Sukses

WhatsApp Siapkan Fitur Polling untuk Grup WA

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp sedang melakukan pengujian kemampuan membuat dan menyebarkan polling di dalam aplikasi.

Pengujian ini diungkapkan WABetaInfo dan menunjukkan bahwa fitur bernama Polls ini sudah tersedia di aplikasi pengujian beta pada Android.

Hal ini menandakan pengguna WhatsApp beta sudah bisa mencoba membuat polling, sehingga akhirnya fitur ini dapat dinikmati di platform WhatsApp umum.

Dari bocoran yang beredar, pengguna WhatsApp bisa menyebarkan polling dengan member di dalam grup WA. Fitur ini memberikan pengguna WhatsApp kemampuan untuk membuat sebanyak 12 pilihan di dalam satu polling.

Akan tetapi, ada kemungkinan kalau batas pilihan tersebut bertambah atau pun berkurang seiring masa pengujian sebelum dirilis.

Fitur ini nantinya bisa digunakan dengan cara masuk ke halaman Chat Action, tempat yang sama pengguna mengakses untuk mengirim kontak, lokasi dan dokumen.

Meskipun pengembangan fitur masih dilakukan dalam Android, fitur Polls juga bisa dimanfaatkan pada perangkat iOS dan di WhatsApp desktop.

Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis. Pengguna bisa ikut mencoba fitur tersebut dengan cara bergabung dengan WhatsApp Beta.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Bergabung di WhatsApp Beta

Pengguna dapat mengunduh aplikasi WhatsApp Beta lewat Google Play khusus perangkat Android dan cari aplikasi WhatsApp.

Setelah masuk ke halaman platform, scroll ke bawah untuk menemukan "Become a Beta Tester". Ketuk tulisan "I'm in" lalu konfirmasi pendaftaran dengan klik "Join". Dari sini pengguna bisa menunggu aplikasi untuk menerima update ke versi Beta.

Selain dari fitur-fitur terbaru tersebut, ada satu lagi trik WhatsApp yang bisa membuat pengalaman messaging menjadi lebih menarik.

Fitur ini disebut fitur Favorites yang memberikan pengguna kemampuan untuk menandakan sebuah pesan dengan bintang dan menyimpannya untuk nanti, mirip seperti meletakkan bintang pada pesan email masuk.

Pengguna tinggal masuk ke dalam ruang chat dan tekan salah satu chat untuk memunculkan opsi Star. Setelah itu, pengguna dapat melihat pesan yang sudah diberi tanda bintang tersimpan di Starred Messages.

Fitur ini membantu pengguna untuk mengingat pesan penting seperti jadwal meeting, alamat, atau jalan menuju sebuah lokasi.

3 dari 4 halaman

Tiga Trik WhatsApp untuk Dicoba

Menyimpan Pesan Teks

Fitur Favourites membantu pengguna untuk menyimpan pesan penting seperti alamat lokasi atau pengumuman.

Caranya penggunaannya sederhana, pengguna bisa masuk ke chat room dan menekan pesan yang ingin disimpan. Akan muncul beberapa opsi termasuk opsi Star, ketuk pilihan tersebut untuk menyimpan pesan.

Untuk melihat pesan yang sudah tersimpan, pengguna bisa menemukannya di dalam folder Starred Messages yang terletak di dalam Settings.

Menjaga Chat berada di atas daftar Chat

Fitur Pin Chat memiliki logo berupa jarum pin dan berfungsi untuk membuat chat room tetap berada bagian paling atas dari daftar chat.

Pin Chat umumnya digunakan untuk chat room penting dan menghindari chat room dari tenggelam karena notifikasi dari chat room yang lain. Fitur ini juga memberikan pengguna kemampuan untuk pin lebih dari beberapa chat room sekaligus.

Untuk cara menggunakannya, pengguna tinggal menekan chat room yang diinginkan hingga muncul menu di bagian atas platform. Terdapat beberapa logo yang muncul termasuk logo jarum pin, ketuk logo tersebut dan setelah itu chat room akan segera berada di atas daftar chat.

Pengguna bisa bebas melepas pin chat room dengan cara yang sama.

Fitur Kustomisasi Teks untuk Memberi Penekanan pada Teks Pesan

Selain mengubah font teks, fitur ini juga memberikan efek lain terhadap teks pesan. Efek seperti mempertebal tulisan teks, memiringkan teks, dan mencoret teks membuat makna yang dituang dalam teks menjadi lebih tersampaikan.

Mempertebal teks atau bolding merupakan pilihan yang tepat untuk menekankan kata atau frasa yang disampaikan. Bolding memberikan teks pesan yang dikirim berkesan menonjol dan pengguna hanya perlu menggunakan tanda bintang atau asterisk di antara teks atau frasa yang diinginkan. Contoh: *ketik teks*

Jika pengguna ingin memiringkan teks atau menggunakan efek italic, pengguna hanya perlu melakukan hal serupa, tetapi mengubah simbol yang digunakan dengan tanda garis bawah atau underscore. Contohnya: _ketik teks_

Terakhir, untuk menampilkan efek teks yang dicoret atau strikethrough, pengguna tetap melakukan formula yang sama dengan mengubah tandanya dan menaruh simbol garis bergelombang atau tilde di antara teks yang ingin dikirim. Contoh: ~ketik teks~

Efek strikethrough ini biasa digunakan untuk menandakan sebuah teks atau frasa yang keliru atau perlu diabaikan.

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.