Sukses

Instagram Uji Coba Fitur Tambahkan Musik ke Foto Carousel, Bisa Dijajal di Indonesia

Instagram menguji coba fitur memasukkan musik untuk unggahan foto Carousel, di mana kemampuan ini ternyata sudah bisa dicoba di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Instagram sedang menguji coba fitur yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan musik ke dalam unggahan foto dengan format Carousel.

Carousel sendiri adalah fitur di mana pengguna dapat mengunggah hingga 10 foto atau video, dalam satu kali postingan. Ini adalah fitur yang sudah dirilis di media sosial itu cukup lama dan sudah tidak asing lagi.

Sebelumnya, musik memang bisa disematkan ke dalam sebuah unggahan foto, namun masih terbatas hanya untuk satu gambar saja, bukan ke beberapa foto di satu post.

Dengan adanya fitur baru Instagram ini, nantinya pengguna akan bisa memasukkan sebuah musik ke dalam post foto Carousel, sehingga akan ada musik yang mengiringi kita saat melakukan swipe beberapa foto di postingan itu.

Mengutip The Verge, Senin (1/5/2023), fitur ini juga diumumkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui kanal broadcast Instagram-nya, dan menyebut bahwa fitur ini sudah ada di beberapa negara.

Meski Meta tidak mengungkapkan beberapa negara yang dimaksud, namun berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, fitur menambahkan musik ke postingan Carousel sudah bisa dijajal di Indonesia.

Nantinya, pengguna tinggal melakukan langkah-langkah mengunggah foto seperti biasanya. Namun setelah memilih beberapa foto untuk postingannya, akan ada opsi "Add Music" saat akan menuliskan caption atau menandai seseorang.

Meski begitu, masih ada catatan dari Instagram di bawah fitur itu yaitu: "(IG-Only): Music will only be visible to internal users."

Di sini, pengguna Instagram cukup memilih bagian musik yang ingin dimasukkan ke postingan, lalu mengunggah foto seperti biasa.

Di samping itu, Mark Zuckerberg juga menyebutkan, Instagram sedang menguji coba fitur menambahkan musik ke Notes. Teman yang melihat status pun juga akan bisa melihat nama lagu dan artis bersama postingan kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bio Profil Instagram Bisa Tambahkan 5 Tautan

Sebelumnya, melalui melalui brodcast-nya, Zuckerberg juga mengumumkan fitur baru Instagram, yang mengizinkan pengguna untuk menambahkan lebih dari satu tautan ke halaman profil mereka.

"Sekarang Anda bisa menambahkan hingga lima tautan di bio Instagram Anda. Ini mungkin salah satu fitur yang paling banyak diminta," tulisnya seperti dikutip dari Engadget, Kamis (20/4/2023).

Untuk menambahkan tautan ke Instagram, pengguna dapat mengaksesnya di menu “Edit Profil” yang terletak pada bagian atas story highlights. 

Meski tidak membawa perubahan yang besar pada tampilan antarmukanya, fitur baru Instagram ini cukup fungsional dan bermanfaat bagi pengguna.

Ketika menambahkan lebih dari satu tautan, Instagram akan memangkas link pertama dan mencantumkan terdapat beberapa link lagi. Pengguna bisa mengklik tautan pertama untuk menampilkan halaman pop-up dengan daftar tautan lainnya yang telah disertakan.

Pembaruan aplikasi ini pun dapat menjadi alternatif utama untuk menggantikan Linktree yang biasa digunakan untuk mendaftarkan lebih dari satu link.

Selain itu, fitur multi link ini pun cenderung lebih praktis jika dibandingkan dengan Linktree yang akan mengarahkan pengguna ke halaman lain terlebih dulu.

3 dari 4 halaman

Fitur Trending untuk Reels Instagram

Instagram juga meluncurkan beberapa fitur baru untuk Reels. Salah satunya akan membantu kreator atau pembuat konten mengedit video, serta melihat konten apa yang sedang trending.

Melalui pengumuman di blog resminya, kreator konten Reels nantinya akan bisa menemukan lagu atau tagar atau hashtag, yang sedang berada di posisi atas top tren.

Selain itu, kreator juga bisa melihat berapa kali audio digunakan, menggunakannya, atau menyimpannya untuk diri sendiri.

"Anda juga dapat melihat topik dan tagar yang sedang tren teratas di Reels untuk menginformasikan konten Anda sendiri," tulis Instagram, seperti dikutip Senin (17/4/2023).

 

4 dari 4 halaman

Fitur Editing Baru di Reels

Fitur baru Instagram Reels lainnya adalah untuk mempermudah proses editing bagi para pembuat konten.

Di sini, Instagram menyatukan klip video, audio, stiker, dan teks, ke dalam layar pengeditan yang terpadu. Ini akan memudahkan pengguna untuk menyelaraskan dan mengatur elemen di Reel secara tepat, dengan lebih visual.

Instagram pun mengatakan, mereka akan menghadirkan tools yang lebih menarik di Instagram Reels, sehingga lebih banyak cara untuk membuat konten dengan lebih sederhana dan mudah.

Fitur Instagram Reels ini pun tersedia secara global baik di perangkat Android, maupun iOS.

(Dio/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.