Sukses

6 Tips Ubah iPad Lama Tak Terpakai Jadi Lebih Bermanfaat, Bisa untuk Ebook Reader hingga Head Unit Mobil

Terlepas dari kekurangan iPad yang sudah berumur, perangkat sebenarnya ini masih dapat difungsikan untuk kegunaan tertentu agar tetap bermanfaat. Simak tipsnya berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu alasan pengguna Apple tidak lagi memakai iPad lama yang dimilikinya kemungkinan karena kesulitan mengakses sejumlah aplikasi dan game terbaru. Begitu pula dengan iPad yang sudah tidak dapat menjalankan iPadOS versi teranyar. 

iPad lama yang didukung oleh versi iOS terakhir sebelum beralih ke iPadOS mungkin terlalu lambat untuk melakukan banyak kegiatan secara efisien. Misalnya, iPad 2 yang ditenagai oleh chip A5.

Diluncurkan pertama kali pada Maret 2011 dengan iOS 4, perangkat ini sebenarnya masih mendukung pembaruan hingga iOS 9 yang dirilis pada Juli 2019. Namun, ternyata iPad 2 kesulitan untuk menangani aplikasi dan game terbaru serta oerformanya dianggap sudah lamban.  

Akan tetapi, terlepas dari kekurangan iPad yang sudah berumur, perangkat tersebut sebenarnya masih dapat difungsikan untuk kegunaan tertentu agar tetap bermanfaat. Dirangkum dari Make Use Of, Senin (10/4/2023), terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menggunakan kembali iPad lama pengguna dengan maksimal.

Perlu diingat, cara ini tidak bisa melibatkan banyak aplikasi yang membutuhkan performa cepat dan stabil, tapi layak untuk dicoba. Karenanya, simak beberapa tips memanfaatkan iPad lama secara lengkap berikut ini.

1. Gunakan iPad Lama untuk Membaca Ebook

Untuk iPad lama yang dilengkapi dengan layar Retina, perangkat ini sangat cocok dijadikan sebagai media membaca ebook dan komik. Kemampuan layar tablet tersebut untuk merender komik dengan sempurna akan memberikan tampilan yang menyenangkan di mata. 

Jika aplikasi Apple Book dan Kindle tidak dapat berfungsi, pengguna dapat mencari alternatif lain, seperti Pocket yang memungkinkan penyimpanan artikel web tanpa iklan. 

Tak hanya itu, dengan aplikasi seperti Goodreads, Google Play Books, dan Scribd, pengguna tablet Apple ini juga dapat menelusuri dan mengunduh buku elektronik atau mentransfer file PDF dari PC pengguna. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sebagai Pengontrol Media Center dan Smart Home

Jika pengguna memiliki berbagai aksesori rumah yang saling terhubung dan didukung teknologi smart home, iPad lama dapat difungsikan sebagai remote control khusus melalui aplikasi pengontrol yang sesuai dari App Store. 

Cara ini tentunya lebih praktis karena dapat dilakukan dari jarak jauh, dibandingkan dengan menggunakan banyak remote untuk mengatur masing-masing perangkat.

Gadget pintar yang mendukung sistem HomeKit Apple dapat dikontrol di aplikasi Home. Jika iPad pengguna terlalu tua untuk menjalankan aplikasi tersebut, coba unduh aplikasi pabrikan dari App Store untuk mengontrol bohlam lampu pintar, bel pintu, CCTV, dan lainnya.

3. Gunakan iPad Lama Sebagai Tablet Hiburan Anak

Potret anak sedang memainkan fitur Kids Corner di tablet Huawei MatePad SE. credit: consumer.huawei.com.

Seperti yang diketahui, balita dan anak-anak umumnya menggemari tablet untuk menonton tayangan animasi favoritnya karena memiliki layar yang lebar. Jika anak belum cukup umur untuk diberikan perangkat baru, iPad lama sudah cukup mumpuni untuk menghibur mereka dengan acara seperti yang ada di Youtube Kids. 

Di samping itu, berbagai aplikasi edukasi anak yang tersedia di App Store juga dapat membuat iPad menjadi sarana belajar yang menyenangkan, terutama dengan visual yang menarik. iPad yang mendukung Apple Pencil pun dapat digunakan untuk anak belajar menulis, menggambar, atau membuat sketsa.

3 dari 4 halaman

4. Gunakan iPad Lama untuk Membantu Perjalanan

Dengan Layar touchscreen yang besar, iPad juga sangat cocok untuk menjadi dasbor hiburan dalam mobil, terutama jika belum menggunakan CarPlay. Cukup pasang iPad di mobil pengguna dan unduh beberapa peta offline untuk memudahkan perjalanan. 

Di sisi lain, akan lebih baik jika iPad disambungkan ke hotspot seluler untuk mendapatkan lebih banyak akses aplikasi, seperti Spotify agar perjalanan semakin menyenangkan. 

Bagi pengguna yang suka traveling, iPad lama juga dapat digunakan sebagai perangkat alternatif untuk memotret dan merekam video guna mengabadikan momen.

5. Ubah iPad Lama Menjadi Tablet Dapur

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Suka bereksperimen di dapur? iPad lama dapat digunakan menjadi tablet serba guna yang membantu berbagai aktivitas memasak pengguna. Yang perlu pengguna lakukan hanyalah mengisi perangkat dengan berbagai resep dan video tutorial memasak. 

Dengan koneksi internet, iPad juga dapat menjadi buku resep digital tak terbatas. Maka, pengguna dapat menempelkan casing iPad dengan kuat ke meja sehingga tidak perlu khawatir iPad akan terjatuh ketika sedang menggunakannya di meja dapur yang dipenuhi bahan masak. 

4 dari 4 halaman

6. iPad Lama Sebagai Bingkai Foto Digital

Melalui aplikasi Apple Photo, iPad lama dapat dialihfungsikan menjadi figura atau bingkai foto digital yang akan menampilkan foto favorit pengguna. 

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna membuat tayangan slide animasi yang dimuat dengan gambar, video, bahkan daftar putar lagu untuk musik latar. Jika ingin lebih menarik, pengguna juga dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga lainnya dengan pilihan fitur yang lebih banyak.

iPad pun dapat dipakai untuk mengontrol presentasi di Apple TV menggunakan aplikasi seperti Keynote Remote. Dengan begitu, projek yang dibuat di iPad bisa diproyeksikan ke Apple TV untuk menampilkannya di layar yang lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.