Sukses

Biznet Siap Tingkatkan Kapasitas Jaringan dengan Ciena 6500

Biznet telah menjalin kemitraan dengan Ciena 6500 Packet Optical Platform (NYSE: CIEN) yang memiliki coherent optic dari WaveLogic untuk membantu meningkatkan kapasitas, jangkauan dan adaptabilitas jaringan dari layanan The New Biznet Fiber.

Liputan6.com, Jakarta - Biznet telah menjalin kemitraan dengan Ciena 6500 Packet Optical Platform (NYSE: CIEN) yang memiliki coherent optic dari WaveLogic untuk membantu meningkatkan kapasitas, jangkauan dan adaptabilitas jaringan dari layanan The New Biznet Fiber.

Melalui kemitraan ini, Biznet sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia dapat melakukan ekspansi jaringannya ke lebih dari 180 kota di seluruh Indonesia dan memenuhi kebutuhan digital Indonesia dengan kapasitas bandwith yang besar dan semakin meningkat.

"Ketika Indonesia pulih dari pandemi, pola aktivitas digital akan kembali berubah. Kita akan memiliki kebutuhan jaringan yang beragam karena sebagian orang kembali bekerja di kantor, sementara sebagian lainnya mengadopsi model kerja hybrid," ujar Adi Kusma, President Director di Biznet dalam keterangan resmi yang dikutip pada Sabtu (17/9/2022).

Dengan teknologi Ciena 6500, kata Adi, Biznet akan mampu menyediakan jaringan internet berkapasitas tinggi yang memaksimalkan efisiensi, kapasitas dan fleksibilitas bandwidth di keseluruhan jaringan, "sehingga membantu kami dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus bertambah,"

Teknologi Ciena 6500 yang digelar oleh Terrabit Networks mengintegrasikan jaringan fiber optik dan kemampuan fotonik yang fleksibel dalam berbagai chassis form factor. Dengan demikian, Biznet akan memiliki infrastruktur yang bisa diprogram, yang dapat dikembangkan secara dinamis, dan disesuaikan dengan persyaratan jaringan yang terus berubah.

Selain itu, transponder 10G dan 100G dengan densitas tinggi dari Ciena 6500 memiliki kemampuan enkripsi multiprotokol dengan latensi rendah berkecepatan tinggi guna memaksimalkan peluang pendapatan dari layanan Biznet. Oleh karena itu, Biznet pun akan dapat mengeksplorasi segmen-segmen bisnis baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bermitra sejak 2014

Lawrence Toh, Managing Director, Terrabit Networks Pte Ltd, menyatakan bahwa Terrabit Networks telah menggelar dan mendukung jaringan fiber optik Biznet bersama Ciena sejak 2014.

"Dari Cable System B2JS (Jakarta-Bangka-Batam-Singapura) berkapasitas 380Gbps yang menghubungkan lebih dari 1000 km fiber hingga Java Backbone berkapasitas 2Tbps yang menghubungkan lebih dari 3000 km fiber, serta ekspansi kapasitas 1,2Tbps yang akan datang ke Sumatra, dengan lebih dari 1.000 km koneksi fiber," ujar Lawrence.

Dia pun menyebut bahwa kemitraan ini telah dan akan terus mendukung pertumbuhan jaringan fiber milik Biznet ke tingkatan baru dalam hal kapasitas dan jangkauan.

Dion Leung, Regional Managing Director, Ciena ASEAN, menuturkan bahwa Biznet selama hampir 22 tahun telah memainkan peran penting di ekosistem internet di Indonesia.

"Dengan teknologi 6500, kami mendukung Biznet dalam misinya untuk menyediakan layanan internet yang cepat dan stabil dalam mendukung berbagai akivitas digital – di mana saja, kapan saja, di seluruh Indonesia, bahkan ketika kebiasaan menggunakan konektivitas berubah," kata Dion.

 

3 dari 5 halaman

Ekspansi Jaringan Internet di Kota Samarinda dan Balikpapan

Diwartakan sebelumnya, Biznet melakukan ekspansi jaringannya di pulau Kalimantan, tepatnya di kota Samarinda dan Balikpapan.

"Kami sangat senang dapat memberikan kabar baik bagi masyarakat Kota Samarinda dan Balikpapan bahwa jaringan Biznet kini telah tersedia sebagai solusi layanan Internet," ujar Adi Kusma, President Director Biznet dalam siaran pers dikutip pada Minggu (19/6/2022).

Adi menilai, melihat peningkatan trafik pengguna layanan Internet yang dibarengi dengan perubahan gaya hidup masyarakat saat ini, koneksi Internet menjadi salah satu kebutuhan.

Sebagai ibu kota provinsi Kalimantan Timur, menurut Biznet, Samarinda adalah salah satu kota yang terus mengikuti perkembangan teknologi, yang semakin berkembang pesat dan memerlukan jaringan Internet.

Saat ini jaringan Biznet telah tersedia di beberapa wilayah di Samarinda, yaitu Dadi Mulya, Sidodadi, Bugis, Sungai Pinang Luar, Pelabuhan, dan Gunung Kelua.

Perusahaan menargetkan cakupan layanannya akan terus bertambah agar masyarakat dapat segera menikmati layanan Internet dari Biznet.

 

4 dari 5 halaman

Targetkan Bangun 10.000 Kilometer Jaringan Internet Tambahan pada 2022

Sebelum ekspansi di Samarinda, Biznet juga telah hadir di Balikpapan. Layanan Internet Biznet untuk saat ini antara lain menyelimuti Muara Rapak, Batu Ampar, Gunung Samarinda, Gunung Samarinda Baru, Damai Baru, Damai Bahagia, dan Gunung Bahagia.

Menutup tahun 2021,  Biznet mencatat lebih dari 61.000 KM dengan 1.200,000 Home Pass di lebih dari 160 kota di sepanjang Pulau Jawa, Bali, Bangka, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan dan Flores.

Biznet pun berencana melakukan ekspansi jaringan ke lebih banyak kota dan area di Indonesia pada tahun 2022.

"Tidak bisa dipungkiri, pandemi yang masih berlangsung hingga di tahun yang baru ini memberikan dampak perubahan pada pola aktivitas baru yang dibarengi dengan perkembangan digital," ujar Adi Kusma, Presiden Direktur di Biznet. 

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.