang dikenali tidak ada aktivitas orang di dalamnya.

“Dengan rancangan yang berjalan otomatis, teknologi ini mengurangi energi terbuang akibat adanya penyejuk udara yang terus aktif meski ruang tak lagi produktif dengan tanpa aktivitas orang di dalamnya,” ujar Product Director Air Solution of LG Electronics Indonesia, Mike Kim.

Tak hanya itu, pemanfaatan kecerdasan buatan pun dilakukan pada manajemen energi. Diberi nama AI Energy Management, fitur yang berfokus pada efisiensi energi ini memungkinkan pengguna menetapkan target konsumsi energi yang membantu menurunkan penggunaan daya keseluruhan dari perangkat LG Multi V i.

Dengan Noise Target Control, pengguna dapat menetapkan batas kebisingan operasional mulai dari 50 hingga 70 desibel, untuk memastikan bunyi yang dihasilkan unit outdoor LG Multi V i tidak melebihi tingkat kebisingan suara yang telah ditentukan dalam lingkungan tertentu.

 

 

3 dari 4 halaman

Tahan Cuaca Ekstrem

Terlepas dari deretan fitur cerdas di dalamnya, LG Multi V i menawarkan kinerja kuat dan dapat diandalkan, bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem.

Department Leader for SAC of LG Electronics Indonesia, Edy Sucipto, menjelaskan LG Multi V i telah melampaui pendahulunya yaitu Multi V 5 sebagai solusi VRF LG yang paling hemat energi.

Salah satu contohnya berkat penggunaan rancangan baru dalam kipas biomimetic yang membuat peningkatan jalur aliran udara untuk mengurangi konsumsi daya motor kipas.

Melengkapi seluruh keistimewaannya, LG Multi V i memiliki fitur Auto Tuning dan Remote Upgrade. Sistem Auto Tuning bekerja otomatis dalam melakukan penyesuaian pada kompresor dan motor saat instalasi awal atau ketika membutuhkan penggantian.

Teknologi ini memberikan kecepatan dan kemudahan pada saat pengaturan atau pun perawatan. Sementara itu, keberadaan Remote Upgrade memungkinkan perangkat lunak pada LG Multi V i mendapat pembaruan otomatis tanpa memerlukan kunjungan langsung oleh petugas.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Manfaat Mandi Air Dingin dan Panas. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini