Sukses

Gampang Banget, Begini Cara Hapus Akun Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial seperti Instagram bisa jadi menghibur tetapi juga bisa sangat mengganggu hingga membuat kecanduan penggunanya.

Bagi kamu yang sudah sangat jenuh dengan Instagram, kamu bisa melakukan detoks media sosial dengan meng-unistalnya. Namun jika cara itu tidak cukup, pengguna yang sudah terlalu bosan bisa menghapus akun Instagram mereka.

Jika kamu sudah memutuskan untuk menghapus akun Instagram, berikut adalah caranya, dikutip dari The Verge, Senin (4/7/2022).

Hapus Akun Instagram via Aplikasi iOS

Cara paling mudah bagi pengguna iPhone dalam menghapus akun Instagram adalah menggunakan aplikasi. Untuk melakukannya, begini cara hapus akun Instagram di HP:

1. Buka aplikasi Instaram di iPhone

2. Masuk ke Profile

3. Tap menu garis tiga di sudut kanan atas Instagram

4. Masuk ke menu Setting/ Pengaturan

5. Pilih untuk masuk ke Accout/ Akun

6. Geser menu ke bagian bawah, akan ada tulisan Delete Accout/ Hapus Akun

7. Instagram akan membuka layar konfirmasi dengan tulisan "Deactive your account instead of deleting?"/ "Nonaktifkan akun alih-alih menghapusnya?"

Layar konfirmasi ini ditujukan untuk menanyakan ke pengguna apakah mereka sudah benar-benar yakin mau menghapus akun Instagram atau hanya ingin menonaktifkannya.

Jika sudah yakin untuk menghapus akun, pengguna bisa mengklik menu Delete Account yang ada di bagian paling bawah layar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Via Android dan Komputer

Pada aplikasi Instagram di Android, pengguna tidak bisa langsung menghapus akun Instagram mereka. Cara menghapus akun pun dilakukan melalui browser baik itu di ponsel atau komputer.

1. Pertama, masuk ke laman khusus untuk permintaan penghapusan akun Instagram, berikut ini.

2. Setelah masuk ke laman permintaan penghapusan akun, pengguna akan ditanya alasan menghapus akun mereka.

Instagram sudah memberikan opsi alasan apa saja yang bisa digunakan. Ada karena masalah privasi, terlalu banyak iklan, membuat akun baru, dan lain-lain. Pilih salah satu.

3. Setelah memilih alasan penghapusan akun, pengguna akan diminta untuk memasukkan password Instagram mereka.

Setelah memasukkan password, pengguna bisa mengklik tombol yang bertuliskan "Delete (nama akun Instagram kamu)" alias Hapus.

3 dari 4 halaman

Akun Tak Langsung Terhapus

Perlu diingat, Instagram beberapa kali menyebut ketika akun Instagram dihapus, akun tersebut tidak akan langsung terhapus.

Dalam hal ini Meta --induk Facebook dan Instagram-- akan menyimpan akun tersebut selama 30 hari. Namun, selama masa tersebut, profil dan unggahan pengguna akan disembunyikan di situs.

Jika pengguna benar-benar mau berhenti menggunakan Instagram, jangan lupa untuk menghapus aplikasi di smartphone masing-masing.

4 dari 4 halaman

Pulihkan Akun Instagram

Jika sebelum masa 30 hari tersebut pengguna ternyata ingin kembali mengaktifkan Instagram, pengguna bisa mendapatkan kembali akun mereka beserta unggahan dan DM-nya.

Untuk melakukannya cukup kembali ke Instagram dan masuk dengan password Instagram.

Pengguna pun akan melihat pesan yang mengatakan bahwa si pengguna meminta akun dihapus bersama dengan tanggal saat data dihapus.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, cukup tekan tombol "Keep Account" atau "Simpan Akun."

(Tin/Isk)