Sukses

OPINI: Pentingnya Memaksimalkan Nilai Data di Banyak Industri dan Sektor Bisnis

Tahun ini telah memunculkan tren-tren penting yang menekankan pentingnya pendekatan strategis yang kuat untuk memaksimalkan nilai data di banyak industri dan sektor bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Memodernisasi infrastruktur TI dan data terus menjadi fokus utama bagi banyak perusahaan dalam perjalanan transformasi digital mereka, ketika mereka mencari cara untuk memaksimalkan kesuksesan yang bisa terus ditingkatkan.

Tahun ini telah memunculkan tren-tren penting yang menekankan pentingnya pendekatan strategis yang kuat untuk memaksimalkan nilai data di banyak industri dan sektor bisnis.

Analis di Gartner telah menuntaskan riset mengenai infrastruktur TI, operasional, dan strategi cloud. Mereka menemukan bahwa pemimpin infrastruktur dan operasional memainkan peran penting ketika perusahaan-perusahaan bekerja untuk mentransformasi dan meningkatkan kemampuan, meningkatkan pengalaman pelanggan, mengembangkan staf dan keterampilan, serta membangun platform dan sistem yang tangguh dan berkelanjutan.

Di lingkungan seperti ini, popularitas managed services atau layanan terkelola telah meningkat pesat, sehingga para penyedia layanan merespons dengan memperluas dan melakukan spesialisasi layanan.

Menurut Gartner, kebutuhan-kebutuhan utama yang mendorong permintaan antara lain meliputi perlunya memiliki 'bisnis di mana saja', dengan infrastruktur yang terdistribusi namun diatur secara terpusat.

Hal lain yang diperlukan adalah kemampuan untuk memanfaatkan dengan tetap memastikan bahwa keamanan dan stabilitas operasional, serta meningkatnya tekanan untuk menawarkan pengalaman pengguna yang menarik.

Ketika Outsourcing Jadi Sebuah Norma

Meningkatnya tekanan di sisi biaya, serta kurangnya sumber daya manusia (SDM), menjadikan layanan alih daya (outsourcing)  TI sebagai sebuah norma.

Sebuah laporan dari ADB dan Kementerian Keuangan Indonesia, menunjukkan bahwa kelangkaan pekerja dengan keterampilan yang tepat jadi penghalang bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh beragam teknologi baru.

Perusahaan yang memilih layanan terkelola mengurangi tekanan pada pekerja mereka serta bisa mengatur pengeluaran mereka.

Dengan begitu, mereka dapat fokus pada upaya-upaya yang bermanfaat bagi bisnis mereka, tanpa mengorbankan kinerja, keamanan, dan stabilitas data yang tengah mereka coba kumpulkan.

Secara keseluruhan, data adalah area yang memungkinkan sebuah perusahaan mewujudkan nilai penting dengan memasuki perjanjian layanan terkelola.

Sebagian besar perusahaan kini memahami konsep data sebagai aset. Meskipun demikian, banyak yang masih berjuang untuk menemukan potensi data yang sebenarnya untuk menciptakan produk dan aliran pendapatan baru. Di sinilah alih daya pengelolaan big data memainkan perannya.

Perusahaan-perusahaan yang mengumpulkan dan menyimpan data mereka dalam sebuah layanan terkelola akan secara efektif membebaskan waktu yang berharga, sehingga mereka bisa memfokuskan pada upaya-upaya inovasi daripada bukannya menjaga agar layanan data mereka berjalan dengan baik.

Dengan layanan terkelola, perusahaan-perusahaan dapat mengambil data mentah (raw data), menerapkan konteks dan analitik, serta melakukan pengambilan keputusan berbasis data.

Pada dasarnya, setelah perusahaan-perusahaan memahami data mereka, mereka dapat membangun siklus aliran pendapatan baru yang dapat menghasilkan data baru dan menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi pada pelanggan.

Selain itu, dengan memanfaatkan layanan terkelola yang sudah mapan memungkinkan berbagai perusahaan dapat lebih berfokus pada inovasi dan mengembangkan produk baru dengan memanfaatkan kumpulan data mereka.

Dengan begitu, mereka bisa menciptakan nilai tambahan yang dapat diekstraksi dari berbagai cara data mereka terkoneksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesialis dalam Platform Cloud Industri dan Engineering

Cloud telah mengubah dunia, cara kita membangun aplikasi, dan terus begitu. Dalam hal layanan terkelola, penyedia layanan juga meningkatkan penawaran mereka dengan beralih ke solusi-solusi yang lebih terspesialisasi.

Langkah menuju spesialis platform cloud industri diharapkan tidak hanya memberdayakan dunia bisnis, tetapi juga mendorong penggunaan open source yang lebih luas, terutama dalam kaitannya dengan layanan terkelola.

Lagi pula, sangat tidak masuk akal spesialis bisnis cloud menggunakan software yang bersifat eksklusif dan tertutup (proprietary). Nilai sebenarnya dari platform cloud industri adalah kemampuannya memberikan keahlian industri yang lebih mendalam, yaitu lapisan fabric berikutnya dalam memberikan teknologi hiper-spesialisasi.

Di Indonesia, sektor kesehatan adalah salah satu industri tempat munculnya banyak spesialisasi berkat upaya Kementerian Kesehatan yang bekerja sama dengan salah satu penyedia cloud utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengembangkan layanan-layanan kesehatan berbasis teknologi.

Tools baru tengah dibangun berbasis teknologi-teknologi yang ada untuk menyediakan solusi-solusi cloud yang sesuai kebutuhan berbagai industri berbeda.

Ini adalah balok pondasi lain yang akan memungkinkan berbagai perusahaan membangun layanan-layanan bernilai tinggi bagi para profesional kesehatan dan, pada akhirnya, konsumen.

Ini juga terkait dengan munculnya layanan alih daya untuk platform engineering. Hal tersebut menjelaskan pembentukan tim platform khusus untuk mengkurasi dan membangun platform internal dengan komponen-komponen yang dapat disusun dan layanan-layanan yang dapat digunakan kembali.

Keterampilan spesialis ini dapat membangun kapasitas untuk produk data open source, memberikan lebih banyak opsi cloud provider, dan mempercepat pengembangan.

Dengan demikian, biaya bisa diturunkan--terutama jika dibandingkan dengan opsi-opsi lain dan dapat membantu meningkatkan aliran pendapatan dengan tetap aman dan taat pada peraturan, dengan risiko dan downtime yang lebih sedikit.

Di Aiven, kami sangat senang menyaksikan bagaimana infrastruktur data terkelola, dan teknologi open source memungkinkan berbagai perusahaan untuk bisa lebih memanfaatkan data mereka.

Juga mewujudkan peningkatan efisiensi, menghasilkan lebih banyak pendapatan, dan menjalankan berbagai kebijakan strategis berdasarkan insight dari data.

**Penulis adalah Budi Kusuma, Senior Solutions Architect, Presales Aiven

3 dari 3 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.