Sukses

Penampakan iPhone dengan Port USB C dan Lightning Beredar di Internet

Diunggah oleh YouTuber berakun @Hyphaistos3672, dirinya memodifikasi iPhone 12 mini sehingga memiliki port Lightning dan USB C.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini beredar foto yang memperlihatkan sebuah iPhone dengan dua buah port, yakni USB C dan Lightning.

Diunggah oleh YouTuber berakun @Hyphaistos3672, dirinya memodifikasi iPhone 12 mini sehingga memiliki port Lightning dan USB C.

Untuk mewujudkan iPhone ini, dia membongkar ponsel tersebut untuk membuat lubang di bagian bawah, dan memasang port USB C.

Menariknya, port USB C di iPhone tersebut ternyata dapat berfungsi secara normal mengisi daya baterai ponsel.

Tak hanya itu, iPhone 12 mini dengan dual port ini juga dapat terhubung ke PC melalui iTunes, sebagaimana dilansir Gizchina, Senin (13/2/2023).

Walau terlihat agak sedikit aneh miliki iPhone dengan dua port, sejumlah warganet menyambut baik ide desain tersebut.

Seperti diketahui, Apple menghapus audio jack sejak peluncuran iPhone 7 pada 16 September 2016.

Apakah perusahaan berbasis di Cupertino ini akan mengadopsi desain dual port untuk iPhone 15, iPhone 16 atau iPhone mendatang?.

Informasi, sekitar setahun lalu seorang mahasiswa jurusan robotika membagikan video yang memperlihatkan dirinya memodifikasi iPhone X.

Dalam video itu, dirinya memodifikasi port iPhone X dari Lightning ke USB Type-C sehingga mampu mengisi daya baterai dan transfer data.

Dia pun memajang iPhone X modifikasi miliknya itu di eBay, dan langsung ditawar hingga USD 99.000.

Seminggu berlalu, lelang iPhone X satu-satunya di dunia ini pun berakhir dengan harga yang mengejutkan.

Dari 116 orang yang mengikuti lelang, ada fans Apple yang rela menghabiskan uang sebesar USD 86.001 untuk iPhone X modifikasi ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone Bakal Pakai USB C, Tapi Kemampuannya Terbatas?

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang kini tampil dengan desain punch-hole. (Dok: Apple)

Aturan baru yang diterapkan Uni Eropa disebut bakal memengaruhi iPhone keluaran terbaru yang rilis di benua biru tersebut. Sebab, aturan tersebut mewajibkan perangkat seluler menggunakan port yang seragam, yakni USB C.

Oleh sebab itu, iPhone yang saat ini masih mengandalkan port lightning mau tidak mau menaati peraturan tersebut. Namun, laporan terbaru menyebut ada beberapa penyesuaian yang akan dilakukan Apple.

Mengutip informasi dari Macrumors, Minggu (12/2/2023), Apple dikabarkan akan menggunakan chip terintegrasi untuk mengelola pembagian informasi antar perangkat.

Dengan chip ini, iPhone bisa memastikan komponen yang terhubung merupakan asli buatan Apple atau setidaknya berasal dari rekanan yang sudah tersertifikasi. 

Salah satu contoh pemanfaatan teknologi ini adalah ketika pengguna perangkat Apple menggunakan kabel pengisi daya pihak ketiga yang tidak tersertifikasi, ada notifikasi yang berbunyi,"This accessory is not supported".

Menurut kabar, chip ini akan dipakai pada iPhone 15 dan iPhone 15 Pro yang nantinya akan memakai port USB C. Adapun salah satu dampaknya, pengguna tentu perlu menggunakan aksesoris asli Apple atau yang sudah tersertifikasi.

 

3 dari 4 halaman

Apple Sudah Pakai USB C di iPad

<p>Spesifikasi dan harga iPhone 14 dan 14 Plus yang baru diumumkan. (Doc: Apple)</p>

Selain itu, ada kemungkinan Apple akan menerapkan pembatasan kemampuan di pada port USB C. Maksudnya, pengguna hanya bisa menggunakan fast charging atau transfer data yang lebih cepat memakai kabel besutan Apple atau pihak ketiga yang sudah terserfikasi.

Sebagai informasi, Apple sendiri sebenarnya sudah menggunakan port USB C di iPad 10, iPad mini, iPad Air, dan iPad Pro. Namun, semua perangkat itu tidak mendukung chip integrasi ini, sehingga perangkat iPhone yang digadang-gadang akan memakainya akan menjadi yang pertama.

Perlu diketahui, Parlemen Eropa akhirnya menerbitkan aturan "Common Charger" yang mengatur seluruh perangkat seluler harus memakai USB-C dalam Official Journal. Rencananya, aturan tersebut akan berlaku mulai dari 28 Desember 2024.

Selain ponsel, undang-undang tersebut juga berlaku untuk perangkat tablet, kamera digital, headphone, dan konsol gim genggam. Untuk perangkat laptop, aturan ini baru akan berlaku pada April 2026.

Langkah selanjutnya, negara-negara anggota Uni Eropa mulai mengadopsi dan menerbitkan undang-undang, peraturan dan ketentuan administrasi yang diperlukan untuk mematuhi aturan ini paling lambat 28 Desember 2023.

4 dari 4 halaman

iPhone 15 Tanpa Tombol dan Port

Harga iPhone 12 dan iPhone 12 mini. (Doc: Apple)

Di sisi lain, ada laporan juga yang menyebut iPhone 15 bakal mengadopsi desain "tanpa lubang". Ini mengacu semua tombol fisik pada iPhone dihapus dan mengubahnya menjadi tombol sentuh.

Bila memang terwujud, maka Apple bakal menambahkan fitur feedback atau getar saat tombol power atau volume disentuh dan ditekan seperti tombol Home di iPhone 7 dan iPhone 8.

Terlepas dari apakah Apple bakal menghilangkan port di iPhone 15 atau tidak, keputusan ini berpotensi diikuti oleh produsen lainnya.

Salah satu contoh paling jelas adalah ketika Apple menghilangkan audio jack di iPhone 7 pada 2016.

Meski dikritik dan dicemooh, pada akhirnya sebagian besar pesaing mereka ikut meniru langkah tersebut.

Walau tombol power dan volume fisik akan dihilangkan, hal utama yang menjadi sorotan adalah tentang port pengisian daya.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.