Sukses

Spesifikasi dan Harga Asus ProArt Studiobook 16 OLED H7600, Laptop untuk Kreator Profesional

Asus memperkenalkan Asus ProArt Studiobook 16 OLED (H7600) untuk para kreator profesional, berikut ini spesifikasi dan harganya

Liputan6.com, Jakarta - Asus resmi memperkenalkan laptop teranyar mereka yang ditujukan untuk para kreator profesional, Asus ProArt Studiobook 16 OLED (H7600).

Perusahaan mengatakan, laptop Asus ProArt Studiobook 16 OLED ini dirancang dengan tujuan untuk memberikan semua performa yang diperlukan, untuk menangani proyek-proyek terberat dan paling banyak membutuhkan sumber daya.

"Asus ProArt Studiobook 16 OLED merupakan laptop pertama di dunia yang menggunakan kontrol putar fisik," kata Jimmy Lin, Regional Director Asus South East Asia dalam siaran pers, dikutip Selasa (14/3/2023).

"Metode input ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan aplikasi kreatif dengan cara yang paling alami dan imersif," imbuhnya.

Untuk spesifikasi laptop Asus ini, perangkat mendapatkan dukungan dari prosesor Gen-12 Intel Core i7-12700H, dengan dua slot SO-DIMM yang dapat menampung hingga 64GB RAM DDR4-3200MHz.

Saat mode Performance diaktifkan, perangkat dapat meningkatkan daya CPU menjadi 75W yang berkelanjutan, atau 95W secara sementara, secara otomatis menyesuaikan pengaturan kecepatan kipas dalam sistem termal IceCool Pro.

Untuk loading sistem operasi, aplikasi dan pengambilan data yang cepat, laptop Asus terbaru ini menyediakan penyimpanan yang dapat menampung hingga dua SSD.

Salah satunya adalah SSD NVMe M.2 PCIe 4.0 x4 2TB, yang bisa ditambah dengan SSD NVMe M.2 PCIe 3.0 x4 2TB hingga memberikan kapasitas penyimpanan total 4TB dengan kecepatan pembacaan data laptop, yang diklaim mencapai 7000MB/s.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diperkuat Nvidia GeForce RTX 3060

Sementara, daya proses grafis 3D disediakan oleh Nvidia GeForce RTX 3060 GPU, yang berbasis pada Ampere, teknologi RTX generasi kedua dari Nvidia.

Teknologi ini disebut dapat menangani tugas-tugas grafis berat seperti model CAD kompleks, desain produk 3D, atau pengeditan video beresolusi tinggi, berkat fitur-fitur di GPU termasuk ray tracing dan akselerasi AI.

Asus ProArt Studiobook 16 OLED (H7600) juga memiliki memori video GDDR6, serta kemampuan untuk meningkatkan daya GPU dari 80W hingga 110W sehingga, laptop dapat menyesuaikan kecepatan kipas sistem sesuai kebutuhan, untuk performa optimum.

Sementara untuk stabilitas driver, Asus menggunakan Nvidia Studio Drivers.

Lebih lanjut, sistem pendinginan Asus IceCool Pro juga memungkinkan sistem berjalan pada TDP total 140 Watt (50W CPU dan 90W GPU) di mode Performance, tanpa throttling.

 

3 dari 4 halaman

Memperkenalkan Kontrol Putar Fisik Asus Dial

Untuk layar, laptop ini membawa layar 16 inci 4K OLED HDR 16:10. Panel 16:10 ini memiliki desain bezel ultra-tipis, sehingga menyediakan lebih banyak ruang layar.

Layar juga memiliki emisi cahaya biru 70 persen lebih rendah dibandingkan model LCD, dan bersertifikasi untuk perawatan mata oleh TÃœV Rheinland.

Melalui perangkat ini, Asus juga memperkenalkan Asus Dial, kontrol putar fisik pertama yang terintegrasi ke dalam laptop, untuk memberikan kendali ujung jari instan, presisi, dan dapat disesuaikan atas parameter dalam aplikasi kreatif.

ASUS Dial saat ini kompatibel dengan empat aplikasi Adobe: Photoshop, Premiere Pro, Photoshop Lightroom Classic, dan After Effects.

Selain itu, aplikasi ProArt Creator Hub juga menampilkan dashboard gambaran umum, dan memungkinkan para kreator beralih ke mode kinerja yang berbeda, kalibrasi warna layar, atau menyesuaikan ASUS Dial.

 

4 dari 4 halaman

Harga Asus ProArt Studiobook 16 OLED (H7600)

Spesifikasi lainnya di laptop ini, terdapat USB-C Thunderbolt 4 dan port USB-C 3.2 Gen 2 dengan dukungan Power Delivery, DisplayPort, dan VR; port LAN Ethernet gigabit RJ45 standar; port HDMI 2.1 terbaru.

Ada juga pembaca kartu SD Express 7.0 dan WiFi 6 Intel kelas gigabit (802.11ax).

Untuk memastikan daya tahannya, ProArt Studiobook 16 OLED juga memenuhi standar militer US MIL-STD 810H. Laptop ini juga lolos uji laptop Asus yang jauh melebihi standar minimal yang ditetapkan oleh industri.

Laptop ini memiliki berat 2,4 kilogram dengan dimensi 36.20 x 26.40 x 1.99 ~ 2.14 cm. Untuk harga, laptop Asus ProArt Studiobook 16 OLED (H7600) dilepas ke pasaran dengan harga Rp 40.999.000, dengan warna Star Black.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.