Sukses

Top 3 Tekno: Matinya Siaran TV Analog di Yogyakarta, Bandung, Solo, Semarang, dan Batam Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah wilayah yang resmi beralih ke siaran TV digital sepenuhnya mulai Sabtu (3/12/2022) antara lain Bandung, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, dan Batam.

Matinya siaran TV analog di wilayah tersebut menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (3/12/2022) kemarin.

Informasi lain datang dari kompetisi esports IESF World Esports Championships 2022 yang resmi digelar di Bali.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Siaran TV Analog di Yogyakarta, Bandung, Solo, Semarang, dan Batam Dimatikan

Pemerintah kembali memberlakukan penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) untuk sejumlah wilayah di Indonesia, pada Jumat (2/12/2022) tepat pukul 24.00.

Adapun, sejumlah wilayah yang resmi beralih ke siaran TV digital sepenuhnya mulai Sabtu (3/12/2022) antara lain Bandung, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, dan Batam.

Pantauan Tekno Liputan6.com di linimasa Twitter, sejumlah warganet dari dari beberapa daerah tersebut juga melaporkan bahwa siaran TV analog mereka sudah "bersemut".

Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Geryantika Kurnia dalam sebuah diskusi publik virtual, seperti dikutip dari YouTube Kemkominfo TV, juga sudah mengonfirmasi bahwa siaran TV analog di wilayah-wilayah tersebut mati pada 2 Desember 2022.

"Jadi 2 Desember jam 24.00 Waktu Indonesia Bagian Barat, kesepakatan Lembaga Penyiaran Swasta akan dihentikan siaran TV analog di lokasi Bandung dan sekitarnya, kemudian Jogja, Solo, dan sekitarnya, Semarang dan sekitarnya, terakhir Batam dan sekitarnya," ujarnya.

Dalam diskusi yang digelar pada Kamis pekan ini itu, untuk Batam dilakukan ASO agar menghindari dispute atau perselisihan yang terkait spektrum frekuensi radio dengan negara tetangga.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. IESF World Esports Championships 2022 Resmi Dibuka Menpora, 6 Game Dipertandingkan

Kejuaraan Dunia Esports ke-14 tahun 2022 di Bali dibuka pada Jumat (2/12/2022). Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka kompetisi ini.

Indonesia Esports Summit: The 14th World Esports Championship sendiri digelar oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), dan akan diadakan pada 2 sampai 11 Desember 2022.

Untuk enam kategori game yang dipertandingkan di ajang ini adalah Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), PUBG Mobile, eFootball 2022, Counter Strike: Global Offensive (CS: GO), Dota 2, dan Tekken 7.

Mengutip laman resmi Kemenpora, IESF World Esports Championships 2022 ini adalah ajang yang sangat luar biasa dan bergengsi. Adapun, peserta yang ikut di kejuaraan ini berasal dari setidaknya 105 negara.

Menpora mengatakan, ajang ini menjadi momen istimewa bagi esports Indonesia, untuk melakukan lompatan besar dalam visinya, sebagai kekuatan terdepan di Asia dan dunia.

"Semoga perhelatan ini, menjadi titik awal dimulainya sejarah baru untuk memberikan kontribusi besar esports bagi bangsa dan negara, serta dunia tentunya," kata Amali.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Infinix Note 12 2023 Siap Meluncur di Indonesia 8 Desember 2022

Infinix memastikan akan merilis smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Infinix Note 12 2023. Rencananya, smartphone ini akan diperkenalkan pada 8 Desember 2022.

Smartphone ini diklaim akan hadir dengan membawa banyak fitur unggulan untuk mendukung multitasking. Jadi, smartphone ini dapat menjadi pilihan bagi para pengguna aktif yang terbiasa melakukan digital multitasking.

"Semangat Unlock Your Multiverse coba dihadirkan lewat Infinix Note 12 2023 yang memiliki performa tercepat dan juga mampu memberikan pengalaman multitasking yang sempurna," tutur Regional Integrated Marketing Manager Southeast Asia Infinix Sergio Ticoalu dalam keterangan resmi, Sabtu (3/12/2022).

Meski belum diungkap sepenuhnya, informasi mengenai spesifikasi smartphone ini mulai dibagikan. Salah satunya adalah Infinix Note 12 2023 akan dibekali chipset MediaTek Helio G99.

Selain itu, smartphone ini turut diperkuat dengan teknologi Extended RAM. Dari sisi layar, Infinix memastikan smartphone ini memakai panel AMOLED yang disebut bisa memanjakan mata pengguna.

Bersama dengan peluncuran Infinix Note 12 2023, Infinix juga akan memperkenalkan Chief Gaming Officer perusahaan. Sosok ini akan menjadi representatif Infinix bagi para XFans yang menyukai game mobile.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Pindah Dari TV Biasa Ke TV Digital

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS