Sukses

MMA Global Indonesia 'Ramadan Insights 2023' Menyatukan Pelopor Pemasaran dan Periklanan

Setelah dua tahun digelar secara virtual, Ramadan Insights 2023, akhirnya digelar secara offline pada 9 Maret 2023 di Park Hyatt Jakarta--dihadiri 200 peserta.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dua tahun digelar secara virtual, Ramadan Insights 2023, akhirnya digelar secara offline pada 9 Maret 2023 di Park Hyatt Jakarta--dihadiri 200 peserta.

Diselenggarakan oleh MMA Global Indonesia, Ramadan Insights 2023 menyatukan para pendukung industri untuk berbagi insights mengenai cara menyusun strategi Ramadan yang sukses.

Acara dimulai dengan keynote opening speech oleh MMA Global Indonesia Board of Director dan Managing Director EMTEK, dan CEO Vidio, Sutanto Hartono. Pada acara tersebut, ia berbagi pemikirannya dan menilai MMA Ramadan Insights selalu menjadi platform yang tak ternilai bagi industri pemasaran dan periklanan.

“Kami memiliki para pemimpin pemikiran terkemuka yang berbagi perspektif unik mereka tentang bagaimana bisnis dan merek dapat terus berkembang di pasar yang semakin kompetitif terutama selama fesitive season Ramadan yang dinamis. Saya yakin bahwa semua peserta memperoleh banyak pengetahuan dari acara ini dan saya menantikan lebih banyak lagi acara serupa dari MMA Global Indonesia,” ujar Susanto.

Topik Ramadan Insights 2023 berpusat pada kerangka strategis dari kampanye yang sukses seperti consumer trends, compelling content, strategi e-commerce, perpaduan antara tech dan consumer behavior, pendekatan untuk non-food brand, dan perjalanan komunikasi Ramadan.

Ramadan Insights 2023 juga mendobrak konvensi dan mengeksplorasi model non-food brand. Studi oleh P&G menekankan pada bagaimana menerjemahkan ide besar menjadi kenyataan dan bagaimana pemahaman mendalam mengenai consumer base sangat penting bagi non-food brand untuk membuat kampanye menonjol.

<p>Rohit Dadwal, MMA Board Member dan Managing Director APAC, MMA APAC. Dok: MMA Global Indonesia</p>

Bidang fokus lain mengkaji rencana komunikasi untuk kampanye Ramadan. Riset oleh Kantar membahas mengenai nilai-nilai utama Ramadan dan menunjukkan nilai keberanian dalam melepas cara tradisional untuk mendorong afinitas yang lebih kuat di antara consumer.

Rohit Dadwal, MMA Board Member dan Managing Director APAC, MMA APAC mengatakan, “MMA Ramadan Insights 2023 adalah acara yang sangat dinantikan di industri ini. Brand dan bisnis akan memperoleh keuntungan besar selama festive season, namun untuk mencapainya mereka membutuhkan winning strategy."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlu Pendekatan Proaktif

Ia menyebut strategi itu perlu didasarkan pada narasi pertumbuhan yang dibangun berlandaskan teknologi. Marketers dan advertisers juga perlu melakukan pendekatan proaktif dan memanfaatkan global footprint melalui strategi komunikasi yang solid.

"MMA Global Indonesia menyusun deretan pemimpin industri luar biasa yang menangani kerangka kerja ini dan juga memberikan keahlian dan wawasan tajam mereka tentang komponen yang membuat kampanye berhasil,” tutur Rohit memungkaskan.

Sementara Country Head dan Board of Director MMA Global Indonesia, Shanti Tolani, mengatakan, “Ruang digital terus menjadi salah satu battleground utama bagi brand dan bisnis pada festive season.”

Ia menyebut penting untuk digarisbawahi karena hal ini menawarkan peluang untuk terhubung dengan audiens dan mendorong pertumbuhan bisnis. Topik yang luas dan mendalam yang dibahas pada Ramadan Insights 2023 diklaim sangat berharga dan relevan untuk industri ini.

“Hal ini dapat membantu dan mengarahkan brand menonjol di industri. Saya juga senang dengan tanggapan para peserta, mereka memperoleh banyak hal penting yang dapat diimplementasikan dalam strategi mereka sendiri untuk kampanye Ramadan. Kami menantikan festive season lebaran yang meriah tahun ini,” ucapnya menambahkan.

3 dari 3 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.