Sukses

Apple Perkenalkan Aplikasi Streaming Khusus Musik Klasik, Siap Rilis Akhir Maret 2023

Apple resmi memperkenalkan aplikasi khusus musik klasik, dan akan dirilis pada 28 Maret 2023 mendatang

Liputan6.com, Jakarta - Apple secara resmi memperkenalkan aplikasi khusus musik klasik mereka yaitu Apple Music Classical.

Aplikasi streaming musik klasik ini baru akan tersedia pada 28 Maret ini, namun pengguna iPhone sudah mulai bisa melakukan pre-order di App Store Apple, untuk nantinya terunduh secara otomatis jika sudah rilis.

Meski dirilis sebagai aplikasi mandiri, namun dikutip dari The Verge, Rabu (15/3/2023), akses ke Apple Music Classical juga akan disertakan bersama dengan langganan Apple Music biasa.

"Apple Music Classical mempercepat dan memudahkan menemukan rekaman apa pun di katalog musik klasik terbesar di dunia dengan pencarian yang dioptimalkan sepenuhnya," tulis Apple dalam siaran persnya.

Menurut perusahaan pembuat iPhone itu, pendengar bisa menikmati kualitas audio tertinggi yang tersedia, serta "menikmati banyak musik klasik favorit dengan cara benar-benar baru lewat audio spasial menghanyutkan."

Aplikasi Apple ini juga akan menawarkan ratusan playlist yang dikuratori, ribuan album eksklusif, biografi komposer, panduan mendalam untuk banyak karya-karya besar, fitur penelusuran intuitif, dan lain-lain.

Menurut Apple, Apple Music Classical akan menawarkan streaming hingga 192 kHz/24 bit hi-res lossless. Perusahaan juga mengatakan akan ini mencakup ribuan rekaman audio spasial.

Apple Music Classical juga akan menawarkan metadata klasik yang menyeluruh dan akurat. Pengguna pun bisa mencari berdasarkan komposer, karya, konduktor, atau bahkan nomor katalog, dan dengan cepat menemukan rekaman tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Music Classical Bakal Dirilis ke Android

Meski begitu, versi iPad dari aplikasi Apple Music Classical tidak ada. Apple juga mengonfirmasi bahwa mereka juga tidak menyertakan unduhan untuk diputar secara offline saat dirilis pertama kali.

Apple Music Classical baru akan rilis secara ekslusif untuk iOS, tetapi rencananya, juga akan diluncurkan versi Android-nya.

Apple Music Classical juga akan mendukung iOS 15.4 dan yang lebih baru, serta tersedia di seluruh dunia di mana Apple Music ditawarkan, meski menurut perusahaan mereka juga akan rilis di China, Jepang, Korea, dan Taiwan.

Peluncuran aplikasi khusus musik klasik ini sendiri menyusul akuisisi layanan streaming musik klasik Primephonic oleh Apple pada tahun 2021 yang lalu.

Saat itu, menurut perusahaan, dengan tambahan Primephonic, pelanggan Apple Music akan mendapatkan pengalaman musik klasik yang ditingkatkan secara signifikan dimulai dengan playlist Primephonic dan konten audio eksklusif.

3 dari 4 halaman

Primephonic Berhenti Beroperasi Usai Akuisisi Apple

Usai akuisisi itu, Apple kemudian berencana meluncurkan aplikasi khusus musik klasik, yang menggabungkan user interface Primephonic dengan lebih banyak fitur tambahan.

Sementara pada 7 September 2021, Primephonic akan offline dan tidak lagi tersedia bagi pelanggan baru.

Usai pengumuman tersebut, pelanggan Primephonic kala itu akan menerima enam bulan Apple Music secara gratis, serta akses ke ratusan ribu album klasik dalam audio Lossless dan resolusi tinggi.

Pelanggan Primephonic yang ada juga akan disediakan ratusan album klasik di Spatial Audio Apple Music, dengan album baru ditambahkan secara reguler.

Selain itu, dalam pernyataan di laman resmi Primephonic, mereka juga menyediakan layanan apabila pelanggan lamanya menginginkan refund.

4 dari 4 halaman

Apple Luncurkan iPhone 14 Warna Kuning

Apple juga baru saja resmi meluncurkan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus dengan desain warna baru yaitu kuning.

Dikutip dari The Verge, iPhone terakhir yang diberi warna kuning adalah iPhone 11 pada tahun 2019, yang meneruskan iPhone XR varian kuning di 2018.

Dengan perilisan warna baru iPhone 14, Apple pun melanjutkan tradisi peluncuran warna baru setiap musim semi, yang sudah mereka lakukan selama beberapa tahun terakhir.

Musim semi 2022, Apple merilis iPhone 13 dan iPhone 13 Pro dengan warna hijau atau "alpine green." Lalu sebelumnya, iPhone 12 dan iPhone 12 Mini dirilis dengan warna ungu.

Meski menawarkan varian warna baru, tetapi iPhone 14 kuning tidak menghadirkan perubahan apa pun dari segi spesifikasi, dengan opsi warna yang sudah diluncurkan sebelumnya.

Keduanya tetap memiliki fitur dual-camera, chip A15 Bionic, serta Emergency SOS via satelit dan deteksi kecelakaan. Namun, warna kuning ini tidak dirilis untuk versi Pro dari iPhone 14.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.