Sukses

Video YouTuber Minecraft Dream Ungkap Identitas Ditonton Lebih dari 35 Juta Kali

Liputan6.com, Jakarta - Awal pekan ini, YouTuber pembuat konten-konten game Minecraft, Dream, mengungkapkan ke publik wajah aslinya. Ini menjadi pertama kalinya dia membuka wajahnya sejak terjun membuat konten di 2014.

Pengungkapan wajah alias "face reveal" Dream sudah sempat dia umumkan pada tanggal 19 September 2022 yang lalu. Akhirnya pada hari Minggu waktu setempat, dia pun mengunggah video berjudul "hi, I'm Dream."

Mengutip Gamerant, Jumat (7/10/2022), aksi ini bahkan sempat menjadi trending topic di Twitter dengan #DreamFaceReveal selama beberapa hari sebelum pengungkapannya.

Dalam video tersebut, Dream mengatakan nama aslinya adalah Clay. Video berdurasi sekitar 5 menit itu pun meraup 300 ribu likes kurang dari 10 menit.

Hingga artikel ini ditulis, video di kanal YouTube dengan 30,8 subscribers itu sudah ditonton lebih dari 35 juta kali, dengan 3,4 juta likes.

Dikutip dari Polygon, alasan pria Amerika 23 tahun itu mengungkapkan wajahnya adalah karena dirinya ingin bertemu dengan teman-temannya seperti streamer GeorgeNotFound, dan pergi keluar-keluar.

Dalam wawancaranya dengan Padilla, Dream juga sempat mengatakan ia menunjukkan wajahnya dan dirinya untuk membuat jenis konten baru seperti berkolaborasi dengan YouTuber populer Mr. Beast, atau membuat TikTok.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tetap Bikin Konten Tanpa Wajah

Namun, Dream mengatakan tidak serta merta akan terus menunjukkan wajahnya di konten-konten videonya. Ia akan tetap membuat konten yang sama seperti yang sudah ia lakukan sebelumnya.

Bedanya, konten di YouTube-nya juga akan berisi konten-konten in real life (IRL), di mana penonton akan bisa melihat dirinya. Selain itu, untuk video-video Minecraft, dia juga tak berencana melakukan siaran dengan kamera.

Dream sendiri memulai akun YouTube-nya di tahun 2014. Namun salurannya harus menjalani sekitar tiga tahun yang berat, sebelum akhirnya mulai mengalami peningkatan penonton.

Peningkatan performa saluran Dream menanjak di 2019, di mana beberapa penontonnya datang dari aksi speed run Minecraft yang dilakukannya. 

3 dari 4 halaman

Tak Bermaksud Jadi Anonim

Dalam kurang dari dua tahun dengan 1 juta subscribers, akun Dream akhirnya memiliki 30 juta subscribers. Di 2020, ia dinobatkan sebagai YouTube’s top breakout star of the year.

Diwawancara YouTuber Anthony Padilla, Dream mengatakan dia awalnya tak bermaksud menjadi YouTuber anonim.

Ia mulai dengan merancang avatar sederhana yang terinspirasi gambar Discord yang cocok dengan yang dibuat mantan pacarnya. Namun, ia mulai membuat video dan popularitas akunnya melonjak.

"Semuanya meledak begitu cepat dan menjadi bagian dari seni dan komunitas penggemar. Itu bukan langkah yang diperhitungkan, itu terjadi begitu cepat," kata Dream.

 

4 dari 4 halaman

Proyeksi Diri Orang Lain ke Dirinya

Namun dalam video pengungkapannya, Dream mengatakan bahwa topeng adalah cara bagi orang untuk melihat diri mereka di dalam dirinya, bahkan jika ia berada di tingkat keterkenalan yang sama seperti selebriti saat ini.

Topeng itu membuatnya berguna seperti wadah, memungkinkan semua orang untuk memproyeksikan sisi diri mereka padanya.

"Kanal ini adalah bukti nyata bahwa siapa pun dapat melakukan apa saja. Siapa pun bisa berada di balik topeng, dan saya tidak ingin wajah saya terungkap untuk menghilangkan fakta itu," katanya.

"Karena itu benar, dan bisa jadi. Dan Anda bisa melakukannya jika Anda mau. Mimpi bisa siapa saja dari mana saja," pungkasnya.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.