Sukses

Insinyur Kembangkan Pakaian Robotik untuk Anak-Anak dengan Cerebral Palsy

Sekelompok insinyur di UC Riverside mengembangkan pakaian robotik murah untuk membantu anak-anak dengan cerebral palsy mendapatkan kontrol atas gerakan lengan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok insinyur di UC Riverside mengembangkan pakaian robotik terjangkau untuk membantu anak-anak dengan cerebral palsy mendapatkan kontrol atas gerakan lengan mereka.

Cerebral palsy adalah penyebab paling umum kecacatan fisik serius pada masa kanak-kanak. Perangkat ini dimaksudkan untuk menawarkan bantuan harian jangka panjang bagi mereka yang hidup dengan cerebral palsy.

Disokong oleh hibah senilai USD 1,5 juta dari National Science Foundation, proyek ini mengambil pendekatan baru untuk membangun perangkat dari tekstil lembut, yang juga akan memfasilitasi fungsi anggota tubuh lebih natural.

"Bahan keras tidak berinteraksi dengan baik dengan manusia," kata Jonathan Realmuto, asisten profesor teknik mesin dan pimpinan proyek UCR dikutip dari keterangan resmi via Eurekalert. "Apa yang kami tuju dengan menggunakan bahan seperti nilon dan elastis pada dasarnya adalah pakaian robotik."

Pakaian ini memiliki daerah kedap udara tertutup rapat yang dapat mengembang, yang membuatnya kaku untuk sementara, dan memberikan kekuatan untuk bergerak.

"Katakanlah Anda ingin melenturkan siku untuk melakukan bicep curl. Kami dapat menyuntikkan udara ke dalam bagian yang dirancang khusus yang tertanam di kain yang akan mendorong lengan ke depan," kata Realmuto.

Proyek ini akan fokus tidak hanya pada pembuatan robot, tetapi juga pada pengembangan algoritma yang mengajarkan mesin untuk memprediksi gerakan yang ingin dilakukan pemakainya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tantangan

“Salah satu tantangan kritis dalam memberikan bantuan gerakan adalah menafsirkan niat seseorang. Kami menginginkan “pengendali kehendak”, sehingga robot berperilaku sesuai keinginan manusia,” kata Realmuto.

Salah satu aspek dari pengontrol semacam itu adalah menggunakan berbagai sensor kecil di lengan untuk mendeteksi tegangan kecil yang dihasilkan oleh otot ketika mereka berkontraksi. Sensor ini akan memasukkan data tegangan ke dalam algoritma yang akan dilatih untuk mengekstraksi niat pemakainya dari mereka.

Menggunakan tekstil yang tersedia secara luas di pasaran akan menjaga biaya pembuatan robot ini tetap rendah. Selain itu, tim bermaksud untuk meminimalkan penggunaan elektronik canggih, yang juga akan membantu mengurangi biaya keseluruhan untuk pasien.

 

3 dari 4 halaman

Kemitraan dengan Rumah Sakit Anak

Proyek ini dilakukan dalam kemitraan dengan Rumah Sakit Anak di wilayah Orange County, di mana pasien dari klinik gangguan gerakan pediatrik akan membantu menguji dan menyempurnakan prototipe.

Selain itu, tim peneliti akan mengadakan pertemuan tahunan di rumah sakit untuk masing-masing dari empat tahun proyek. Pertemuan ini akan mencakup pasien dan keluarga mereka, serta terapis okupasi, dan membahas umpan balik mereka tentang teknologi yang berkembang.

“Dengan memusatkan pemangku kepentingan dalam proses desain kami, kami berharap dapat mengembangkan produk yang benar-benar bekerja untuk mereka,” kata Realmuto.

 

4 dari 4 halaman

Bersifat universal

Realmuto dan tim memandang pekerjaan ini sebagai peningkatan kemandirian tidak hanya untuk pasien anak itu sendiri, tetapi juga untuk seluruh masyarakat.

"Jika kita dapat membantu anak-anak menyikat giginya sendiri, menuangkan air atau membuka pintu, tindakan yang dianggap biasa oleh orang lain, itu adalah kemenangan besar bagi mereka," kata Realmuto. "Itu juga merupakan kemenangan bagi keluarga dan pengasuh mereka."

Meskipun proyek ini difokuskan pada anak-anak dengan gangguan gerakan, teknologi ini pada akhirnya dapat digunakan untuk penerapan dan populasi lain, termasuk pasien geriatri dan orang dewasa lainnya dengan masalah gerakan.

“Teknologi kami bersifat universal,” kata Realmuto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.