Sukses

Review Oppo Reno8 T 5G: Desain dan Layar Beri Pengalaman Menyenangkan

Berikut ini pengalaman dan ulasan dalam menggunakan Oppo Reno8 T 5G, di mana perangkat ini memberikan pengalaman memakai yang cukup menyenangkan, khususnya dari segi desain dan layar

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Reno8 T 5G jadi smartphone yang diluncurkan Oppo di awal tahun 2023, bersama dengan seri Reno8 T lainnya yaitu Reno8 T 5G.

Mengusung konsep desain layar lengkung, perangkat ini juga membawa sejumlah fitur-fitur unggulan lainnya, serta pengalaman penggunaan yang cukup menyenangkan.

Selama beberapa pekan terakhir, Oppo Reno8 T 5G sudah menyambangi Tekno Liputan6.com. Saya pun berkesempatan untuk menjajal HP 5G yang satu ini untuk dipakai beberapa kegiatan sehari-hari.

Berikut ini ulasan dan pengalaman saya dalam memakai HP Reno8 T 5G selama beberapa minggu terakhir.

Review Oppo Reno8 T 5G

  • Desain

Desain jadi salah satu yang paling saya suka dari HP Oppo ini. Bentuknya yang sangat tipis dan ringan, sangat cocok buat saya yang sebenarnya tidak terlalu suka smartphone berukuran jumbo atau terlalu besar.

Dalam genggaman, ponsel ini cukup nyaman karena ketipisannya tadi, meski untuk bodi belakangnya sedikit lebih licin kalau dibandingkan HP-HP lain.

Penempatan modul kamera beserta bingkainya juga cakep dipandang mata, walaupun HP ini tidak akan bisa rata jika diletakkan di atas permukaan meja dengan bagian belakang menghadap ke bawah.

Warna bodi belakangnya juga menurut saya enak dilihat dan indah. Ada cita rasa khas smartphone Oppo yang tidak pernah main-main untuk urusan desain di seri Reno.

Secara tampilan, desain kamera dari Reno8 T 5G, yang sudah berbentuk punch hole, berpadu dengan layar lengkungnya, membuat desain layar jadi terasa lebih luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Penggunaan yang Menyenangkan

  • Layar

Beralih ke sisi layar, masih terkait dengan desain, saya juga suka layar lengkung di Oppo Reno8 T 5G. Cita rasa HP mewah dan premium benar-benar terasa dengan kehadiran layar ponsel ini.

Layarnya sendiri menggunakan AMOLED 6,7 inci, dengan rasio layar ke bodi 93 persen dan memiliki bezel tipis di 2,32 mm. Pengalaman menonton sebuah video dari perangkat ini pun jadi terasa lebih menyenangkan.

Selain itu, refresh rate-nya yang sudah 120Hz dengan touch sampling rate 120Hz, juga membuat pengalaman bermain game terasa lebih responsif. Warna yang dihadirkan juga tajam dan cerah di ponsel ini.

  • Performa dan fitur

Oppo Reno8 T 5G menggunakan chipset Snapdragon 695 5G, serta sudah membawa ColorOS 13 teranyar.

Untuk dipakai scrolling YouTube atau browsing, jelas perangkat ini tidak perlu diragukan. Berpadu dengan kemampuan layar yang jadi fitur unggulannya, pemakaian harian memberikan pengalaman yang oke.

Fitur Always-On Display juga jadi salah satu yang menarik buat saya, di mana ini bisa membantu penikmat Spotify seperti saya, untuk lebih mudah mengontrol aplikasi streaming musik tersebut tanpa membuka lockscreen.

Selain itu, ada juga fitur pixelate, yang dapat membantu mengaburkan nama pengguna, ketika kita mengambil sebuah gambar, demi melindungi informasi sensitif di sana. Masalah penyimpanan, Oppo masih menyematkan fitur RAM Expansion di perangkat ini.

Untuk gaming, Oppo Reno8 T 5G secara mengejutkan mampu menjalankan Genshin Impact dengan cukup oke. Bermain selama sekitar 15 meni dengan mode seimbang, masih dapat 30fps dengan performa lancar. Bodi juga hanya hangat sedikit.

Sementara untuk Mobile Legends dengan mode pro gamer, bahkan bisa mendapatkan 60fps dengan gameplay yang sangat mulus dan sentuhan yang lebih responsif. Tentu saja, di mode ini, perangkat jadi sedikit lebih cepat hangat.

Sebagai tambahan, di Mobile Legends, Oppo Reno8 T 5G sudah memberikan kemampuan untuk bermain game MOBA yang satu ini dengan pengaturan grafik tertinggi Ultra.

3 dari 4 halaman

Hasil Kamera yang Cakep

  • Baterai dan Suara

Baterai Reno8 T 5G sendiri berkapasitas 4.800 mAh dan mendukung pengisian daya cepat 67W SuperVOOC. Berdasarkan pengalaman, dicolok ke pengisian daya selama 15 menit, bisa terisi hingga 64 persen dari posisi 26 persen.

Untuk dipakai nonton YouTube sekitar satu jam, baterai hanya berkurang 5 persen. Dibuat main Genshin Impact sekitar 15 menit dengan kondisi yang sudah saya ungkap sebelumnya, baterai berkurang 6 persen.

Sayangnya kualitas suara jadi satu sektor yang saya agak sedikit kecewa. Meski sudah memakai stereo speaker, namun keluarannya masih agak pecah, apalagi di mode 200 persen. Bukan jelek, hanya rasanya kurang maksimal.

  • Kamera

Oppo Reno8 T 5G masih memberikan hasil foto yang menurut saya bagus. Perlu diingat, kameranya terdiri dari kamera portrait 108MP pertama OPPO, Kamera Microlens 40x, kamera depth 2MP, dan Kamera selfie 32MP.

Untuk kamera 108MP-nya, sekilas memang tidak terlihat berbeda dari hasil foto biasa. Namun, saat dipotong atau crop, hasil kamera 108MP masih bisa mempertahankan kualitas dan detail gambar meski sudah di-crop.

Di kondisi terang, kualitasnya bagus dengan warna yang dihasilkan natural. Meski menggunakan bantuan image processing, tapi masih terlihat tidak alami, bahkan jadi lebih cakep dan terang.

Untuk kondisi malam, kualitasnya terasa menurun, apalagi di kondisi yang benar-benar kekurangan cahaya. Bantuan Night Mode di sini sangat menolong, meski dari segi ketajaman gambar tidak tajam-tajam amat.

Satu lagi fitur yang mungkin bakal tidak terlalu sering dipakai adalah kamera makro. Buat saya yang sering "gabut" tentu saja kamera ini cukup menarik untuk memotret obyek-obyek tidak biasa. Hasilnya juga cukup oke.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Oppo Reno8 T 5G bisa jadi teman buat sehari-hari yang memiliki pengalaman penggunaan yang menyenangkan. Apalagi, buat kamu yang suka ponsel-ponsel berdesain tipis.

Pengalaman visual dalam memakai smartphone ini imersif seperti yang dijanjikan oleh Oppo. Penggunaan untuk bermain game pun masih oke, meski perlu diingat ini bukan HP gaming.

Buat foto-foto, Oppo Reno8 T 5G menurut saya sudah menawarkan kualitas foto yang cakep. Tak cuma buat jepret-jepret harian, tapi buat mengambil gambar yang estetik, HP ini juga masih bisa.

Kekurangannya menurut saya sangat minor. Kualitas suaranya masih terbilang kurang maksimal jika dibandingkan dengan HP-HP stereo lainnya, kamera ultrawide juga absen di sini.

Selain itu, buat yang suka menggunakan headset dengan kabel, harus sedikit usaha lebih untuk mencari konektor type-c, mengingat tidak adanya audio jack 3.5 mm di perangkat ini.

Soal harga, Oppo Reno8 T 5G dilepas dengan harga Rp 5.999.000 untuk varian RAM 8GB dengan ROM 128GB, serta Rp 6.499.000 untuk varian 8GB RAM dan 256GB ROM. Mahal atau tidaknya, tergantung kantung dan kebutuhan kalian.

Ingat, apa yang saya tuliskan di atas adalah pengalaman saya pribadi dalam memakai Oppo Reno8 T 5G. Setiap orang mungkin memiliki preferensi, pengetahuan, dan pengalaman yang berbeda saat memakainya.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.