Sukses

Bye-Bye, Ini 3 iPhone yang Tidak Bisa Update iOS 17

Bagi kamu pengguna iPhone besutan Apple, simak artikel berikut ini untuk mengetahui deretan perangkat yang tidak lagi mendapatkan pembaruan ke iOS 17.

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah mengumumkan kehadiran iOS 17 dalam ajang WWDC 2023. Tidak hanya itu, perusahaan juga mengumumkan deretan iPhone yang bisa menikmati iOS versi paling anyar tersebut.

Seperti biasa, pengumuman iOS terbaru ini turut disertai dengan dihentikannya dukungan terhadap sejumlah iPhone lawas. Mengutip informasi dari The Verge, Selasa (6/6/2023), kali ini ada tiga model iPhone yang tidak bisa menjajal pengalaman iOS 17.

Tiga iPhone tersebut adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus, serta iPhone X. Dengan kata lain, pengguna iPhone XS, iPhone XS Max, serta iPhone XR menjadi perangkat paling tua yang masih bisa menjalankan iOS 17.

Kendati demikian, ada beberapa fitur iOS 17 yang tidak tersedia untuk deretan iPhone lawas. Salah satunya adalah fitur reaction berbasis gestur dengan efek AR yang ada di FaceTime hanya bisa dinikmati pengguna iPhone 12 hingga iPhone terkini.

Lalu, peningkatan autocorrect di keyboard termasuk fitur in-line autocomplete setidaknya membutuhkan perangkat iPhone 12. Jadi, iPhone versi di bawahnya tidak bisa merasakan peningkatan tersebut.

Sementara untuk iPad, Apple juga mengumumkan sejumlah model yang tidak bisa lagi mendapatkan pembaruan ke iPadOS 17. Perangkat yang dimaksud adalah iPad generasi kelima dan generasi pertama iPad Pro 12.9 inci.

Perlu diketahui, seperti dikutip dari Apple Newsroom, Apple akan meningkatkan pengalaman komunikasi para pengguna iPhone, mulai dari Phone, FaceTime, hingga Messages lewat kehadiran iOS 17. 

Tidak hanya itu, kemampuan berbagi melalui fitur AirDrop juga akan dipermudah. Lalu untuk kali pertama, pada iOS terbaru ini, Apple turut memperkenalkan aplikasi baru bernama Journal dan StandBy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar iPhone Bisa Update iOS 17

"Dengan iOS 17, kami menjadikan iPhone lebih pribadi dan intuitif dengan mempertimbangkan secara mendalam fitur yang kita andalkan setiap hari," tutur SVP Software Engineering Apple Craig Federighi.

Seperti biasa, kemungkinan besar iOS 17 akan digulirkan pada September 2023, bersama dengan peluncuran iPhone terbaru. Lantas, iPhone mana saja yang akan mendapatkan pembaruan ke iOS 17? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

  • iPhone 14
  • iPhone 14 Plus
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 13
  • iPhone 13 mini
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone 12
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone SE (generasi kedua dan terbaru)
3 dari 4 halaman

Sejumlah Fitur Baru yang Hadir di iOS 17

Selain beberapa pembaruan yang sudah disebutkan di atas, Apple juga meningkatkan kemampuan sejumlah fitur dan aplikasi. Salah satunya adalah kehadiran Private Browsing di Safari untuk melindungi pengguna dari tracker saat memakai browser tersebut.

Lalu di aplikasi Health, Apple kini menambahkan fitur kesehatan mental. Melalui aplikasi di iOS terbaru ini, pengguna bisa mencatat soal emosi dan mood harian mereka.

Sementara di aplikasi Maps, Apple menyediakan opsi peta offline. Jadi, pengguna bisa mengunduh area spesifik yang diinginkannya lalu mendapatkan akses navigasi hingga perkiraan waktu datang ke lokasi tertentu, meski tidak terhubung dengan internet.

Sejumlah pembaruan lain juga dihadirkan di AirTag, Apple Music yang kini hadir dengan fitur Collaborative Playlists, termasuk AirPlay dan AirPods.

4 dari 4 halaman

Deretan Fitur Terbaru dari iOS 17

Update Buku Kontak

Buku kontak di iPhone kini hadirkan update baru, yakni sebuah fitur bernama Posters. Posters ini mengubah kartu kontak menjadi gambar yang terlihat satu layar penuh di iPhone penerima, saat pengguna memanggilnya.

Dalam hal ini Apple menggunakan bahasa desain mirip dengan layar kunci yang didesain ulang, dengan opsi tipografi yang berani dan kemampuan untuk menambahkan Memoji.

Selain itu ada pula fitur transkripsi langsung (live transcribe) untuk pesan suara yang memungkinkan pengguna melihat transkrip pesan yang ditinggalkan penelepon secara realtime.

Update Keyboard

iOS 17 juga perkenalkan peningkatan keyboard, termasuk peningkatan untuk fungsi autocorrect. Kini, autocorrect bergantung pada model bahasa baru untuk akurasi yang lebih baru ditambah pintasan yang lebih mudah untuk back ke kata asli yang ditulis pengguna.

Selain itu, ada pula pengetikan prediktif dan koreksi otomatis untuk kesalahan tata bahasa. Keyboard Apple juga mempelajari kata-kata yang kerap dituliskan pengguna. Dikte juga menggunakan model AI baru yang lebih akurat.

Aplikasi Journal

Apple kini punya aplikasi Journal yang secara otomatis menyarankan momen yang ingin diperingati dalam entri jurnal. Entri tersebut bisa meliputi foto, musik, dan aktivitas yang bisa dijadwalkan sebagai pengingat. Entri jurnal ini juga dienkripsi end-to-end untuk menjaga kerahasiaan.

Fitur StandBy

Pengisian daya iPhone kini dilengkapi fitur StandBy. StandBy ini merupakan mode baru untuk pengisian daya yang mengubah layar jadi tampilan status dengan tanggal dan waktu.

StandBy juga bisa menampilkan informasi dari Live Activities, widget, dan smart stack yang secara otomatis menyala saat ponsel dalam mode lanskap saat isi daya.

(Dam/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.