Sukses

Cara Mengetahui Apa Saja Data Pengguna yang Disimpan WhatsApp

Kamu mungkin penasaran dan bertanya-tanya data apa yang dimiliki WhatsApp tentang pengguna atau diri kita sendiri? Berikut cara mengetahuinya...

Liputan6.com, Jakarta - Kamu mungkin penasaran dan bertanya-tanya data apa saja yang dimiliki WhatsApp tentang pengguna atau diri kita sendiri?

Sebenarnya ada fitur khusus di dalam aplikasi yang mengungkapkan semua itu. Untuk mengetahuinya, cukup buka WhatsApp dan pilih Setting/ Pengaturan.

Dari sana, pilih Account/ Akun dan di sini kamu akan menemukan pilihan Request Account Info/ Minta Info Akun.

Setelah itu, tekan Report Request/ Permintaan Laporan. Dalam hal ini WhatsApp menjelaskan, data yang diminta tidak termasuk isi chat atau pesan kamu.

"Buat laporan informasi dan pengaturan akun WhatsApp kamu, yang dapat kamu akses atau porting ke aplikasi lain. Laporan ini tidak menyertakan pesan kamu," tulis WhatsApp dalam aplikasi.

Mengutip The Sun, Jumat (13/1/2023), Permintaan Laporan ini akan memakan waktu sekitar tiga hari. Setelah itu, WhatsApp akan memberikan batas waktu 'beberapa minggu' untuk kamu mengunduh data tersebut sebelum file kadaluarsa.

Aplikasi WhatsApp akan mengirimkan pemberitahuan kepada kamu jika file sudah siap, yang menyebut: "Laporan info akun kamu sekarang tersedia".

Kemudian kamu akan diarahkan ke opsi untuk mengunduh laporan, terdiri dari file ZIP yang mencakup file HTML dan JSON.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Isi File Tersebut?

Untuk melihat isi laporan itu, kamu bisa mengirim file itu ke alamat email sendiri dan melihatnya di komputer.

Perlu dicatat, permintaan akan dibatalkan jika kamu melakukan perubahan besar pada akun, seperti mengubah nomor atau bahkan menghapus akun WhatsApp kamu seluruhnya.

Laporan WhatsApp kamu akan menyertakan sejumlah detail, termasuk hal-hal seperti jenis perangkat yang kamu gunakan, IP koneksi saat ini, dan bahkan foto profil kamu.

Ada juga daftar semua nomor telepon yang kamu miliki di WhatsApp. Lebih jauh ke bawah ada banyak informasi teknis, seperti saat kamu menerima terms and conditions (syarat dan ketentuan) dalam aplikasi dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

Update Terbaru WhatsApp Akan Bikin Transfer Chat di Android Makin Cepat

Di sisi lain, versi terbaru WhatsApp bakal memungkinkan pengguna Android untuk transfer chat WhatsApp antarperangkat jadi lebih mudah tanpa bantuan Google Drive.

Dengan kata lain, pengguna Android akan dapat mentransfer chat menggunakan jaringan lokal. Informasi ini dilaporkan oleh WABetaInfo.

Mengutip Gizchina, Senin (9/1/2023), fitur baru WhatsApp ini bakal jadi tambahan fitur yang menarik bagi pengguna. Pasalnya kehadiran fitur ini akan menghilangkan kerepotan yang biasanya harus dilalui pengguna saat transfer obrolan mereka dari satu perangkat ke perangkat lain.

Pemindahan riwayat chat bakal berfungsi pada koneksi WiFi dan WiFi Direct dan hal ini jauh lebih mudah dari transfer chat saat ini.

Sekadar informasi, saat ini fitur transfer chat WhatsApp di Android ditemui di versi beta terbaru WhatsApp. Seperti disebutkan sebelumnya, fitur ini bekerja dengan ringkas.

Jadi, ketika pengguna memasang WhatsApp di perangkat baru, pengguna akan mendapatkan satu opsi baru untuk mengimpor chat. Ketika diaktifkan, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memindai sebuah kode QR.

Sementara pada perangkat lainnya, pengguna hanya perlu masuk ke Setting WhatsApp kemudian mengetuk opsi ekspor atau transfer pesan ke perangkat satunya dan muncul sebuah kode QR.

4 dari 5 halaman

Tinggal Pindai Kode QR

Setelah itu, pengguna perlu memindai kode QR dengan perangkat Android baru mereka. Pemindaian kode yang telah berhasil akan menghubungkan perangkat melalui jaringan lokal dan memulai proses transfer chat.

Bagian terbaiknya adalah, fitur baru WhatsApp ini akan melakukan lebih dari sekedar penyederhanaan transfer chat, tetapi juga membuat proses transfer lebih cepat dari metode yang disuguhkan WhatsApp saat ini.

Sekadar informasi, fitur transfer chat dengan memindai kode QR ini masih dalam tahap pengembangan. Selain itu, belum diketahui kapan fitur tersebut akan diluncurkan. Namun, kemungkinan akan segera tersedia bagi penguji beta WhatsApp.

Setelah WhatsApp selesai menguji fitur tersebut, kemungkinan besar akan hadir dalam versi stabil. Saat itu terjadi, transfer chat di WhatsApp pun bakal menjadi mudah. 

5 dari 5 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.