Sukses

Fitur Nearby Share Kini Hadir di Windows, Pengguna Bisa Kirim File antara Android dan PC

Google mengumumkan Nearby Share Beta untuk Windows hadir di beberapa negara dan akan memudahkan pengguna dalam memindahkan file antara perangkat Android dan PC Windows.

Liputan6.com, Jakarta - Selama bertahun-tahun, pengguna Android tidak dapat merasakan kemudahan fitur AirDrop yang memungkinkan pengguna iOS untuk berbagi file dengan cepat antarperangkat Apple.

Ketika Google memperkenalkan Nearby Share pada tahun 2020,sebagian besar pengguna Android antusias karena akhirnya memiliki cara sederhana untuk mentransfer file antarperangkat tanpa harus melampirkannya melalui email.

Dalam gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2022, Google mengumumkan rencananya meluncurkan Nearby Share dalam versi beta untuk Windows di masa mendatang, dan hari itu akhirnya tiba. 

Melalui posting-an blog Google Help yang dikutip dari Android Police, Senin (3/4/2023), Google memberitakan bahwa Nearby Share Beta untuk Windows akan memudahkan pengguna dalam memindahkan gambar, video, dan konten lainnya antara perangkat Android dan PC Windows tanpa perlu menggunakan penyimpanan Cloud.

Aplikasi ini tersedia untuk diunduh dari situs web Android dan kompatibel dengan PC yang menjalankan Windows 10 versi 64-bit ke atas, kecuali yang ditenagai prosesor ARM. Selain itu, transfer dapat berhasil jika perangkat berjarak maksimal 5 meter.

Untuk menggunakannya, cukup seret dan letakkan file ke dalam halaman aplikasi atau klik kanan pada file yang ingin dipindahkan, lalu pilih opsi Nearby Share di menu konteks. Kemudian, pengguna dapat memilih perangkat terdekat, misalnya Android, yang muncul di daftar penerima.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hindari Spam, Visibilitas Perangkat Dapat Diatur

Aplikasi ini hanya berfungsi untuk perangkat yang mengaktifkan Nearby Share, berdekatan dengan pengirim, fitur tidak terkunci, dan terkoneksi dengan Akun Google. Jika syarat tersebut terpenuhi, apa pun yang pengguna bagikan akan langsung dikirim ke perangkat lain, tetapi mereka harus mengonfirmasi untuk dapat menerimanya.

Akan tetapi, potensi orang asing mengirimkan file random ke perangkat pengguna mungkin menjadi kekhawatiran tersendiri. Untungnya, pengguna dapat mengatur visibilitas pilihan untuk Nearby Share di Windows khusus kontak, seperti di aplikasi Android. 

Untuk menyetelnya, masuk ke menu Pengaturan dan pilih bagian Visibilitas Perangkat. Selanjutnya, pengguna dapat memilih “Semua Orang”, “Kontak”, “Perangkat Anda”, atau “Tidak Seorang Pun”.

Saat ini, Nearby Share Beta hanya tersedia di Amerika Serikat dan beberapa negara lain. Sayangnya, terdapat beberapa negara yang masuk dalam daftar pengecualian, yakni Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Ceko, Denmark, Donbass, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Irlandia, Italia, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malta, Belanda, Polandia, Portugal, Rumania, Slovakia, Slovenia, Spanyol dan Swedia.

3 dari 4 halaman

Memasang Nearby Share untuk Windows

Meskipun baru tersedia di beberapa negara, Google telah membagikan cara untuk menginstal Nearby Share untuk Windows. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk dapat menggunakan aplikasi ini di PC Windows.

Jangan buka aplikasi sebagai administrator. Pengguna mungkin akan menerima peringatan saat mengunduh bahwa penginstal dapat berbahaya. Namun, selama pengguna mengunduhnya dari Google, file tersebut akan aman.

Cara Gunakan Nearby Share di PC Windows:

  • Unduh dan pasang Nearby Share Beta ke perangkat Windows pengguna.
  • Setelah diinstal, buka aplikasi dan masuk.
  • Di bagian “Terlihat oleh orang lain sebagai”, pilih nama perangkat pengguna.
  • Di bagian “Menerima”, pilih siapa yang dapat berbagi dengan pengguna.
  • Pilih Selesai.
4 dari 4 halaman

Menerima Kiriman dari Perangkat Lain

Untuk menerima file dari seseorang, perangkat pengguna harus dapat dideteksi oleh mereka. Pengguna dapat mengubah visibilitas perangkat di Setelan.

1. Saat seseorang menggunakan Nearby Share untuk mengirimkan konten kepada pengguna, penerima akan mendapatkan notifikasi.

  • Jika tertulis “Perangkat di sekitar sedang berbagi”: Pilih Aktifkan untuk membuat perangkat pengguna terdeteksi. 
  • Kemudian, pilih Terima atau Tolak setelah memastikan detail pengirim bukan orang yang tidak dikenal

2. Tinjau permintaan berbagi.

  • Jika pengguna mendapatkan PIN khusus, pastikan sesuai dengan yang ada di perangkat pengirim.

3. Untuk mendapatkan konten, pilih Terima.

  • Setelah file berhasil terkirim, file akan tersimpan ke folder "Unduhan".

Untuk kondisi di mana pengguna berbagi konten antara perangkat dengan Akun Google yang sama, perangkat penerima akan menerima transfer secara otomatis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.