Sukses

Nomor Ponsel di WhatsApp Bakal Diganti dengan Username, Mudahkan Pengguna Ketahui Kontak Tak Dikenal

Fitur WhatsApp baru menggantikan tampilan nomor ponsel dengan nama pengguna (username) di dalam daftar obrolan saat kamu menerima pesan dari kontak tak dikenal di obrolan grup.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp meluncurkan pembaruan melalui Program Google Play Beta dengan versi 2.23.5.12. Pembaruan ini mencakup deretan fitur baru WhatsApp, termasuk untuk pengguna yang tergabung dalam obrolan grup besar.

Fitur ini menggantikan tampilan nomor ponsel dengan nama pengguna (username) di dalam daftar obrolan saat kamu menerima pesan dari kontak tak dikenal di obrolan grup (grup WA)

Username Akan Menganti Nomor Ponsel di WhatsApp

Menurut Wabetainfo, fitur ini pertama kali diperkenalkan pada pembaruan WhatsApp beta untuk Android 2.22.25.10.

Pembaruan awal menukar nomor ponsel dengan nama pengguna dalam gelembung pesan di obrolan grup. Hal ini mempermudah pengguna untuk mengenali pesan dari kontak tak dikenal dalam obrolan grup. Dengan pembaruan terbaru, WhatsApp telah memperluas fitur ini ke daftar obrolan.

Username akan menggantikan nomor ponsel dalam daftar obrolan, memudahkan pengguna untuk mengetahui siapa kontak yang tidak dikenal tersebut.

Selain tanpa harus menyimpan nomor pengguna lain sebagai kontak baru, fitur ini sangat berguna dalam obrolan grup besar, di mana sulit untuk mengidentifikasi anggota grup yang tidak dikenal.

Username juga dapat muncul sebagai pengganti nomor ponsel di berbagai bagian aplikasi, seperti daftar peserta grup.

Meskipun fitur tersebut telah dirilis ke beberapa penguji beta iOS setelah menginstal pembaruan WhatsApp beta untuk iOS 23.5.0.73, namun bukan berarti nomor ponsel disembunyikan untuk anggota grup karena masih terlihat dalam gelembung obrolan.

Fitur baru tersebut saat ini tersedia untuk beberapa penguji beta yang menginstal pembaruan terbaru WhatsApp beta untuk Android dari Play Store. Kemungkinan akan segera dirilis ke lebih banyak pengguna dalam beberapa hari mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

WhatsApp Garap Fitur Baru untuk Hapus Otomatis Grup yang Tak Aktif

Bagi pengguna WhatsApp, bergabung dalam suatu grup untuk kebutuhan tertentu mungkin sudah sering dilakukan. Untuk grup dengan keperluan jangka pendek, beberapa pengguna langsung menghapus grup WhatsApp tersebut setelah tujuan pembuatannya selesai.

Namun, sebagian besar pengguna lainnya terkadang melupakan grup tersebut dan membiarkannya mengendap di aplikasi WhatsApp ponsel mereka. Grup tersebut pun jadi tidak terpakai bahkan tidak aktif lagi.

Meskipun tidak mengganggu kegunaan WhatsApp untuk chatting, grup yang tidak terpakai alias tidak aktif di aplikasi WhatsApp dapat membuat penyimpanan smartphone pengguna cepat penuh sehingga memperlambat kinerja perangkat yang digunakan.

Begitu pula bagi WhatsApp, kemungkinan terdapat jutaan grup WhatsApp yang tidak aktif dan memenuhi server mereka.

Sadar akan masalah grup WhatsApp yang tidak aktif ini, platform Meta berupaya menghadirkan solusi yang bisa membantu grup WhatsApp tak aktif mereka secara otomatis. Laporan WABetaInfo yang dikutip Jumat (10/3/2023) menyebut, fitur baru WhatsApp ini akan secara resmi disebut sebagai Expiring Groups.

Pada pembaruan WhatsApp Beta untuk iOS 23.5.0.70 telah dirilis di aplikasi TestFlight, platform ini memberikan beberapa perbaikan bug dan peningkatan secara umum.

Setelah sebelumnya memperkenalkan fitur Disappearing Messages yang dapat menghapus obrolan setelah waktu yang ditentukan, WhatsApp berencana memperluas fungsinya dengan menghadirkan fitur Expiring Groups.

3 dari 5 halaman

Menghapus Grup Tidak Terpakai Secara Otomatis dengan Fitur Expiring Groups

Sesuai namanya, fitur Expiring Groups ini akan memungkinkan pengguna mengatur tanggal kedaluwarsa suatu grup WhatsApp. Setelah tanggalnya habis, grup tersebut akan dibubarkan secara otomatis. 

Masih dari laporan WABetaInfo, foto tangkapan layar versi iOS dari fitur ini  menampilkan opsi waktu yang dapat dipilih pengguna sebagai waktu kedaluwarsa, mulai dari satu hari, satu minggu, hingga tanggal yang bisa diatur sendiri. 

Jika pengguna ingin mengubah pengaturannya, pengguna juga dapat menghapus tanggal kedaluwarsa yang telah ditentukan sebelumnya. 

4 dari 5 halaman

Perilisan Fitur Ini Belum Dapat Dipastikan Tanggalnya

Menurut WABetaInfo, fitur yang masih dalam pengembangan ini belum siap untuk dirilis ke penguji Beta. Oleh karenanya, tanggal pasti terkait perilisannya pun belum dapat dipastikan. 

Selain itu, terdapat pula informasi lain yang menyebutkan bahwa fitur ini hanya akan memberikan peringatan ketika suatu grup telah kedaluwarsa, bukan menghapusnya secara langsung. Dengan begitu, pengguna perlu menghapusnya sendiri.

Fitur ini juga dikabarkan hanya akan berlaku pada pengguna dan tidak akan memengaruhi peserta grup lainnya.

Meskipun belum pasti, fitur ini diharapkan dapat memberi solusi yang baik untuk masalah umum di mana grup WhatsApp cenderung menjadi tidak relevan dari waktu ke waktu. 

Fitur ini juga memberi pengguna pilihan untuk menghemat ruang penyimpanan perangkat mereka. 

5 dari 5 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.