Sukses

WhatsApp Bakal Punya Fitur Pembuat Stiker Langsung di Aplikasi

Fitur pembuat stiker ini menjadi kabar gembira bagi pengguna yang suka mengirim stiker karena tidak perlu lagi memakai aplikasi pihak ketiga untuk membuatnya.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat stiker secara langsung di aplikasi. Pembaruan ini menjadi kabar gembira bagi pengguna yang suka mengirim stiker.

Fitur baru ini dilaporkan oleh WABetaInfo melalui blognya. Fitur ditemukan pada WhatsApp Beta untuk iOS versi 23.10.0.74 yang tersedia di aplikasi TestFlight.

Berdasarkan tangkapan layar yang diunggah WABetaInfo, WhatsApp akan menghadirkan opsi “New Sticker” atau “Stiker Baru” pada tab yang digunakan untuk mengirimkan file atau media di ruang obrolan.

Opsi baru tersebut merupakan alat untuk membuat stiker dari foto di galeri perangkat pengguna. Nantinya, alat ini juga akan menyediakan fitur pengeditan sederhana seperti penghapus background foto.

Untuk saat ini, fitur masih dalam masa pengembangan. Namun, diperkirakan fitur ini akan hadir bersama pembaruan aplikasi mendatang.

Tentunya, fitur pembuat stiker WhatsApp akan sangat bermanfaat bagi pengguna untuk menghindari pengunduhan aplikasi pihak ketiga. 

“Sebagai alat yang diterapkan di dalam WhatsApp, fitur ini memungkinkan pengguna untuk bereksperimen dengan pengalaman yang lebih asli saat membuat stiker,” tulis WABetaInfo, Kamis (25/5/2023).

Sebenarnya, pengguna WhatsApp iOS sudah bisa membuat stiker langsung ke aplikasi dengan memanfaatkan API iOS 16. Cara kerjanya, pengguna mengambil subjek dari foto dan langsung mengubahnya menjadi stiker di aplikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syarat Membuat Stiker WhatsApp di iOS

Meskipun fitur tersebut sudah membantu banyak pengguna di iOS, aplikasi chatting ini berniat meningkatkan implementasi fitur pembuat stiker yang dapat digunakan secara langsung.

Dilansir BQ Prime, Rabu (24/5/2023), terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat sticker custom WhatsApp di iOS, di antaranya:

  • Setiap stiker harus memiliki background transparan
  • Stiker harus berukuran tepat 512x512 piksel
  • Setiap stiker harus berukuran kurang dari 100 KB

Jika pengguna ingin membuat paket stiker, pengguna juga disarankan untuk menyediakan ikon yang akan digunakan untuk mewakili paket stiker WhatsApp. Gambar tersebut harus berukuran 96x96 piksel dan harus kurang dari 50 KB.

3 dari 4 halaman

WhatsApp Mulai Luncurkan Fitur Edit Pesan yang Sudah Dikirim

Sebelumnya, aplikasi messenger WhatsApp akhirnya mulai menggulirkan fitur yang banyak ditunggu para penggunanya, yaitu edit pesan.

Dengan fitur edit pesan ini, pengguna tidak perlu repot-repot menghapus chat yang sudah terkirim, yang malah meninggalkan jejak setelah dihapus.

"Jangan khawatir jika Anda melakukan kesalahan atau tiba-tiba berubah pikiran, karena kini Anda dapat mengedit pesan yang sudah terkirim," tulis WhatsApp dalam blog resminya.

Dikutip Selasa (23/5/2023), aplikasi WhatsApp nantinya akan mengizinkan pengguna untuk mengoreksi typo atau kesalahan ejaan, hingga menambahkan konteks dalam sebuah pesan.

Meski begitu, pesan yang sudah diedit akan tetap menampilkan tulisan "diedit", sehingga orang-orang yang dikirimkan, akan bisa langsung tahu chat tersebut sudah dikoreksi, tanpa harus menunjukkan riwayat pengeditan.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Rilis Fitur Chat Lock

Di samping itu, WhatsApp merilis fitur baru untuk menambahkan keamanan pesan penting penggunanya. Fitur baru WhatsApp bernama Chat Lock ini memungkinkan pengguna mengunci pesan obrolan menggunakan kata sandi atau sidik jari.

Seperti namanya, fitur kunci pesan WhatsApp ini berfungsi untuk mengamankan obrolan dari akses yang tidak diinginkan.

“Kami percaya fitur ini akan sangat bagus untuk orang-orang yang berbagi ponsel mereka dari waktu ke waktu dengan anggota keluarga, atau ketika orang lain memegang ponsel Anda tepat saat obrolan khusus tiba,” tulis Meta, mengutip situs resminya, Selasa (16/5/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.