Sukses

Setelah Sumbang Emas, Atlet Esports Alan Raynold Kumaseh Raih Perak dari PUBG Mobile Kategori Solo di SEA Games 2023

Atlet esports Alan Raynold Kumaseh menyumbangkan sebuah medali perak dari cabor esports PUBG Mobile di SEA Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Cabang olahraga esports game PUBG Mobile kembali mendulang medali di SEA Games 2023. Sebelumnya, Timnas INA 2 menyumbangkan emas bagi Indonesia di kompetisi PUBG Mobile kategori team event di SEA Games 2023.

Sehari setelahnya, giliran individual event atau perlombaan solo kompetisi PUBG Mobile yang berlangsung di SEA Games 2023. Pada ajang lomba solo atau perseorangan ini, masing-masing pemain berlomba menjadi yang terbaik di game PUBG Mobile.

Hasilnya, atlet esports Indonesia Alan Raynold Kumaseh alias Satar berhasil menyumbang medali perak di individual event SEA Games 2023.

Ini bukan pertama kalinya Alan "Satar" Raynold Kumaseh menyumbangkan medali perak dari cabor esports PUBG Mobile. Sebelumnya pada individual event SEA Games 2021, Alan juga menyumbangkan sebuah medali perak.

Sekadar informasi, individual event (perseorangan) atau solo merupakan satu dari dua nomor pertandingan yang dilombakan dalam cabang olahraga esports PUBG Mobile di SEA Games 2023.

Nomor pertandingan ini diikuti 60 atlet dari 10 negara Asia Tenggara, mulai dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Pada nomor pertandingan PUBG Mobile perseorangan itu, timnas esports Indonesia mengirim enam orang perwakilan. Mereka adalah Alan "Satar" Raynold Kumaseh, Muhammad "Boycil: Afriza, Juventino Ryan "Rosemary" Jeremy Rolos, Eksarahman "RedFace" Jayanto, Joshua Sepro, dan Leon "LeonDZ" Dzuliansyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alan Raynold Kumaseh Raih 83 Poin dan Sumbangkan Perak Buat Indonesia

Keenam atlet muda ini dididik di bawah asuhan kepala pelatih Robby "Natic" Mahardika Saputra, Ferdian "Nougat" Sahputra, dan Ignatius "Bimz" Bima Pratama Putra.

Kompetisi perseorangan PUBG Mobile SEA Games 2023 berlangsung di Olympia Mall, Phnom Penh, pada 15 Mei 2023. Juara pertama peraih medali emas adalah SkyNin asal Kamboja yang mengumpulkan 84 poin.

Jumlah poin yang diperoleh SkyNin ini hanya terpaut satu poin dari perwakilan Indonesia Alan "Satar" Raynold Kumaseh yang memperoleh 83 poin.

Sementara atlet PUBG Mobile asal Vietnam Parajin dan Barode berbagi medali perunggu dengan raihan poin 81 poin.

Medali perak yang didapatkan Satar tersebut sekaligus menambah pundi-pundi medali yang disumbangkan PUBG Mobile untuk Indonesia pada perhelatan SEA Games, yaitu dua medali emas dan dua medali perak. Yakni, sejak PUBG Mobile ditunjuk sebagai cabang olahraga esports resmi untuk pertama kalinya di SEA Games 2021 Vietnam.

3 dari 4 halaman

Apresiasi PUBG Mobile Indonesia untuk Alan Raynold Kumaseh

Country Manager PUBG Mobie Indonesia, Agung Chaniago, mengungkapkan apresiasi terhadap perjuangan para atlet PUBG Mobile Indonesia.

“Indonesia sangat bangga dengan prestasi yang telah dicapai oleh seluruh atlet kami. Ini adalah medali emas kedua dan medali perak kedua yang disumbangkan oleh PUBG Mobile untuk Indonesia, yang menjadi bukti nyata dedikasi, semangat, dan talenta komunitas PUBG Mobile Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa di Asia Tenggara," kata Agung.

Perolehan dua medali di SEA Games 2023 ini semakin mengukuhkan posisi Indonesia sebagai negara dengan tim PUBG Mobile terkuat di Asia Tenggara saat ini.

4 dari 4 halaman

Turnamen PUBG Mobile Selanjutnya

Pada 16 April 2023 lalu, tim asal Indonesia yaitu Alter Ego Ares berhasil memenangkan ajang resmi 2023 PUBG Mobile Super League Southeast Asia Spring (2023 PMSL SEA Spring), yang juga mempertemukan 20 tim PUBG Mobile terbaik dari Asia Tenggara di Kuala Lumpur, Malaysia.

Selanjutnya, Indonesia akan kembali berjuang di 2023 PUBG Mobile World Invitational (2023 PMWI), turnamen internasional dengan total hadiah senilai Rp 44,6 miliar yang akan dilangsungkan pada 11-16 Juli 2023 di Riyadh, Arab Saudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.