Sukses

Penjualan Smartphone 2022 di China Terendah dalam Satu Dekade Terakhir

Tahun ini menandai tahun kelima berturut-turut penurunan penjualan smartphone China, didorong oleh hambatan ekonomi makro dan dampak COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan smartphone China mengalami penurunan 14 persen YoY pada tahun 2022, mencapai level terendah dalam satu dekade terakhir, menurut Market Pulse Service dari Counterpoint Research.

Tahun ini menandai tahun kelima berturut-turut penurunan penjualan smartphone China, didorong oleh hambatan ekonomi makro dan dampak COVID-19.

Pada Q4 2022, penjualan smartphone China turun 15 persen YoY, mencerminkan penurunan dua digit di setiap kuartal tahun ini.

Pelonggaran pembatasan COVID-19 yang tiba-tiba pada bulan Desember menyebabkan lonjakan kasus dan menyebabkan pasar turun 5 persen QoQ, menghasilkan penjualan kuartalan terendah tahun ini, alih-alih peningkatan musiman seperti biasanya.

Sejak musim semi 2022, pembatasan COVID-19 di berbagai kota di seluruh China, baik besar maupun kecil, berdampak negatif pada sentimen konsumen dan semakin menunda penggantian smartphone.

Pada tahun 2022, vivo mempertahankan posisi teratas dengan pangsa pasar 19,2 persen, diikuti oleh Apple dengan 18,0 persen dan OPPO dengan 17,5 persen.

Meskipun terjadi penurunan 3 persen YoY pada tahun 2022, Apple mengungguli pasar dan menjadi merek nomor dua di China untuk pertama kalinya, dengan pangsa kuartalan tertinggi sebesar 23,7 persen pada Q4 2022. Meskipun iPhone 14 Pro mengalami kekurangan dan popularitas yang lebih rendah dari seri iPhone 14 non-Pro, merek ini tetap berhasil.

HONOR adalah satu-satunya merek dengan pertumbuhan YoY yang positif sebesar 38 persen pada tahun 2022, didorong oleh basis yang lebih rendah pada tahun 2021 dan kebangkitan merek dengan HONOR 50.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perangkat Lipat

Menurut laporan ini, vivo, OPPO, dan Xiaomi mengalami penurunan YoY masing-masing sebesar 23 persen, 27 persen, dan 19 persen yang disebabkan oleh permintaan turun akibat ketidakpastian ekonomi.

Counterpoint juga menyebut bahwa para perusahaan Tiongkok masih terus berfokus pada segmen premium dan meluncurkan smartphone premium dan perangkat yang dapat dilipat pada tahun 2022. Perusahaan riset pasar itu juga memperkirakan segmen perangkat yang dapat dilipat masih akan meningkat pada tahun 2023, dengan OEM China ingin memperluas penawaran produk ini di pasar luar negeri.

Sementara itu, pada Q4 2022 Apple masih mempertahankan posisi terdepan dengan pangsa pasar 23,7 persen, tetapi seperti OEM Android utama lainnya, mengalami penurunan dua digit Year-over-Year.

 

3 dari 4 halaman

Temuan Lainnya

Huawei meningkat dari basis rendahnya pada tahun 2021, meningkat 15 persen YoY di Q4, tetapi masih belum dapat mengirimkan perangkat berkemampuan 5G, yang menjadi perhatian untuk prospek penjualannya.

OEM besar memanfaatkan promosi selama penjualan online Singles' Day untuk mengurangi persediaan berlebih, menyebabkan penjualan smartphone melonjak MoM, tetapi kenaikan tersebut tidak berlanjut hingga Desember karena kasus COVID-19 meningkat.

Perubahan mendadak dalam kebijakan COVID-19 di China mengejutkan pasar, tetapi proses pembukaan kembali lebih cepat dari jadwal.

Pada Q2 2023, penjualan smartphone China mungkin menunjukkan pertumbuhan YoY yang positif, tetapi sentimen konsumen akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih, terutama dalam hal prospek pendapatan.

Dengan demikian, pertumbuhan eksplosif dalam penjualan smartphone tidak mungkin terjadi, tetapi pemulihan marjinal masih dapat diharapkan.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.