Sukses

Militer Amerika Serikat Rilis Video Jet Rusia Tabrak Drone AS di Atas Laut Hitam

Militer Amerika Serikat akhirnya merilis video berdurasi 42 detik yang memperlihatkan jet Rusia tabrak drone AS di atas Laut Hitam.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak militer Amerika Serikat baru saja merilis video berdurasi 42 detik, dimana memperlihatkan drone mereka ditabrak oleh jet tempur milik Rusia.

Di dalam video tersebut, terlihat jet Rusia itu terbang sangat dekat dengan drone AS di atas Laut Hitam.

"Terlihat pesawat Russian Su-27 itu membuang bahan bakar di atas pesawat tak berawak, sebelum akhirnya jet Rusia tabrak drone AS," kata Pentagon, sebagaimana dilansir CBS, Jumat (17/3/2023).

Jet tempur milik Rusia tersebut kembali melintas di atas drone, dan membuang bahan bakar sebelum akhirnya menabrak pesawat MQ-9 Reaper sehingga baling-balingnya rusak.

Karena hal tersebut, pihak militer Amerika Serikat memutuskan untuk menjatuhkan drone ke Laut Hitam. Hingga kini, Rusia masih membantah pesawat tempur mereka menabrak drone AS.

Mendapati pesawat tersebut akan jatuh, operator drone AS secara efektif menerbangkan pesawat hingga ke perairan internasional barat daya Krimea.

Selama melayang ke perairan internasional, dua pejabat AS mengatakan operator drone AS telah menghapus software sensitif drone dari jarak jauh, mengurangi risiko bahan rahasia jatuh ke tangan musuh sebelum jatuh ke air.

Jendran Angkatan Darat AS, Maark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan, drone tersebut kemungkinan besar rusak selama kecelakaan daan puing-pung yang tersisa kemungkinan telah tenggelam ke Laut Hitam.

"Itu milik AS," kata Milley. "Mungkin tidak banyak yang bisa dipulihkan, terus terang," ucapnya sebagaimana dikutip dari CBS.

Seorang pejabat mengatakan, Rusia telah mencapai lokasi kecelakaan dan mungkin akan berhasil mengumpulkan beberapa bagian dari puing-puing.

Tetapi Milley mengatakan, AS telah mengambil langkah-langkah mitigasi untuk mencegah hilangnya intelijen yang sensitif. "Kami cukup yakin apa pun yang bernilai tidak lagi berharga," kata pihak Pentagon kepada wartawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

6 Fakta Terkait Pesawat Jet Rusia Tabrak Drone AS

6 Fakta Terkait Pesawat Jet Rusia Tabrak Drone AS di Atas Laut Hitam (Doc: Tangkapan layar, youtube U.S. European Command)

1. Apa yang terjadi dan mengapa itu penting?

Rekaman rahasia yang dirilis oleh Pentagon pada hari Kamis menunjukkan jet Su-27 Flanker membuat dua lintasan yang sangat dekat dari drone, menyemprotkan bahan bakar di depannya – sebuah taktik pelecehan yang menurut para ahli AS belum pernah terlihat sebelumnya.

Pada lintasan kedua, Su-27 bergerak sangat dekat dengan MQ-9 Reaper sehingga gambar menjadi terpikselasi sebentar, menandakan telah terjadi tabrakan. Saat kamera pulih, sayap baling-baling yang bengkok dapat terlihat – kerusakan yang cukup serius bagi angkatan udara AS untuk menjatuhkan drone.

Menteri pertahanan dan pemimpin militer Rusia dan Amerika Serikat mengadakan percakapan telepon yang jarang terjadi pada hari Rabu untuk membahas insiden tersebut, yang merupakan tabrakan pertama yang tercatat antara pesawat AS dan Rusia atau Soviet sejak perang dunia kedua.

3 dari 5 halaman

2. Apa yang dikatakan AS tentang insiden itu?

<p>Amerika Serikat mengklaim jet tempur Rusia menghantam baling-baling pesawat pengintainya MQ-9 Reaper di wilayah perairan internasional Laut Hitam. (Dok. AFP)</p>

Pejabat AS memberi pengarahan bahwa rekaman itu "benar-benar mengonfirmasi" ada tabrakan dan pembuangan bahan bakar - tetapi mereka menambahkan itu tidak mengonfirmasi niat pilot Rusia dan apakah pilot bermaksud menyerang Reaper.

“Ada pola perilaku baru-baru ini di mana ada tindakan yang sedikit lebih agresif yang dilakukan oleh Rusia,” kata Jenderal Mark Milley, ketua kepala staf gabungan AS, pada hari Rabu. Milley mengatakan jelas bahwa intersepsi dan pelecehan drone oleh jet Rusia disengaja, tetapi tidak jelas apakah pilot Rusia bermaksud membanting pesawat mereka ke drone – sebuah langkah yang juga dapat membahayakan mereka.

3. Apa kata Rusia?

Sebelum Pentagon merilis rekaman itu, Rusia membantah adanya tabrakan dan mengatakan pesawat tak berawak itu jatuh setelah melakukan "manuver tajam", setelah "secara provokatif" terbang mendekati wilayah udara Rusia di dekat Krimea, yang dianeksasi secara paksa oleh Moskow dari Ukraina pada tahun 2014.

Sergei Shoigu, menteri pertahanan Rusia, mengatakan bahwa penerbangan pesawat tak berawak AS di dekat pantai Krimea "bersifat provokatif" dan dapat menyebabkan "peningkatan ... di zona Laut Hitam," kata sebuah pernyataan kementerian.

4 dari 5 halaman

4. Jenis drone apa itu?

<p>Amerika Serikat mengklaim jet tempur Rusia menghantam baling-baling pesawat pengintainya MQ-9 Reaper di wilayah perairan internasional Laut Hitam. (Dok. Wikipedia/Publik Domain)</p>

MQ-9 Reaper adalah pesawat besar tanpa awak yang diproduksi oleh kontraktor militer General Atomics. Ini dioperasikan dari jarak jauh oleh tim dua orang, yang terdiri dari pilot dan anggota awak pesawat yang mengoperasikan sensor dan memandu senjata.

Pesawat ini memiliki panjang 11 meter dengan lebar sayap lebih dari 22 meter. Angkatan udara AS mengatakan penggunaan utamanya adalah sebagai "aset pengumpulan intelijen", namun drone tersebut juga memiliki "kemampuan uniknya untuk melakukan" serangan presisi terhadap "target bernilai tinggi dan peka waktu". Reaper dapat membawa sebanyak 16 rudal Hellfire, setara dengan kapasitas muatan helikopter Apache.

Reaper, seperti kendaraan udara tak berawak lainnya, mampu terbang di ketinggian 50.000 kaki (15 km) dan dapat berkeliaran di atas target selama sekitar 24 jam, menjadikannya berguna untuk misi pengintaian. Yang terpenting, semua ini terjadi dengan awak pesawat yang tetap berbasis di AS, jauh dari bahaya.

Selama tahun kalender 2018, MQ-9 Reaper terbang total 325.000 jam untuk angkatan udara AS, 91% di antaranya untuk mendukung operasi tempur.

5 dari 5 halaman

5. Apakah hal semacam ini pernah terjadi sebelumnya?

Pesawat jet tempur tipe MiG-29 milik Rusia (Wikipedia/Creative Commons)

Ini bukan pertama kalinya pesawat Rusia terbang begitu dekat dengan pesawat AS di Laut Hitam sehingga Pentagon secara terbuka mengutuk insiden tersebut karena membahayakan awaknya. Pada tahun 2020, jet Rusia melintas di depan pembom B-52 yang terbang di atas Laut Hitam, dan terbang sedekat 100 kaki (30 meter) di depan hidung pembom, menyebabkan turbulensi.

Jet Rusia juga mendengung kapal perang AS selama latihan di Laut Hitam. Pada tahun 2021, pesawat tempur Rusia mendengung USS Donald Cook, kapal perusak angkatan laut, yang ikut serta dalam latihan besar. Hingga invasi Rusia tahun lalu ke Ukraina, kapal perang AS lebih sering dikerahkan ke Laut Hitam sebagai tanggapan atas serangan Rusia di Krimea tahun 2014.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini