Sukses

Warganet Tebak-tebakan Sosok Artis Inisial R di Kasus Pencucian Uang Rafael Alun Trisambodo

Sontak warganet pun dibuat penasaran dan tebak-tebakan siapa sebenarnya sosok berinisal R ini, dan sudah menjadi trending topic di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Warganet dibuat penasaran dengan sosok sebenarnya dari artis berinisial R, yang dikabarkan terkait dengan kasus pencucian uang Rafael Alun Trisambodo.

Adapun keterlibatan artis inisial R ini diungkap oleh Indonesian Audit Watch (IAW), dan sudah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, Jumat (31/3/2023), Iskandar Sitorus, Sekretaris Pendiri IAW, menyebutkan ciri-ciri dari artis R tersebut.

Dia menjelaskan, sosok artis inisial R ini merupakan selebritis terkenal dan merupakan orang kaya baru yang tinggal di Jakarta.

"Bisa dibilang orang kaya baru sesungguhnya. Kalau kami lihat pajak pribadinya saja tidak cenderung bisa disebut kaya kok apalagi pajak badan usahanya," ucap Iskandar.

Sontak warganet pun dibuat penasaran dan tebak-tebakan siapa sebenarnya sosok artis yang terkait kasus pencucian uang Rafael Alun Trisambodo.

Alhasil, keyword Inisial R pun sudah masuk trending topic di Twitter. Hingga berita ini ditulis, keyword 'Inisial R' sudah berada di posisi 10 trending topic di Twitter dengan jumlah cuitan kurang dari 10 ribu.

Berbagai cuitan nama-nama artis ternama di Indonesia. Beberapa warganet menyebutkan, artis inisal R itu adalah Raffi Ahmad.

Tidak sedikit pula warga internet di Tanah Air memilih untuk menunggu update siapa sosok tersebut, ketimbang berspekulasi artis inisial R yang terseret kasus pencucian uang Rafael Alun ini.

Berikut ini adalah rangkuman cuitan warganet di Twitter tersebut.

"Kalo liat ig keluarganya RAT yg "bukan siapa2" tapi followernya artis2 sih sudah ketebak siapa yg bakal keseret..." tulis @Ari****

"Raffi Ahmad, soalnya kan menantu Rafael Alun manajer tim ranspik, kali aja nyuci duit di sana," @Anan****

"Ini R nya yg disuka ibu ibu bukan? Klo iya aku ga yakin berani buka 😅 soalnyaa panjaaaaang banget urusannya nanti, dari klub bola, dekengan bos bos, sampai orang terkenal lainnya," cuit @Da**** di akun Twitter-nya.

"Kalau dari kode-kodenya sih kemungkinan yg punya entertainment, klub bola,dll. Soalnya teman bisnis dia yg punya showroom mobil mewah jg cuma pion dr salah satu petinggi partai kuning. Pokoknya anak muda yg crazy2 rich byk yg jd pion cuci duit, termasuk yg juragan malang itu," kata @Ta****

Diketahui, pihak KPK saat ini masih mendalami sosok artis R yang terlibat pencucian uang, seperti dilansir kanal YouTube KompasTV, Jumat (31/3/2023).

"Inisial R itu siapa, ini sedang kita dalami. Inisial R siapa, apakah R itu huruf depannya, atau R itu di tengah atau ada di ujung," ungkap Asep Guntur, Direktur Penyidikan KPK.

Iskandar Sitorus menyebutkan ciri-ciri dari artis R yang terlibat dalam pencucian uang Rafael Alun Trisambodo. Ia merupakan selebritis terkenal. Tak hanya itu, ia juga membeberkan bahwa artis R ini merupakan orang kaya baru yang tinggal di Jakarta.

"Bisa dibilang orang kaya baru sesungguhnya. Kalau kami lihat pajak pribadinya saja tidak cenderung bisa disebut kaya kok apalagi pajak badan usahanya," ucap Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

KPK Dalami Sosok Artis Inisial R yang Diduga Terlibat dalam Kasus Rafael Alun

<p>Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo saat wawancara khusus dengan Liputan6.com, Kamis (30/3/2023). Rafael berbicara soal kasus yang tengah membelitnya di KPK. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)</p>

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut bakal mendalami sosok artis inisial R yang disebut turut terlibat dalam kasus yang menjerat mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo.

"Masih kami dalami apakah inisial R itu siapa. Apakah itu huruf depannya, di tengah, atau di ujung," ujar Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur di Gedung KPK, Kamis (30/3/2023).

Sementara Rafael Alun sendiri menjelaskan isu adanya keterlibatan artis dalam kasusnya. Dia mengaku tak tahu sosok inisial R yang dituduhkan tersebut.

Dia menjelaskan tak memiliki kedekatan dengan artis mana pun, termasuk sosok R.

"Saya tidak punya lingkungan pergaulan artis, setiap hari saya dari pagi ke kantor, hari-hari saya habiskan di kantor. Saya enggak punya temen artis atau temen wanita lain," kata Rafael saat wawancara khusus, Kamis (30/3/2023).

Sebelumnya, Mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo mengaku pasrah dengan penetapannya sebagai tersangka dugaan korupsi pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak Kemenkeu RI tahun anggaran 2011 hingga 2023.

Dia menyebut tak akan melawan KPK, dan akan menerima semua konsekuensinya.

"Saya akan menerima karena ini konsekuensi saya, saya enggak bisa apa-apa, jadi saya menerima saja," ujar Rafael Alun dalam wawancara khusus dengan Liputan6.com di Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023).

3 dari 4 halaman

Robby Purba Menghempas Tudingan Terkait Kasus Pencucian Uang Rafael Alun Trisambodo

Robby Purba me-report akun Instagram Direktur Miss Supranational, Andre Sleigh. (Foto: Instagram @robbypurba)

Mendengar itu, salah satu selebriti yang punya inisial R, langsung menyampaikan reaksinya.

Robby Purba, salah seorang presenter ternama Tanah Air yang juga beberapa kali terjun sebagai aktor, tak kuasa menahan reaksinya atas dugaan itu. Robby Purba pun langsung menghempas tudingan keterlibatan dirinya sebagai artis R di lingkar kasus pencucian uang Rafael Alun Trisambodo.

Membuka media sosial, Robby Purba langsung membaur di antara warganet yang tengah menyorot kasus Rafael Alun Trisambodo ini.

Menariknya, Robby memilih untuk berkomentar di akun Instagram @lambe_turah untuk menuliskan satu kalimat pendek.

"Sumpah bukan aku," celetuk Robby Purba singkat dalam komentar unggahan Rabu (29/3/2023) itu.

Membaca komentar dari Robby Purba, sejumlah warganet yang sedang mengikuti dugaan kasus pencucian uang Rafael Alun Trisambodo ini langsung menanggapi reaksi sang presenter dengan tawa dan canda.

"Bang lu mah nyuci sepatu gw percaya 😂😂😂😂," ceplos @ata***.

"Kok ngakak ya jadinya... Pdhl belum ada yg sebut nama abang loohh... 😂😂😂," tulis @sil***.

"Yakin ko bang?? 😂😂😂 Bismillah THR dr bg obby😂😂," celetuk @dap***.

4 dari 4 halaman

Diduga Terima Gratifikasi

<p>Kepala Bagian Umum Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Jakarta Selatan Rafael Alun Trisambodo (Foto: Istimewa)</p>

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo menerima gratifikasi yang bertentangan dengan jabatannya sepanjang periode 2011-2023.

"Benar sebagai tindak lanjut komitmen KPK dalam penuntasan setiap kasus, saat ini berdasarkan kecukupan alat bukti KPK telah meningkatkan pada proses penyidikan dugaan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak Kemenkeu RI tahun anggaran 2011 hingga 2023," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Kamis 30 Maret 2023.

Ali menyebut, penerimaan gratifikasi yang dilakukan ayah dari Mario Dandy Satriyo itu dalam bentuk uang. Ali memastikan tim penyidik akan mendalami lebih jauh penggunaan uang-uang tersebut.

"Bentuknya uang. Alokasinya nanti akan didalami dalam proses penyidikan," kata Ali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.