Sukses

WhatsApp Siapkan Opsi Blokir Kontak Lebih Mudah dan Cepat

WhatsApp tengah menyiapkan fitur pemblokiran kontak pengirim spam dengan lebih mudah dan cepat.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan sebuah tombol yang memungkinkan pengguna untuk memblokir kontak atau nomor yang suka mengirim pesan spam, tanpa bergabung dalam obrolan. Saat ini, fungsi tersebut masih dalam tahap pengujian.

Saat ini untuk memblokir nomor yang mengganggu, pengguna harus masuk ke chat, klik tombol pengaturan (titik tiga vertikal), navigasikan ke sub-menu bertanda 'Lainnya', lalu pilih tab 'Blokir' untuk memblokir kontak di WhatsApp.

Namun dengan fitur baru WhatsApp yang tengah dikembangkan, pada 2023 ini, proses relatif panjang untuk memblokir kontak di WhatsApp bisa berjalan dengan lebih cepat.

Laporan WABetaInfo, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Sabtu (14/1/2023), WhatsApp kini tengah mengembangkan dua shortcut (pintasan) yang sangat berguna.

<p>WhatsApp akan menghadirkan opsi pemblokiran kontak dengan lebih mudah. (Foto: WABetaInfo).</p>

Pertama, menggunakan antarmuka layanan utama, WhatsApp memungkinkan bagi penggunanya untuk memblokir kontak di masa mendatang.

Dengan menekan lama percakapan kontak, akan secara otomatis memunculkan jendela opsi yang akan menyertakan pilihan "Blokir". Di sini, hanya perlu dua klik untuk melakukan pemblokiran.

Bukan hanya itu, WhatsApp juga berencana untuk berbuat lebih banyak. WhatsApp menghadirkan tombol "Silent" alias "Mode Senyap" dan "Jawab" yang akan hadir pada notifikasi pop-up, bersama dengan shortcut alternatif untuk memblokir pesan spam dari nomor tak dikenal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Blokir Jika Ada Nomor Pengirim Spam

Jadi, ketika pengguna menerima pesan dari nomor yang meragukan, berisi spam, pengguna bisa memblokirnya dari notifikasi, dengan ketukan sederhana.

Ingatlah bawa shortcut kedua hanya muncul dalam situasi di mana nomor pengirim pesan adalah nomor yang meragukan atau terindikasi spam.

Hingga kini, fitur tersebut masih terus dikembangkan. Penguji beta akan mendapatkan akses lebih dulu ke fitur ini, sehingga mereka bisa menguji dan melaporkan masalah apa pun yang muncul.

Selanjutnya, publik akan mulai menerima layanan Meta dalam skala yang lebih luas. Saat ini, belum diketahui kapan pastinya fitur tersebut akan hadir untuk seluruh pengguna WhatsApp, jadi, terus pantau informasinya di Tekno Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Cara Cek Nomor WhatsApp Kita Diblokir Teman

Meski agak sulit menentukan apakah nomor WhatsApp kita diblokir oleh pengguna lain, sebenarnya pengguna WhatsApp masih bisa mengecek apakah seseorang telah memblokir nomor WhatsApp kita.

1. Tidak Bisa Lihat Profil Foto

Salah satu ciri kalau nomor WhatsApp diblokir oleh pengguna lain, kamu tidak bisa melihat update foto profil WhatsApp yang diduga sudah memblokir kamu.

Kendati begitu, sebenarnya ketidakmampuan melihat foto profil kontak seseorang di WhatsApp juga bisa karena teman kita telah mengubah setting privasi WhatsApp profil mereka.

2. Tidak Bisa Lihat Last Seen

Tanda kedua adalah, kita tidak bisa melihat status Last Seen atau terakhir online seseorang di layar chat. Perlu kamu tahu, Last Seen bertujuan menginformasikan ke pengguna kapan terakhir kali teman kamu sedang memakai WhatsApp. Ini berarti Last Seen mengindikasikan waktu online seorang pengguna WhatsApp.

Nah, jika teman kita sedang online, teman tersebut tengah membuka WhatsApp pada perangkatnya dan terhubung ke internet. Last Seen merujuk pada terakhir kali teman kita menggunakan WhatsApp.

Namun, kalau kita tidak bisa melihat Last Seen seseorang, jangan langsung buru-buru menyimpulkan kalau kontak kita diblokir.

Pasalnya, selain karena diblokir, status Last Seen ataupun online juga bisa tidak terlihat karena seseorang mengatur setelan privasinya.

 

4 dari 4 halaman

3. Pesan Centang Satu

Jika akun WhatsApp kita diblokir seseorang, seberapa banyak kita mengirimkan pesan padanya, hanya akan terlihat centang satu di layar.

WhatsApp menyebut, tiap pesan yang dikirim ke kontak yang telah memblokir Anda akan selalu menampilkan tanda centang satu (pesan terkirim).

Jika kontak kita sudah diblokir, pesan tersebut tidak akan pernah menampilkan tanda centang kedua (pesan telah tersampaikan).

4. Ditelepon Tidak Nyambung

Tanda keempat kalau akun WhatsApp kita diblokir adalah, kita tidak bisa melakukan panggilan ke nomor kontak yang telah memblokir.

Menurut WhatsApp, jika kontak kita sudah diblokir, semua panggilan yang kita lakukan tidak akan terhubung.

5. Tak Bisa Add Teman ke Grup Obrolan

Tanda kelima yang bisa jadi tanda kalau kontak kita mungkin diblokir pengguna lain adalah, ketika tidak bisa menambahkan nomor pengguna tersebut ke grup obrolan.

Pesan atau notifikasi yang muncul ketika tidak bisa menambahkan nomor kontak lain ke grup adalah "Anda tidak berwenang untuk menambahkan kontak ini."

Meski ada banyak indikator yang bisa dijadikan ciri kalau mungkin nomor kontak kamu telah diblokir pengguna lain, WhatsApp mengingatkan, tanda-tanda di atas hanyalah kemungkinan.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.