Sukses

Unik! Hacker Ini Retas Akun Netflix Pengguna untuk Nonton Semua Episode Cocomelon

Seorang pengguna Twitter menyatakan bahwa akun Netflix-nya telah diretas dan digunakan untuk menonton seluruh episode Cocomelon. Peretas juga tinggalkan pesan untuk pemilik akun.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pengguna Twitter menyatakan bahwa akun Netflix-nya telah diretas. Dalam cuitannya, si korban mengklaim peretas tersebut menggunakan akun miliknya untuk menonton seluruh episode Cocomelon. 

Bagi yang tidak familiar, Cocomelon merupakan serial animasi yang bercerita tentang petualangan seorang bayi bernama John Jacob Jingleheimer Schmidt, yang dikenal dengan sebutan JJ, bersama keluarga dan teman-temannya dengan diiringi lagu-lagu ceria. 

Animasi ini memiliki channel YouTube yang menjadi salah satu tayangan edukasi anak paling populer di dunia. 

Setelah melihat riwayat tontonan yang asing tersebut, pengguna juga menemukan sebuah pesan yang dengan sengaja disampaikan sang hacker. 

Pesan tersebut ditampilkan dengan beberapa judul tayangan yang ditambahkan sebagai favorite. Daftar judul itu disusun sang peretas hingga berbunyi “Thanks for Everything, You Legend”.

Dilansir New York Post, Rabu (1/3/2023), cuitan ini dibuat oleh akun Twitter @SaeedDiCaprio. Tweet yang diunggah pada Kamis, 21 Februari lalu ini telah mendapatkan lebih dari 490 ribu likes

Cuitan yang telah di-retweet lebih dari 35 ribu ini mengundang banyak respons dari warganet. Tak hanya itu, akun resmi Netflix pun turut berinteraksi dengan cuitan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Netflix terhadap Cuitan Viral Tersebut

Pada hari yang sama, Netflix membalas cuitan tersebut dengan santai dan hanya mengatakan “I’m… wow!”.

Menanggapi balasan tersebut, sang pembuat tweet menyebutkan bahwa hal ini bisa terjadi ketika platform mengizinkan pengguna berbagi kata sandi.

“Inilah yang terjadi jika kalian mengizinkan kami berbagi password,” tulis si pengguna yang akun Netflix-nya diretas. 

Berdasarkan penggunaanya, satu akun Netflix memang dapat diakses oleh beberapa pengguna dengan profil yang berbeda. Masing-masing profil tersebut juga dapat diberikan kata kunci agar tidak semua pemegang akun tersebut dapat membuka profil seseorang. 

3 dari 4 halaman

Berbagi Akun Netflix

Berdasarkan situs resmi Netflix, sebenarnya pengguna bisa berbagi akun Netflix jika tinggal di dalam satu rumah atau berada di satu alamat. Maksudnya, orang-orang tersebut harus tinggal di lokasi yang sama dengan pemilik akun. 

Dengan kemudahan itu, beberapa orang yang tinggal dalam satu rumah dapat merasakan menonton Netflix yang dipersonalisasikan. Pada satu akun Netflix, pengguna dapat memiliki maksimal lima profil. 

Setiap profil dapat memiliki kunci berupa angka sandi, tingkat usia, pembatasan streaming ,riwayat aktivitas streaming, tampilan subtitle, dan pengaturan pemutaran. 

Tak hanya itu, setiap pemegang profil juga memungkinkan untuk mengatur nama pengguna game, simpanan game, saran acara TV dan film yang dipersonalisasikan, dan daftar pribadi.

Sementara itu, orang yang bukan anggota rumah tangga pemilik akun harus membuat akun mereka sendiri untuk dapat menonton tayangan Netflix. 

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Keamanan Akun Netflix dari Peretasan

Meskipun memiliki banyak profil yang dapat diakses beberapa pengguna, pemilik akun Netflix harus dapat mengelola kata kunci dengan baik agar terhindar dari peretasan. 

Mengutip laman resmi Netflix, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk menjaga keamanan akun. Salah satu cara utama yang direkomendasikan adalah menggunakan sandi yang unik dan tidak digunakan pada platform lain. 

Cara membuat password Netflix yang aman

  • Berbeda dari yang digunakan di situs web atau aplikasi lain,
  • Minimal memiliki 8 karakter,
  • Memuat gabungan huruf besar dan kecil, angka, serta simbol,
  • Sandi tidak mudah ditebak atau umum digunakan, seperti tanggal lahir atau “12345678”.

Untuk memperbarui kata sandi, pengguna dapat mengaksesnya melalui halaman akun atau mengirimkan email atau pesan teks pengaturan ulang ke email yang terdaftar di akun pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.