Sukses

Jelang Malam Tahun Baru, Ini Cara Main Game di Netflix untuk Habiskan Waktu

Bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu di malam Tahun Baru 2023 dengan bermain game di Netflix, simak langkah-langkahnya di artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang malam pergantian tahun, ada banyak hal yang sebenarnya bisa dilakukan. Mulai dari berkumpul dengan orang-orang terdekat, menonton, atau sekadar bersantai saja di rumah.

Namun selain aktivitas di atas, hal lain yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu menjelang Tahun Baru 2023 adalah bermain game. Salah satu platform yang kini menyediakan deretan game menarik adalah Netflix.

Meski dikenal sebagai platform streaming film dan serial, Netflix kini telah menghadirkan sejumlah game yang bisa dimainkan. Sejumlah game ini pun bisa dimainkan bagi pengguna yang tengah mencari hiburan saat liburan Tahun Baru.

"Bagi banyak orang, ponsel menjadi salah satu sumber hiburan yang tak terlepaskan di perjalanan, baik perjalanan pendek di dalam kota maupun saat liburan ke luar kota," kata Netflix.

Nah, bagi kamu yang penasaran dan ingin bermain game yang tersedia di Netflix Games, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Masuk ke aplikasi Netflix menggunakan akun kamu, lalu temukan baris yang menampilkan Netflix Games. Kamu juga bisa menemukan game-game keluaran Netflix di App Store dan Play Store dengan kata kunci "Netflix Games."
  2. Pilih game yang ingin dimainkan, lalu unduh ke perangkat ponse
  3. lJika kamu mencari pilihan game menggunakan aplikasi Netflix, kamu secara otomatis akan diarahkan ke App Store (iOS) atau Google Play Store (Android) untuk mengunduhnya
  4. Setelah game selesai diinstal, kamu bisa memainkannya tanpa iklan, tanpa biaya tambahan, dan tanpa pembelian dalam aplikasi
  5. Netflix menyatakan, demi menjaga keamanan anak-anak, Netflix Games hanya bisa diakses melalui profil pengguna dewasa. Sehingga, dianjurkan untuk mengaktifkan PIN guna membatasi akses bagi anak-anak.

Hanya perlu diingat, Netflix menyebut ada beberapa game yang membutuhkan koneksi internet saat bermain, tapi ada pula yang bisa dinikmati secara offline. Perusahaan pun mengatakan akan menambahkan daftar game baru di masa depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siap-Siap, Netflix Mulai Razia Pengguna Berbagi Password pada Awal 2023

Di sisi lain, Netflix berencana untuk merazia para pengguna yang berbagi password mulai awal 2023, berdasarkan laporan terbaru dari The Wall Street Journal.

Netflix menyebutkan, ada 100 juta pengguna layanan berbagi password dari teman atau anggota keluarga.

Sejak menerbitkan laporan perusahaan pada Juli 2022, Netflix diketahui telah kehilangan 970.000 pelanggan pada Q2 2022.

Sadar mulai kehilanggan jumlah pelanggan untuk pertama kalinya dalam 10 tahun dan merugi, CEO Netflix Reed Hasting memutuskan untuk bertindak.

Berbagai rencana pun langsung diramu untuk mendapatkan kembali jumlah pelanggan, dan salah satunya dengan menindak pengguna berbagi password Netflix.

Masih belum jelas bagaimana caranya Netflix merazia pengguna berbagi password ini, dan kita baru tahu secara pasti pada 2023 mendatang.

3 dari 4 halaman

Berbagi Password di Netflix

Mengutip laman Help Center Netflix, Kamis (22/12/2022), perusahaan mengatakan satu akun hanya bisa berbagi password dengan mereka yang tinggal bersama.

"Untuk menegakkan aturan tersebut, Netflix akan memantau alamat IP Pengguna, ID perangkat, dan aktivitas di akun," tulis perusahaan.

Diketahui, perusahaan telah menguji pembayaran tambahan bilamana pengguna ingin berbagai password dengan orang lain di beberapa negara Amerika Latin.

Adapun biaya yang dikenakan per akun tambahan adalah sekitar USD 3 atau Rp 31 ribuan.

Selain itu, perusahaan juga berencana untuk menurunkan harga berlangganan denga dukungan iklan bagi pelanggan yang ingin tetap berbagi password tetapi tidak tinggal bersama.

Perusahaan menyebutkan, razia berbagi password ini akan dilakukan secara bertahap untuk melihat bagaimana reaksi dari pengguna Netflix.    

4 dari 4 halaman

Buka Lowongan Kerja, Netflix Mau Bikin Game PC AAA

Sebelumnya, Netflix tampaknya mulai serius untuk terjun ke pasar game, salah satunya dengan mencoba bersaing untuk game AAA atau berbujet produksi tinggi untuk perangkat PC.

Hal ini seperti terlihat dalam situs web-nya, di mana platform streaming itu tengah membuka lowongan kerja untuk kantor Netflix Games Studio di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dikutip dari TechCrunch, Kamis (1/12/2022), Netflix juga membuka lowongan untuk Director yang bakal mengerjakan "game PC AAA baru."

Bulan lalu, dalam acara TechCrunch Disrupt, Netflix VP Gaming Mike Verdu awalnya mengumumkan perusahaannya membuka studio baru di California Selatan.

Verdu juga menyebut, Chacko Sonny, mantan produser eksekutif Overwatch akan memimpin studio game tersebut.

Jika benar, direktur game Netflix ini nantinya akan bertanggung jawab untuk game dengan bujet besar alias AAA. Bila benari, ini akan jadi game PC pertama Netflix, setelah sebelumnya hanya menghadirkan game untuk perangkat mobile.

Di industri, proyek game AAA adalah game besar dengan anggaran dan tim pengembangan yang sangat besar.

Game director ini juga nantinya bertanggung jawab untuk mengembangkan "dunia/karakter/narasi yang layak dijadikan film/serial TV Netflix."

Daftar pekerjaan juga menyebutkannya dibutuhkan mereka yang punya pengalaman dengan Unreal Engine, serta game first-person dan/atau third-person shooter.

Netflix sudah mengakuisisi tiga studio game yaitu Boss Fight Entertainment, Night School Studio, dan Next Games. Mereka juga telah memulai studio baru di Helsinki, Finlandia, dengan mantan bos Zynga sebagai kepalanya.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.