Sukses

7 Cara Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja Online

Liputan6.com, Jakarta Hingga saat ini festival belanja online menjadi salah satu strategi pemasaran yang rutin dijalankan e-commerce dengan tujuan meningkatkan penjualan produk. Berbagai promo dan penawaran menarik disiapkan oleh untuk memanjakan para konsumen.

Para penjual juga selalu menantikan pelaksanaan festival belanja online ini, termasuk festival belanja tanggal kembar karena terbukti menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan.

Festival belanja 7.7 menjadi festival belanja terdekat, seperti yang digelar Lazada Indonesia. Para penjual di platform e-commerce ini telah diberikan pembekalan agar bisa memanfaatkan momentum festival belanja 7.7 untuk meraup cuan.

SVP - Seller Operations Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro, mengatakan jelang festival belanja umumnya penjual melakukan persiapan yang lebih ekstra, termasuk dari sisi penyediaan stok produk dan jumlah karyawan untuk mengantisipasi banjirnya pesanan.

"Meski demikian, sebenarnya persiapan penjual untuk menghadapi setiap festival belanja menjadi persiapan jangka panjang dan selalu ada yang bisa menjadi pembelajaran untuk keberhasilan festival belanja berikutnya,” tutur Haikal.

Bagi kamu yang memiliki toko online di e-commerce, khususnya di Lazada, berikut tips dari Haikal untuk mempersiapan toko agar bisa cuan saat festival belanja online nanti, dikutip Senin (4/7/2022).

1. Pajang Produk Secara Menarik

Kiat paling dasar adalah pastikan produk kamu nampak menonjol dengan menampilkan produk secara jelas dan rinci, baik dalam bentuk foto maupun deskripsi produk. Gunakan latar foto yang tidak terlalu ramai dan jarak foto yang tidak terlalu jauh agar detail foto terlihat jelas.

Usahakan mengambil foto dari beragam sudut pengambilan gambar, dan juga foto ketika produk tersebut dipergunakan oleh orang.

Pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya tampak menarik, namun juga bisa ‘menceritakan’ fungsi, keunggulan, serta kualitas produk.

2. Bangun Value untuk Produk dan Toko kamu

Konsumen sering kali memilih produk berdasarkan harga produk. Oleh sebab itu, penting untuk membangun value dari produk yang kamu jual agar kamu bisa "bercerita" bahwa harga yang tertera memberikan banyak value bagi pembeli.

Perwujudan dari value di e-commerce bisa berbentuk gambar produk yang lebih serius, deskripsi produk yang “bercerita” dan menjelaskan beragam fungsi dari produk.

Tak hanya itu, kamu juga harus memberikan layanan optimal seperti menjawab chat dengan cepat maupun jaminan pengembalian yang mudah. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak sekadar menilai dari adu harga saja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Pahami Algoritma E-Commerce

Saat ini e-commerce menggunakan algoritma dan personalisasi untuk menyesuaikan antara produk dengan pencarian calon pembeli.

Untuk mendorong trafik ke toko, pastikan judul produk mewakili produk dengan baik dan mengandung kata kunci (keywords) yang sering dipakai calon pembeli saat mencari produk terkait.

Lengkapi juga detail produk termasuk warna, ukuran, bahan, dan lainnya. Pastikan juga produk kamu terdaftar di kategori produk yang benar.

Tentunya penjelasan produk pada kolom deskripsi juga harus rinci untuk mendorong terjadinya pembelian saat calon pembeli sudah masuk ke halaman produk toko kamu.

4. Manfaatkan media sosial untuk menarik trafik ke toko kamu

Biasanya sebuah toko atau brand juga memiliki akun media sosial untuk mempromosikan produk dengan basis follower yang sudah terbentuk.

Memanfaatkan media sosial toko atau brand kamu, atau bahkan media sosial pribadi kamu, bisa menjadi salah menarik pengunjung ke toko kamu.

Sampaikan berbagai promo yang ditawarkan di toko melalui akun media sosial dan jangan lupa sertakan tautan untuk memudahkan pengikut untuk dapat mengakses toko dan produk.

Cobalah untuk mengarahkan transaksi langsung dari platform eCommerce supaya terdapat catatan penjualannya di toko eCommerce kamu.

5. Bangun Penilaian dan Ulasan Baik 

Penilaian dan ulasan toko yang baik akan meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan calon pembeli terhadap toko kamu.

Oleh karena itu, pemilik toko harus berupaya mendapatkan ulasan baik dari pembeli dengan cara memberikan layanan terbaik.

Dorong pembeli agar memberikan ulasan dari setiap transaksi yang dilakukan. Selain menyapa dan mengingatkan pembeli, memberikan voucher diskon untuk pembelian berikutnya bisa menjadi salah satu cara mendorong pembeli memberikan penilaian atas produk dan layanan toko kamu.

Voucher juga bisa mendorong pembeli untuk melakukan pembelian selanjutnya.

3 dari 4 halaman

6. Manfaatkan Fitur dan Program yang Ditawarkan Platform E-commerce 

Setiap platform e-commerce memiliki berbagai fitur dan program yang bisa dimanfaatkan oleh para penjual untuk meningkatkan penjualan tokonya, seperti voucher dan gratis ongkir.

Fitur livestreaming seperti LazLive juga bisa dimanfaatkan penjual untuk mempromosikan produk secara lebih interaktif.

Jangan ragu untuk manfaatkan berbagai fitur dan program ini sesuai dengan kebutuhan toko kamu demi menjaring pelanggan lebih luas.

Bagi penjual di Lazada, jangan lupa juga untuk melakukan analisis secara lengkap dari performa toko kamu melalui dasbor interaktif Bisnis Analisis di Seller Center Lazada.

7. Terus Belajar dan Berusaha

Berjualan online bukan hal yang mudah, dan kegagalan menjadi hal yang lumrah terjadi. Pengalaman selalu menjadi guru terbaik, di mana penjual akan dapat menemukan pendekatan dan strategi terbaik untuk bisnisnya seiring dengan perjalanan usaha, termasuk dalam persiapan menghadapi festival belanja di eCommerce.

Lazada sendiri menyediakan program pelatihan Lazada University untuk penjual di Lazada dengan ribuan materi yang mudah diakses oleh penjual melalui Seller Center.

Selain itu, manfaatkan komunitas penjual Lazada di kota kamu untuk bisa mendapatkan berbagai insight berharga langsung dari para penjual yang sudah lebih dulu sukses.

4 dari 4 halaman

Infografis Hari Belanja Online