Sukses

Deretan Aplikasi dan Game di Android iOS untuk Tunggu Waktu Berbuka Puasa Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta - Bulan suci Ramadan yang telah ditunggu-tunggu telah tiba. Bersamaan dengan momen ini, tentu banyak pengguna smartphone yang mencari sejumlah aplikasi yang berfokus pada ibadah selama Ramadhan.

Tak hanya itu, berbagai aplikasi hiburan seperti game juga kerap dibutuhkan untuk menemani pengguna menunggu waktu berbuka puasa.

Pada Ramadan 2023 ini, App Store menghadirkan bagian baru bernama Nawartoona yang merupakan istilah Arab dengan arti sambutan saat teman dan keluarga berkunjung ke rumah. Bagian ini berisi beberapa rekomendasi aplikasi yang disesuaikan khusus bulan puasa, seperti doa dan refleksi.

Nawartoona juga memiliki beberapa pilihan segmen yang didasarkan pada kegiatan atau tema aplikasi Ramadhan. Beberapa segmen tersebut meliputi:

  • Feel Good this Ramadan. Bagian ini menyoroti berita utama dan acara dalam aplikasi di sepanjang bulan untuk memastikan pengguna tidak tertinggal,
  • Host a Great Game Night. Berisi permainan populer multi-pemain yang akan menyatukan teman dan keluarga di malam yang menyenangkan,
  • Ramadan Favorites. Mencakup kumpulan aplikasi favorit pelanggan yang penting selama Ramadan,
  • Master Your Transitions. Panduan cara membuat klip momen spesial yang menarik menggunakan aplikasi CapCut sehingga cocok untuk berbagi pengalaman Ramadan.

Di samping itu, terdapat beberapa rekomendasi aplikasi di PlayStore dan App Store yang cocok untuk menyambut bulan Ramadan dan menemani kegiatan pengguna. Berikut ini daftar lengkapnya, sebagaimana dirangkum dari Esquire Middle East, Kamis (23/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Ramadan di App Store

Bagi pengguna iOS, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi App Store yang cocok untuk dicoba selama Ramadhan.

Aplikasi iOS untuk Ramadhan:

  1. Wajeez: Aplikasi ini berisi buku-buku bahasa inggris populer yang diringkas ke dalam bahasa Arab sehingga cocok untuk memperluas wawasan sastra pengguna.
  2. Abjjad: Pada aplikasi ini, pengguna dapat menyelami perpustakaan e-book yang luas. Perpustakaan ini berisi banyak judul internasional dan Arab, novel populer dan laris, buku anak-anak, serta beragam karya non-fiksi. 
  3. Yalla Ludo – Ludo & Domino: Aplikasi permainan Ludo dan Domino ini dapat dimainkan bersama teman online melalui obrolan. Tentunya, permainan macam ini cocok untuk menjaga keakraban dengan kerabat atau keluarga yang mungkin tidak dapat bertemu langsung. 
  4. Kammelna and Jawaker: Aplikasi ini menawarkan permainan kartu khas Arab yang menarik, seperti Baloot dan Tarneeb, serta dapat dimainkan bersama teman dan keluarga.
3 dari 4 halaman

Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Ramadan di Android

Tak hanya Apple Store, Play Store juga memiliki beberapa rekomendasi aplikasi terbaik yang dapat pengguna coba selama bulan Ramadan.

Aplikasi Ramadhan di Android:

  1. Muslim Pro: Aplikasi ini akan meningkatkan pengalaman pemahaman pengguna terkait Ramadan dengan informasi yang lengkap, mulai dari waktu shalat, Al-Quran digital, arah kiblat, serta jadwal-jadwal di bulan suci.
  2. Ramadan Legacy: Aplikasi ini dirancang untuk membantu pengguna memanfaatkan Ramadan dengan sebaik-baiknya dan menjaga kegiatan pengguna selama bulan Ramadan tetap terorganisir dengan perencanaan yang interaktif. 
  3. MyFitnessPal: Pertahankan asupan nutrisi pengguna selama Ramadhan dengan aplikasi yang membantu melacak makanan, kalori, dan olahraga harian, memastikan pengguna tetap sehat sepanjang bulan suci.
  4. Qara’a - Learn Quran: Qara’a - Learn Quran merupakan aplikasi belajar dan mengajar Al-Quran yang menawarkan pengalaman interaktif dan menyenangkan dengan teknologi kecerdasan buatan. Terdapat pula modul pembelajaran yang dilengkapi animasi dan gambar yang memperagakan cara melafalkan huruf Arab dengan benar.
  5. ShareTheMeal: Charity Donate: Pengguna dapat berpartisipasi memberikan amal untuk donasi dalam United Nations World Food Programme bersama aplikasi ini. ShareTheMeal memungkinkan pengguna memberikan makanan kepada orang-orang di seluruh dunia dengan hanya beberapa klik di ponsel pengguna, serta melihat persis ke mana donasi pengguna diberikan.
4 dari 4 halaman

Rekomendasi Game Terbaik untuk Ramadhan

Rekomendasi Game untuk Ramadhan:

  1. EA Sports PGA Tour: Permainan ini adalah simulasi golf pertama dari EA Sports sejak 2015 yang memberikan pengalaman kepada pemain layaknya profesional di kehidupan nyata. 
  2. Resident Evil 4: Remake dari salah satu game horor paling dicintai dalam sejarah, kini permainan tersebut diperbarui dengan grafis dan mekanisme permainan yang lebih baik.
  3. Meet Your Maker: Aplikasi game ini akan akan mengasah cara pemain merancang mekanisme pembangunan yang rumit untuk melindungi kawasan pemain agar tidak dirampok pemain lain.
  4. Candy Crush Saga: Permainan puzzle sederhana yang sangat populer mengasah strategi pemain dalam mencocokkan tiga permen untuk meledakkan gula. Dengan banyaknya level yang semakin menantang, pemain dapat menghabiskan waktu istirahat dengan menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.