Sukses

Kabar De Gea Hengkang dari Manchester United Kian Menguat, Ini Nama Kandidat Penggantinya

Rumor mengenai De Gea hengkang dari Manchester United terus menguat dalam beberapa hari terakhir, sejumlah nama kandidat penggantinya pun bermunculan.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor mengenai De Gea hengkang dari Manchester United terus menguat dalam beberapa hari terakhir. Kabar ini terus berhembus karena kiper asal Spanyol tersebut belum menandatangani kontrak baru, dan ada laporan menyebut MU sendiri sudah pasrah apabila De Gea tidak ingin memperpanjangnya.

Oleh sebab itu, Manchester United dikabarkan sudah mulai melirik sejumlah kandidat kiper untuk menggantikan De Gea. Mengutip Daily Mail, Senin (19/6/2023), salah satu nama yang disebut menjadi incaran Setan Merah adalah Jordan Pickford.

Dilaporkan, Jordan Pickford kini merupakan kandidat teratas yang diincar MU untuk menjaga gawangnya di musim depan. Sebagai bentuk keseriusannya, klub rival Manchester City itu dilaporkan sudah menyiapkan dana 45 juta poundsterling atau sekitar Rp 863 miliar untuk memboyong Pickford.

Sebelumnya di pekan lalu, MU memang sempat menyatakan mereka melakukan diskusi dengan De Gea mengenai kontrak barunya di tim tersebut. Sebab, manajemen diketahui ingin memangkas gaji De Gea dari 375.000 pounds menjadi hanya 200.000 pounds per pekan.

Kabar mengenai berakhirnya kiprah De Gea di Manchester United juga diperkuat dengan tidak masuknya ia dalam daftar pemain sementara yang dirilis klub untuk laga Liga Inggris musim depan.

Sebagai informasi, Jordan Pickford sendiri sebenarnya telah mendatangani kontrak baru di Everton pada Februari tahun ini. Namun, hal itu disebut tidak menghalangi niat MU untuk merekrut pemain tersebut.

Terlebih, Everton dikabarkan tengah mengalami kesulitan finansial, sehingga tidak tertutup kemungkinan apabila ada tawaran yang menarik, klub perlu melepas sejumlah pemain andalannya.

Jordan Pickford sendiri kini merupakan kiper nomor satu timnas Inggris. Karenanya, ia akan dengan mudah mudah didapuk menjadi pilihan pertama sebagai kiper Manchester United.

Selain Pickford, nama lain yang disebut-sebut menjadi incaran Manchester United adalah Andre Onana. Namanya disebut masuk dalam radar, karena ia pernah bermain di bawah asuhan Erik Ten Hag saat membela Ajax, sebelum pindah ke Inter Milan tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

David de Gea Berpotensi Hengkang dari Manchester United di Akhir Kontrak, Warganet Tak Rela Kehilangan Kiper Legendaris

Seperti diketahui, setelah 12 tahun menjaga gawang Manchester United, David de Gea kini berada di ambang pintu keluar. Kontrak kiper asal Spanyol itu akan berakhir pada 30 Juni 2023 dan belum ada tanda-tanda perpanjangan dari pihak klub.

Sehubungan dengan bergulirnya jendela transfer pemain untuk musim depan, masa depan De Gea sebagai kiper skuad Man United terlihat semakin suram.

Disebutkan, dia berisiko meninggalkan Old Trafford dalam status free agent, dan tidak ada informasi jelas apakah kontrak kiper Manchester United itu akan diperpanjangan hingga musim mendatang.

Mengutip Manchester Evening News, Sabtu (17/6/2023), kontrak De Gea akan habis pada 30 Juni mendatang dan kemungkinan perpanjangan kontrak semakin mengecil.

Meski masih ada pembicaraan antara pihak klub dan pemain, namun belum ada tawaran konkret untuk masa depan De Gea di tim berbasis di Old Trafford tersebut.

Sebelumnya, banyak yang mengira Man United dan De Gea akan segera mencapai kesepakatan baru, meski dengan gaji lebih rendah dari yang sekarang, yaitu £375.000 per minggu.

Kabar ini membuat banyak fans tim Setan Merah kecewa, dan terkejut De Gea sebagai kiper Manchester United selama 12 tahun bakal meninggalkan skuad asuhan Erik ten Hag itu.

Sejak bergabung di Manchester United, De Gea sudah tampil dalam 500 pertandingan menjaga gawan skuad dan memenangkan trofi Premier League, FA Cup, dua League Cups, tiga Community Shields, dan UEFA Europ League.

Sementara itu, tak sedikit pula warganet berpendapat keputusan MU untuk tidak memperpanjang kontrak De Gea adalah tindakan tepat.

"Mau dibilang kiper bapuk tapi tetep legend karena de gea sangat konsisten," cuit akun @f**** di Twitter.

"Belum resmi cabut si cuman negosiasi terakhir doi nolak buat turun gaji," komen @s****.

"Ngga rela de gea cabut panutan kiper MU dari jaman SD😔," tulis @p****.

"12 tahun gak main main. He is a legend. Thank you Dave. Good luck for the next journey. Vamos," bunyi cuitan @o****.

"Mungkin udh waktunya kali yah pemain sepeninggalan fergie harus udh out dan regenerasi di rezim ten hag, bagaimana pun juga de gea ttp lah de gea yg selalu kami banggakan save² krusial dia lah yg selalu jadi momen MU saat terhindar dri kekalahan," tulis @m****.

"Save David De Gea bakal dirindukan fans emyu. Tanpa dia, mungkin emyu tiap musim bakal finish diluar 5 besar," ujar @A**** di platform media sosial.  

 

3 dari 4 halaman

David de Gea Tak Ikhlas Gajinya Dikurangi

Dilansir The Mirror, Manchester United sebenarnya memiliki opsi untuk memperpanjang kontrak De Gea satu tahun lagi tetapi memilih untuk tidak mengaktifkannya saat pembicaraan mengenai kesepakatan baru untuk pemain Spanyol itu berlangsung.

Manchester United ingin De Gea menerima pengurangan gajinya saat ini 375.000 pounds per minggu agar bisa tetap tinggal di Old Trafford.

Namun, sumber di klub mengatakan bahwa negosiasi terlihat 'suram' dan De Gea sejauh ini tidak mau menyetujui upah yang lebih rendah. Karenanya, kemungkinan besar dia memilih berpisah dengan Setan Merah.

Manchester United merilis daftar pemain bertahan mereka untuk musim 2023/24, Jumat kemarin. Catatan itu tidak menyertakan De Gea, namun klub menegaskan bahwa negosiasi kontrak tetap terbuka dengan pemain Spanyol itu.

Termasuk dalam daftar yang dipertahankan United adalah sesama penjaga gawang Tom Heaton, striker muda Mateo Mejia dan pemain-pelatih U21 Tom Huddlestone, semuanya telah ditawari kontrak baru. Fakta bahwa De Gea dihilangkan dari daftar menunjukkan dia bisa diizinkan meninggalkan United musim panas ini.

Jika itu terjadi, United perlu merekrut penjaga gawang nomor satu baru. Untuk sementara Heaton dan pemain muda Nathan Bishop satu-satunya pilihan jika De Gea pergi sebagai agen bebas dan Dean Henderson pindah dengan status transfer permanen.  

4 dari 4 halaman

Manchester United Sudah Susun Daftar Target Kiper Baru

Manajer MU Erik ten Hag tertarik untuk mengontrak kiper lain terlepas dari apakah De Gea tetap di klub. Nama Jordan Pickford dari Everton, Andre Onana dari Inter Milan dan Diogo Costa dari Porto dalam daftar target mereka.

De Gea adalah pemain terlama Manchester United, setelah bergabung dari Atletico Madrid dalam kesepakatan senilai 18,9 juta pounds pada tahun 2011.

Dia telah membuat 545 penampilan untuk United, memenangkan Liga Premier, Liga Europa, Piala FA, dua Piala Liga dan tiga Community Shield selama waktunya di Old Trafford.

Pemain Spanyol itu memegang rekor clean sheet terbanyak sebagai penjaga gawang United (190), melampaui rekor sebelumnya 180 yang dibuat oleh Peter Schmeichel. Dia juga berada di urutan ketujuh dalam daftar penampilan sepanjang masa untuk klub.

Ten Hag sebenarnya berharap De Gea akan menyetujui pengurangan gaji dan tetap di klub. "Saya pikir kami ingin dia bertahan dan dia ingin bertahan, jadi saya pikir kami akan menemukan satu sama lain," kata Ten Hag.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.