Sukses

Ternyata Ini Alasan Apple Hapus Medsos Populer Rusia VKontakte dari Toko Aplikasi

Apple mengungkap alasan aplikasi media sosial populer Rusia VKontakte besutan VK dihapus dari toko aplikasinya, App Store.

Liputan6.com, Jakarta - Rusia mempertanyakan alasan Apple menghapus aplikasi media sosial terbesar di negaranya, VKontakte. VKontakte merupakan aplikasi medsos garapan dan dioperasikan perusahaan digital terkemuka Rusia, VK.

Rusia pun meminta penjelasan ke Apple atas penghapusan aplikasi VKontakte dari toko aplikasi App Store.

Sekadar informasi, di negara asalnya, aplikasi medsos VKontakte sangat mirip dengan Facebook sebagai jejaring sosial yang dipakai banyak orang. Tercatat, aplikasi ini sudah diunduh hingga ratusan juta kali.

Regulator komunikasi Rusia Roskomnadzor mengeluarkan pernyataan yang menyebut, "Penghapusan aplikasi medsos Rusia VKontakte merupakan bentuk diskriminasi."

Regulator juga menyebut, penghapusan VKontakte dari App Store melanggar hak dan kebebasan masyarakat Rusia atas informasi dan komunikasi.

VK menyebut, VKontakte dihapus dari toko aplikasi Apple, App Store. Dalam pernyataan, VK mengatakan, aplikasi ini telah diblokir oleh Apple. Dengan begitu, pengguna lama tidak bisa memperbarui aplikasi ke versi baru di Appl Store.

Menanggapi hal ini, juru bicara Apple membenarkan pihaknya menghapus aplikasi VKontakte dari toko aplikasi. Ia menyebut, akses pengembang VK juga dihapus sejalan dengan sanksi Inggris terhadap Rusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ternyata Dihapus karena Sanksi Inggris atas Rusia

"Aplikasi ini didistribusikan oleh pengembang yang dimiliki atau dikendalikan mayoritas oleh satu atau lebih parpol yang disetujui oleh pemerintah Inggris. Untuk mematuhi sanksi ini, Apple telah menghentikan akun pengembang aplikasi," kata si juru bicara.

Lebih lanjut, ia mengatakan, terlepas dari lokasinya, aplikasi VKontakte tidak bisa diunduh dari App Store di mana pun. Namun, pengguna yang telah mengunduh aplikasi ini bisa terus memakainya.

Perlu diketahui, VK tidak hanya memiliki aplikasi jejaring sosial. Perusahaan Rusia itu juga punya alternatif toko aplikasi Google Play Store yang bernama RuStore.

VK juga merupakan perusahaan di balik iklan baris Mail.ru, VK Music, dan Youla. Meski Apple menghapus VKontakte, Google belum mengambil langkah serupa, yakni menghapus VKontakte dari Google Play Stote. Perusahaan masih diam mengenai masalah ini.

3 dari 3 halaman

Dihapus dari App Store

Sebelumnya, Apple menghapus aplikasi medsos terbesar di Rusia VKontakte dari toko aplikasi App Store. Informasi ini diungkapkan oleh VK, perusahaan di balik aplikasi VKontakte, yang telah diunduh ratusan juta kali. VK menyebut, seluruh aplikasinya dihapus dari toko aplikasi App Store.

"Sejumlah aplikasi VK diblokir oleh Apple. Namun perusahaan akan terus melanjutkan pengembangan dan dukungan untuk aplikasi-aplikasi iOS," kata pihak VK, dikutip dari The Verge, Rabu (28/9/2022).

Sementara itu, Kementerian Urusan Digital Rusia kepada media RT mengatakan, pihaknya tengah "menginvestigasi alasan Apple menghapus aplikasi-aplikasi VK dan akun-akun pengembang, menggarisbawahi signifikansi sosial dan skala penggunaan layanan yang disediakan oleh perusahaan Rusia itu."

Meski dihapus di toko aplikasi Apple, aplikasi medsos VK masih tersedia di Google Play Store. 

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.