Sukses

Pasar Laptop Indonesia Mulai Pulih, Asus Targetkan Jual 1,2 Juta Unit pada 2022

Asus menyatakan akan kian agresif menggarap pasar Indonesia di tahun ini seiring dengan membaiknya pasar laptop Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Asus menyatakan akan lebih agresif untuk menggarap pasar laptop Indonesia di tahun ini. Hal itu diungkapkan oleh Head of PR Asus Indonesia Muhammad Firman dalam sesi sneak peek Asus Vivobook Slate 13 OLED.

Menurutnya, pasar laptop konsumen Indonesia saat ini sudah mulai pulih, jika dibandingkan saat awal terjadinya pandemi. Menurut Firman, hal itu dapat dilihat dari penjualan laptop tahun lalu yang sudah melampaui 2019.

Berdasarkan data, penjualan keseluruhan laptop konsumen di 2021 mencapai 2,6 juta unit dari seluruh brand. Jumlah itu jauh meningkat dari 2020 yang hanya menjual 1,7 juta unit.

"Pasar konsumen sudah kembali pulih di tahun lalu. Ini tanda positif menurut kami. Dari sisi market share, Asus juga tumbuh cukup baik dibandingkan dari kompetitor," tutur Firman menjelaskan.

Oleh sebab itu, dengan kondisi tersebut, Firman menuturkan, Asus pun menargetkan bisa meraih 50 persen pangsa pasar laptop konsumen di Indonesia dengan menjual 1,2 juta unit di 2022.

Selain segmen laptop konsumen, Asus juga menargetkan bisa meraih pangsa pasar 60 persen atau sekitar 100.000 unit untuk segmen laptop gaming. "Ini termasuk model ROG dan TUF," ucap Firman menambahkan.

Lebih lanjut Firman menjelaskan, Asus juga menargetkan bisa menjual sekitar 40.000 unit laptop untuk segmen kreator. Segmen ini memang terbilang baru, tapi dengan pertumbuhan kreator yang meningkat, ia berharap bisa mencapai target tersebut.

Untuk saat ini, menurut Firman, performa Asus di kuartal pertama terbilang baik. Dari segmen konsumen, laptop Asus berhasil menjual 233.189 unit atau sekitar 19 persen dari target keseluruhan yaitu 1,2 juta unit.

Sementara dari lini gaming, perusahaan asal Taiwan itu menjual 21.863 unit atau sekitar 20 persen dari target tahun ini, yaitu 108.000 unit. Sebagai informasi, Asus sejak awal tahun memang sudah mengumumkan sejumlah produk anyar.

Terbaru, perusahaan memperkenalkan Asus Vivobook 13 Slate OLED. Hadir sebagai laptop 2-in-1, perangkat ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan multimedia pengguna, tapi tetap mendukung produktivitasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Asus Bakal Luncurkan Laptop Detachable OLED Pertama di Indonesia

Sebelumnya, Asus mengumumkan akan segera meluncurkan laptop terbarunya di pasar Indonesia. Laptop bernama Vivobook 13 Slate OLED ini diklaim sebagai laptop detachable dengan layar OLED pertama yang hadir di Tanah Air.

Memiliki desain layar lepas pasang, Asus menghadirkan laptop ini sebagai perangkat menikmati konten multimedia yang juga bisa dipakai untuk mendukung produktivitas pengguna, tanpa perlu membawa banyak perangkat.

"Kami memang merancang laptop ini sebagai perangkat versatile. Jadi, bisa untuk menonton multimedia, tapi juga bisa dipakai untuk produktivitas," tutur Technical Public Relations Asus Indonesia, Riandanu Utomo saat sesi sneak peek, Jumat (3/6/2022).

Laptop ini hadir dengan keyboard berukuran penuh dan memiliki cover stand yang memiliki engsel 170 derajat. Asus Vivobook 13 Slate OLED dibekali layar sentuh dan mendukung penggunaan stylus dengan teknologi MPP 2.0.

Laptop ini menggunakan layar Asus OLED berukuran 13,3 inci yang memiliki kemampuan untuk menampilkan warna lebih kaya dan akurat, tampilan jernih pada tingkat kecerahan yang rendah, serta detail warna yang sangat baik.

Danu menuturkan, laptop ini memiliki rasio layar 16:9 untuk bisa mengoptimalkan tampilan sinematik saat menonton konten multimedia. Layar ini juga memiliki sertifikasi VESA Display HDR dan TÃœV Rheinland.

Vivobook 13 Slate OLED dibekali dengan empat speaker yang sudah didukung pula dengan fitur Dolby Atmos. Asus juga membenamkan fitur Smart Amplifier untuk menghasilkan audio yang lebih kaya dan jernih.

Sebagai tambahan, Asus juga membekali laptop ini dengan fitur Asus WiFi Master untuk konektivitas lebih stabil dan andal. Rencananya, Asus Vivobook 13 Slate OLED akan diperkenalkan di Indonesia pada 30 Juni 2022.

Oleh sebab itu, untuk sekarang, informasi mengenai harga dan spesifikasi lebih lengkap mengenai Vivobook 13 Slate OLED belum diumumkan, dan baru akan diungkap pada saat acara peluncuran.

3 dari 5 halaman

Asus Bakal Meluncurkan Laptop Bisnis dengan Konektivitas 4G dan 5G di Indonesia

Tidak hanya itu, Asus juga mengumumkan akan meluncurkan laptop bisnis yang mendukung konektivitas 4G dan 5G untuk pasar Indonesia. Laptop tersebut adalah ExpertBook B3 Flip yang mendukung 4G dan ExpertBook B7 Flip yang mendukung jaringan 5G.

Menurut Asus Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin, ExpertBook sejak awal memang dirancang untuk produktivitas dan mobilitas. Karenanya, kali ini seri ExpertBook hadir dengan dukungan konektivitas 4G dan 5G.

Kedua laptop tersebut sudah dilengkap dengan modem 4G dan 5G yang terintegrasi, sehingga dapat langsung terhubung dengan jaringan seluler. Oleh sebab itu, kedua laptop ini dapat terhubung secara mandiri dengan internet, tanpa perlu mengandalkan WiFi.

ExpertBook B3 Flip dan ExpertBook B7 Flip memiliki desain konvertibel yang fleksibel untuk berbagai skenario penggunaan. Ukuran keduanya yang ringkas dan tipis ditambah bodi ringan membuatnya mudah dibawa bepergian.

Untuk menjamin daya tahannya, kedua laptop sudah mengantongi sertifikasi uji ketahanan berstandar militer MIL STD-810H. Tidak hanya itu, keyboard kedua laptop ini juga tahan terhadap tumpahan air dan port yang memiliki rangka konstruksi yang meningkatkan daya tahannya.

Dalam hal spesifikasi, ExpertBook B3 Flip dan ExpertBook B7 Flip memiliki port Thunderbolt 4 USB Type-C. Namun, Asus belum mengungkap spesifikasi lengkap dari kedua laptop ini.

Rencananya, Asus akan resmi memperkenalkan kedua laptop tersebut pada 7 Juni 2022. Untuk itu, informasi lebih lengkap mengenai kedua laptop ini akan diketahui saat peluncuran.

4 dari 5 halaman

Asus Luncurkan Zenbook 14X OLED, Harga Rp 24 Juta

Asus juga resmi memperkenalkan Zenbook 14X OLED (UX5400) untuk pasar Indonesia. Laptop portable dengan layar OLED 14 inci ini turut dilengkapi dengan ScreenPad 2.0.

Laptop ini merupakan seri terbaru dari lini Zenbook Classic yang hadir dengan berbagai penambahan fitur serta dibekali performa mumpuni dengan desain yang ringkas dan ringan.

"Melalui Zenbook 14X OLED terbaru, Asus tidak hanya sekadar memberikan pengalaman penggunaan terbaik lewat performa komputasi andal serta desain premium yang nyaman," tutur Asus Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (7/2/2022).

Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki ketebalan 16,9mm dan bobot 1,4kg. Hadir dengan teknologi NanoEdge Display, laptop dengan ukuran 14 inci memiliki dimensi bodi laptop 13 inci.

Meski tampil ringkas, laptop Asus ini didesain memiliki ketahanan yang baik karena sudah mengantongi sertifikasi MIL-STD 810H. Laptop ini juga memiliki kemampuan 180 derajat Ergolift Hinge, sehingga laptop ini dapat dibuka hingga 180 derajat.

Laptop ini dipersenjatai Intel Core Gen 11 yang didukung GPU NVIDIA GeForce MX450. Untuk menyokong kemampuan multitasking, Asus menyertakan RAM hingga 16GB dan media penyimpanan PCIe SSD hingga 1TB.

Zenbook 14X OLED (UX5400) juga memiliki opsi konektivitas yang lengkap, mulai dari HDMI 2.0, USB 3.2 Gen2 Type-A, hingga microSD dan 3,5mm combo audio jack. Laptop ini juga dibekali dengan dua port USB Type-C Thunderbolt 4.

Sementara untuk konektivitas nirkabel, laptop ini sudah mendukung WiFi 6. Sebagai penunjang performanya, Asus membenamkan baterai berkapasitas 63Whr dan kemampuan fast charging dengan kemampuan pengisian baterai hingga 50 persen dalam 30 menit.

Laptop ini hadir dengan pilihan warna lilac mist dan pine grey, serta menjalankan Windows 10 Home. Asus membanderol laptop ini dengan harga Rp 23.999.000. 

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.