Sukses

Klarifikasi Bos Instagram Soal Ancaman Pelacakan dari Fitur Lokasi

Instagram menanggapi unggahan meme viral yang beredar soal fitur lokasi yang bisa melacak lokasi dengan tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram menanggapi unggahan meme viral yang beredar tentang fitur lokasi yang dapat melacak lokasi dengan tepat.

Postingan tersebut mengklaim fitur lokaso dapat menyebabkan penjahat di dunia maya memanfaatkan informasi itu untuk melakukan tindak kriminal.

Munculnya unggahan meme viral yang menyorot bahaya pelacakan dari Precise Location, membuat banyak orang segera menonaktifkan fitur lokasi mereka dari pengaturan iPhone agar tidak menjadi korban.

"Sejak update terbaru, orang-orang dapat menemukan lokasimu dengan tepat dari Instagram dan ini digunakan individu untuk menargetkan orang lain untuk melakukan kejahatan seperti pencurian, stalking, etc," tulis postingan tersebut.

Instagram secara resmi membantah tuduhan itu. Selain belum ditemukannya bukti kalau fitur tersebut dimanfaatkan untuk tindak kriminal, fitur lokasi bukanlah fitur baru seperti yang dikatakan postingan tersebut.

Fitur telah diperkenalkan Apple dalam iOS 14 pada tahun 2020 dan bermaksud untuk memberi penggunanya kontrol.

"Kami tidak membagikan lokasi kamu kepada yang lain," kata Adam Mosseri, bos dari Instagram.

"Sama dengan perusahaan media sosial lainnya, kami menggunakan Precise Location untuk hal-hal seperti tag lokasi dan fitur maps," sambungnya, dikutip dari The Sun, Minggu (4/9/2022).

"Layanan lokasi adalah pengaturan dari perangkat ponsel kamu, bukan fitur terbaru dari Instagram, dan itu yang memberdayakan hal seperti tag lokasi." Mosseri menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Soal Precise Location di iPhone dan Instagram

Precise Location atau lokasi tepat pada dasarnya yang memberi aplikasi untuk melihat lokasi pengguna dengan jelas.

Aplikasi media sosial seperti Instagram menggunakan fitur tersebut untuk men-tag lokasi dalam sebuah unggahan.

Hal ini merupakan sesuatu yang penting bagi aplikasi seperti Google Maps karena dapat membantu pengguna dalam menemukan tempat, seperti mencari restoran terdekat.

Keamanan fitur ini dapat dijamin apabila penggunanya dapat mengatur aplikasi apa saja yang bisa melihat lokasi mereka.

3 dari 4 halaman

Cara Mengontrol Fitur Lokasi di iPhone

Semua smartphone yang mempunyai fitur lokasi umumnya memberikan penggunanya akses untuk menyalakan dan mematikan fitur. Pengguna juga dapat mengatur memilih aplikasi mana saja yang dapat mengakses lokasi mereka.

Untuk mengontrol data lokasi iPhone, pengguna bisa masuk ke aplikasi Settings pada iPhone lalu masuk ke Privacy dan pilih Location Services. Dari sini, pengguna dapat mengatur aplikasi mana saja yang boleh mengakses lokasi dan dalam situasi yang ditentukan. Seperti ketika membuka aplikasi, misalnya.

Apabila ada aplikasi yang menggunakan Precise Location atau lokasi yang tepat, pengguna dapat menonaktifkan dan mengaktifkannya langsung dari situ.

Selain itu, Pengguna juga dapat mengendalikan aplikasi iOS untuk menggunakan lokasi hanya sekali atau ketika aplikasi sedang digunakan.

Namun, dengan mengatur fitur lokasi, pengguna juga bisa kehilangan akses ke beberapa fitur lain yang berhubungan dengan fitur tersebut.

4 dari 4 halaman

Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini