Sukses

Cara Mengganti Background Zoom di Laptop dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta - Zoom menjadi salah satu aplikasi video conference paling populer sejak pandemi Covid-19 melanda dua tahun lalu hingga kini.

Seperti aplikasi video conference lainnya, pengguna Zoom diberikan kebebasan agar ruang pertemuan lebih nyaman atau mencerminkan diri mereka sendiri.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan background yang tersedia di laptop, Android, atau iPhone tanpa perlu layar hijau.

Bagaimana cara mengganti background Zoom di laptop, Android, atau iPhone? Dikutip dari Cnet, Senin (18/7/2022), cek tipsnya di bawah ini.

Laptop

1. Saat gabung Zoom meeting, klik simbol roda di laman utama Zoom untuk mengakses menu "Settings".

2. Lanjutkan dengan mengeklik Background & Effects. Kamu bisa pilih virtual background, video filters, avatars (masih versi beta).

3. Bila ingin menambahkan background sendiri, kamu bisa klik tanda plus (+). Pastikan saja kamu sudah menyediakan gambar atau wallpaper yang ingin dipasang.

4. Tak lupa, kamu bisa aktifkan opsi "I have a green screen" bilamana ingin Zoom mengenali background lebih baik. Bila tidak dipilih, maka akan direkomendasikan untuk mulai streaming dengan background warna solid.

Tablet dan HP Android

Untuk mengaktifkan background blur pada tablet dan HP Android, hanya bisa dilakukan setelah pengguna bergabung dalam sebuah video meeting. Caranya:

1. Sebelum Zoom meeting mulai, kamu akan ditampilkan menu "Join with video" dan "Join without video".

2. Di layar kiri atas, akan ada ikon opsi "Change Virtual Background".

3. Klik untuk mengubah background Zoom meeting sesuai dengan pilihan.

3. Seperti cara mengganti background Zoom di laptop, kamu dapat memilih opsi untuk menggunakan virtual background, filters, atau avatars untuk mengganti .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

iPhone dan iPad

Ilustrasi aplikasi Zoom. (Photo by Gabriel Tan on Unsplash)

Seperti di Android, pengguna iPhone dan iPad hanya bisa mengganti background setelah bergabung dalam sebuah video meeting. Caranya:

1. Sesaat sebelum masuk ke Zoom meeting, kamu akan ditampilkan menu "Join with video" dan "Join without video".

2. Di layar kiri atas, akan ada ikon opsi "Change Virtual Background".

3. Klik untuk mengubah background Zoom meeting sesuai dengan pilihan.

Perlu dicatat, ketika latar belakang blur diaktifkan, setting-an ini bakal diaktifkan di semua pertemuan mendatang.

Jika pengguna ingin menonaktifkannya, mereka harus kembali mengatur ke Setting Background klien Zoom dan mematikan blur.

3 dari 4 halaman

Aplikasi Zoom untuk Chromebook Bakal Dimatikan

Ilustrasi Zoom (sumber: Zoom)

Di sisi lain, Zoom mengumumkan akan menghentikan aplikasinya di perangkat Chromebook. Namun, mereka juga sudah mempersiapkan aplikasi penggantinya.

Mengutip 9to5Google, Senin (20/6/2022), sebuah pemberitahuan yang muncul di aplikasi Zoom untuk Chromebook, diumumkan bahwa aplikasi tersebut akan ditutup pada Agustus 2022.

"Aplikasi ini tidak akan lagi didukung secara resmi setelah Agustus 2022. Harap gunakan Zoom untuk Chrome PWA (Zoom PWA) untuk mengikuti pertemuan melalui ChromeOS," tulis pemberitahuan itu.

Aplikasi tersebut sudah tersedia selama beberapa tahun, dan menyediakan akses sederhana ke Zoom tanpa fitur tambahan. Ini membuat kemampuannya terbatas di banyak fitur. Belum lagi adanya pembaruan penting dalam beberapa waktu.

Diketahui, aplikasi Zoom untuk Chromebook dimatikan dengan alasan karena mereka dibuat di atas teknologi yang semakin tua.

Aplikasi Zoom untuk Chromebook yang lebih lawas adalah aplikasi Chrome "tradisional" yang tidak akan relevan dalam beberapa tahun mendatang, mulai dari sekarang.

4 dari 4 halaman

Beralih ke Zoom PWA

Ilustrasi wawancara online (Foto: blog.zoom.us)

Sebagai gantinya, Zoom akan meminta pengguna Chromebook beralih ke versi Progressive Web App for Chromebooks (PWA), yang telah mendapat beberapa pembaruan besar setahun terakhir. Zoom PWA sendiri memulai debutnya di 2021.

Zoom untuk Chrome PWA adalah versi yang lebih lengkap dari aplikasi asli, dan menawarkan fungsi yang lebih mirip dengan Zoom untuk Windows atau macOS.

Aplikasi ini memiliki User Interface (UI) yang familiar, di samping fitur yang lebih canggih seperti memburamkan latar belakang.

Saat diluncurkan, Zoom PWA tidak didukung beberapa fitur untuk Chromebook kelas bawah seperti Gallery View. Terdapat juga bug berupa rusaknya video feed saat itu.

Namun, Zoom telah memperbarui aplikasi PWA dengan memberikan beberapa peningkatan, membuatnya lebih baik ketimbang versi awalnya.

Pengguna Zoom tradisional di Chromebook mungkin masih dapat memakainya dalam waktu dekat, karena sepertinya aplikasi tersebut tidak akan langsung berhenti berfungsi. Namun, aplikasi tersebut pasti hanya dapat dipakai dalam waktu terbatas.

(Dam/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS