Sukses

Gampang Banget, Ini Cara Bagikan Lagu dari YouTube Music ke Instagram Stories

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, YouTube Music telah menggulirkan fitur untuk dapat membagikan musik atau lagu ke Instagram Stories.

Tentu saja, ini jadi salah satu fitur yang banyak dinanti oleh para pengguna YouTube Music. Apalagi, Spotify atau Apple Music sudah lama memiliki fitur berbagi semacam ini.

Untuk membagikan atau memamerkan lagu yang kamu dengar dari YouTube Music ke Instagram Stories, caranya pun mudah:

  1. Buka aplikasi YouTube Music dengan perangkat seluler
  2. Putar atau pilih lagu yang ingin kamu bagikan
  3. Pilih menu 3 titik untuk membuka opsi menu
  4. Pilih Bagikan dengan tanda panah ke kanan.
  5. Akan ada beberapa opsi untuk dapat membagikan musikmu. Pilih Instagram untuk membuka lagu di aplikasi tersebut

Setelah membuka lagu di aplikasi Instagram, kamu akan melihat gambar thumbnail yang bisa diklik dari sampul album dari YouTube Music.

Di situ, kamu bisa mengedit Story menggunakan fitur yang ada untuk menambahkan overlay di bagian atas gambar thumbnail. Jika sudah selesai membuat Story, kamu bisa membagikannya dengan followers-mu, atau dengan teman sebagai sebuah pesan langsung.

Saat orang melihat Story yang berisi tautan thumbnail YouTube Music-mu dan mengkliknya, lagu akan terbuka dan diputar di aplikasi YouTube Music, atau di YouTube Music lewat browser seluler.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membagikan Playlist dari YouTube Music

Selain itu, kamu juga bisa membagikan playlist atau daftar putar dari aplikasi YouTube Music menggunakan komputer atau perangkat seluler.

Saat kamu membagikan playlist, akan dibuat link atau tautan untuk diberkan kepada orang lain, yang bisa dibagikan di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Jika ada video pribadi di playlist, kamu perlu mengundang teman atau keluarga terlebih dahulu sebelum mereka dapat menontonnya. Berikut ini langkah-langkah untuk membagikan playlist dari YouTube Music:

  1. Buka playlist yang ingin dibagikan
  2. Klik Menu atau logo tiga titik di samping playlist
  3. Klik Bagikan.
  4. Dari sini, kamu dapat membagikan playlist di jaringan sosial, menyematkan playlist, atau mengirim playlist melalui email.

Saat kamu melihat video, lagu atau halaman detail artis yang Dibuat untuk Anak-Anak, opsi menu tiga titik akan berbeda dari yang ditampilkan pada konten lainnya.

Kamu tidak bisa menambahkan konten ini ke playlist, ke lagu yang disukai, atau membagikannya.

3 dari 4 halaman

Fitur Pinch to Zoom Kini Hadir untuk Aplikasi YouTube

YouTube mengumumkan kehadiran sejumlah fitur baru ditambah dengan perubahan desain pada aplikasinya. Fitur baru dan perubahan desain ini disebut hadir untuk meningkatkan pengalaman menonton para penggunanya.

Dikutip dari Engadget, Rabu (26/10/2022), salah satu fitur baru yang dihadirkan kali ini adalah pinch-to-zoom. Setelah sempat diuji coba untuk pengguna YouTube Premium, fitur ini sekarang bisa dipakai oleh seluruh pengguna iOS dan Android.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencubit layar untuk memperbesar video. Sama seperti di foto, fitur ini bisa dipakai pengguna untuk melihat lebih detail objek atau subjek dalam video.

Selain itu, fitur baru lainnya yang dihadirkan YouTube adalah Precise Seeking. Melalui fitur ini, pengguna bisa secara lebih akurat memutar kembali bagian video yang ingin diputar kembali.

 

4 dari 4 halaman

Cukup Menggeser Layar

Cukup dengan menggeser layar, aplikasi nantinya akan menampilkan potongan gambar di tiap bagian video, sehingga pengguna tinggal memilihnya sesuai keinginan. Fitur ini tersedia di desktop maupun aplikasi YouTube mobile.

"Precise seeking dibangun berdasarkan peningkatan terbaru kami pada navigasi video yang membantu pengguna dengan cepat menemukan bagian yang paling diminati," tulis YouTube dalam blog-nya.

Sementara dari sisi tampilan, platform berbagi video ini menghadirkan desain ambient mode. Lewat ambient mode, YouTube akan memunculkan efek cahaya yang senada dengan warna video di bagian bagian bawah player ketika aplikasi dalam tema gelap.

Dalam pembaruan ini, YouTube juga akan meningkatkan kemampuan tema gelap di situs web, aplikasi mobile, hingga Smart TV. Jadi, tema gelap kini akan memiliki warna hitam yang lebih pekat, sehingga warna yang keluar dari video lebih menonjol.

(Gio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.