Sukses

XL Axiata Genjot Jaringan 4G di Sulawesi Tengah

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler XL Axiata gencar membangun jaringan 4G di provinsi Sulawesi Tengah. Dalam setahun terakhir, XL Axiata membangun 98 BTS 4G hingga ke pelosok pedesaan yang sebelumnya belum dijangkau 4G.

Dari total kecamatan yang ada di provinsi tersebut, 54 persen di antaranya atau 94 kecamatan dengan total 1.085 desa telah terlayani jaringan 4G.

Group Head XL Axiata East Region Dodik Ariyanto mengatakan, trafik data di seluruh Sulteng meningkat 58 persen dalam satu tahun terakhir.

"Trafik meningkat artinya permintaan pelanggan dan masyarakat atas layanan kami juga meningkat. Itu artinya pelanggan merasa puas dengan layanan XL Axiata," kata Dodik, dikutip dari keterangan XL Axiata, Minggu (28/8/2022).

Dodik lebih lanjut menyebut, peningkatan permintaan tersebut membuat perusahaan terus membangun jaringan 4G. Baik untuk meningkatkan kualitas layanan atau memperluas ke area yang belum dijangkau.

Meski begitu, menurutnya, membangun jaringan di area Sulawesi bukan hal mudah. Ia menyebut, hambatannya adalah dari kondisi geografis hingga membangun kepercayaan masyarakat di wilayah tersebut.

Dodik menambahkan, berbagai cara dilakukan XL Axiata agar bisa ikut memberi layanan telekomunikasi dan data di wilayah tersebut. Menurutnya, pembangunan jaringan yang memerlukan biaya besar jadi investasi jangka panjang baik secara bisnis maupun sosial.

Selain membangun BTS 4G, XL Axiata juga melakukan fiberisasi untuk meningkatkan kualitas jaringan. Secara teknis, fiberisasi bertujuan untuk meningkatkan kapasitas agar kenyamanan pelanggan makin meningkat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Fiberisasi di Sulteng

Hingga saat ini fiberisasi di Sulteng meningkat jadi 23 persen dari total BTS yang ada di wilayah tersebut.

Sekadar informasi, jaringan XL Axiata di Sulteng memanfaatkan satelit dan kabel fiber optik. Saat ini, jaringan XL Axiata di Sulteng ditopang dengan 950 BTS, termasuk 500 BTS 4G.

Di Sulteng, XL Axiata memiliki BTS 4G terbanyak di Kabupaten Kota Palu dengan jumlah 75 unit. Lalu di Kabupaten Parigi Moutong 57 unit, dan Kabupaten Sigi 43 unit.

Di Kabupaten Banggai, dalam dua tahun terakhir, XL membangun 44 BTS 4G. Keberadaan jaringan baru 4G di Kabupaten Banggai ini merupakan implementasi komitmen XL Axiata untuk mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga pelosok daerah.

3 dari 3 halaman

Peningkatan Literasi Digital

"Tersedianya jaringan internet yang berkualitas hingga ke pelosok negeri, termasuk di Sulteng dan Banggai, akan mempermudah peningkatan literasi digital bagi masyarakat setempat," kata Dodik.

Dengan begitu, adaptasi terhadap digitalisasi di semua bidang, termasuk perekonomian rakyat juga bisa dilaksanakan, setara dengan yang dilakukan masyarakat kota-kota besar.

"Kami berharap jaringan XL Axiata di wilayah ini bisa mendorong produktivitas masyarakat sesuai tujuan pembangunan nasional," katanya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.