Sukses

Instagram Kesal Banyak Pengguna Bikin Video di Reels tapi Unggah ke TikTok

Liputan6.com, Jakarta - Instagram berang dengan para kreator yang membuat video-video di Reels, tetapi mengunggahnya ke TikTok. Ketika memakai Reels, The Verge mendapati saat mencoba mengunduh konten yang sudah diedit ke iPhone, video tersebut kehilangan audio yang sudah dipilih.

Itu berarti, saat pengguna ingin mengekspor rekaman dari Reels untuk dipakai di aplikasi lain, pengguna harus mengunggah ke Reels terlebih dahulu agar bisa menyimpan versi video yang dilengkapi dengan suara.

Padahal sebelumnya, pada akhir Juli, pengguna Instagram masih bisa mengunduh video yang sudah diedit di Reels (tanpa mem-posting) lengkap dengan audionya, kemudian diunggah di aplikasi lain seperti TikTok.

Laporan The Verge yang dikutip Jumat (19/8/2022) menyebutkan, berdasarkan uji yang mereka lakukan, audio dihilangkan pada tiga iPhone yang dipakai. Meski begitu, ekspor video dengan audionya dari Reels dari Android masih bisa dilakukan.

Instagram juga tidak menanggapi permintaan komentar mengenai hal ini. Berdasarkan pengujian, tool di aplikasi TikTok tidak terlalu baik untuk pengeditan lebih lanjut.

Pasalnya, TikTok tidak mengizinkan pengguna memakai beberapa filter saat memulai dengan rekaman yang direkam di luar aplikasi. TikTok juga tidak memungkinkan pengguna mengunduh klip video yang belum selesai. Video yang bisa diunduh adalah yang sudah diunggah ke TikTok, sehingga mengandung watermark.

YouTube Shorts platform video pendek vertikal milik YouTube juga menambahkan watermark di layanannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pengguna TikTok Pilih Edit di Reels?

Untuk menyiasati hal ini, pengguna TikTok banyak yang beralih ke Instagram, di mana IG memiliki fitur serupa untuk Reels-nya. Misalnya, pengguna bisa memakai efek green screen Instagram yang lebih fleksibel untuk diedit ketimbang versi TikTok.

Selanjutnya pengguna bisa mengunduh klip video tersebut dan mengirimkannya ke TikTok. Trik ini dipakai oleh pembuat konten, baik sebagai cara untuk melewati tool pengeditan TikTok atau cara untuk bisa memakai filter video yang hanya ada di Instagram.

Semua langkah ini memang membuat pengeditan video sedikit lebih memakan waktu. Oleh karena itu, mengandalkan unduhan video klip di Reels jadi salah satu cara termudah dan tercepat untuk membuat video dan diunggah ke TikTok.

Tentunya kini, tanpa kemampuan untuk mengunduh klip dengan suara, pengguna dihadapkan pada dua opsi, bergantung sepenuhnya pada software pengeditan TikTok atau unggah dulu ke Instagram Reels baru mengunduhnya.

Sekadar informasi, perubahan ini muncul usai Instagram begitu giat menghadirkan tampilan yang mirip TikTok untuk membuat pengguna TikTok beralih ke platformnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Rilis Template Baru Permudah Pengeditan

Sebelumnya, Meta Facebook memperkenalkan tools baru untuk memperluas cara pengguna berkolaborasi dengan pengguna lainnya dalam menggunakan Instagram Reels.

Pembaruan ini tentunya dilakukan perusahaan sebagai bagian dari strateginya untuk bersaing dengan TikTok.

Kamu tidak hanya dapat me-remix video, tetapi juga foto di Instagram, menyuguhkan lebih banyak materi untuk digunakan. Demikian sebagaimana dilansir Engadget, Senin (25/7/2022).

Instagram juga menambahkan lebih banyak tata letak Remix untuk menyertakan green screen, layar terpisah, atau tampilan reaksi gambar picture-in-picture guna mempermudah pngguna menambahkan Reels sendiri atau Reels yang sudah ada.

Kamu bahkan dapat memilih untuk melampirkan remix ke akhir Reels asli, alih-alih memutarnya secara berdampingan. Format itu bekerja lebih baik jika kamu memiliki opini atau sanggahan yang ingin kamu publikasikan.

Selain itu, Meta meluncurkan template untuk memudahkan pembuatan Reels dengan efek audio dan video yang telah dimuat sebelumnya. Kamu hanya perlu menambahkan foto atau video ke salah satunya.

Kamu dapat melihat koleksi template dengan mengetuk ikon kamera di tab Reels. Fitur baru lainnya untuk menyaingi TikTok adalah kemampuan merekam dengan kamera depan dan belakang ponsel secara bersamaan menggunakan kamera Instagram.

Ya, akhirnya Meta mengkonfirmasi fitur yang akan mengubah semua video yang di-posting di Instagram sebagai Reels, selama durasinya kurang dari 15 menit.

(Tin/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS