Sukses

Startup Online Grocery Titipku Perluas Cakupan Layanan di Pasar Bekasi dan Tangerang

Liputan6.com, Jakarta - Startup online grocery, Titipku, mengumumkan ekspansinya ke beberapa pasar di dua wilayah Indonesia yaitu Tangerang dan Bekasi. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan demi kepuasan para pelanggan.

Mulai April 2022, Titipku telah menambah layanan di empat pasar baru di wilayah Bekasi dan dua pasar baru di wilayah Tangerang.

Empat pasar baru di Bekasi tersebut adalah Pasar Rawa Lumbu, Pasar Tanah Merah Narogong, Pasar Modern Plaza Roxy, dan Pasar Tradisional Pulo Galaxy.

Sementara, dua pasar baru di wilayah Tangerang yang baru saja bergabung dengan Titipku adalah Pasar Tradisional Sipon Cipondoh dan Pasar Kebon Besar.

Yanuar Rusdianto, Head of Merchant & Partnership Titipku dalam siaran persnya mengatakan, pasar di Bekasi dan Tangerang yang baru bergabung ini, berasal dari permintaan pelanggan dan hasil riset timnya.

"Titipku selalu mendengar suara pelanggan, oleh karenanya kami mengambil beberapa permintaan penambahan pasar dari pelanggan untuk jadi bahan pertimbangan perluasan area kami," kata Yanuar, dikutip Rabu (18/5/2022).

Yanuar menambahkan, pasar-pasar tersebut sudah mereka kunjungi dan lakukan riset, sebelum diputuskan masuk ke dalam platformnya.

Adapun, salah satu indikator yang dijadikan penilaian apakah suatu pasar bisa masuk ke Titipku atau tidak adalah kelengkapan produk dan kesegaran produk yang dijual.

"Kelengkapan produk ditekankan agar para pelanggan bisa melakukan one stop shopping di satu pasar. Sementara, kesegaran produk ditekankan karena Titipku ingin memberikan yang terbaik pada pelanggan," kata Yanuar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Proses Penambahan Lebih Lancar

 

Yanuar mengklaim, proses penambahan pasar di Bekasi dan Tangerang sudah jauh lebih lancar daripada sebelumnya.

"Penambahan area pasar di Tangerang saat ini lancar dan hampir tidak ada hambatan. Hal ini dikarenakan nama Titipku sudah semakin dikenal warga dan sesama pedagang," kata Yanuar.

Lebih lanjut, menurut Titipku, ada dua hal penting yang bisa mempengaruhi keputusan pelanggan selain harga dan promo, yaitu garansi dan aksesibilitas aplikasi.

Penelitian Shafayet Ullah dari Southeast University dan Rifayat Islam menunjukkan, jaminan garansi berperan penting dalam memberikan jaminan produk dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Garansi adalah sumber kekuatan pasar bukan karena adanya jasa perbaikan secara aktual, tetapi karena memberi persepsi pada pelanggan bahwa perusahaan bersedia melakukan perbaikan yang diperlukan.

Sementara, aksesibilitas terhadap aplikasi juga dinilai penting. Woocommerce menyebutkan, proses mengakses aplikasi pada tiap konsumen berbeda-beda.

Beberapa konsumen lama mengakses aplikasi karena wilayahnya belum tersentuh sinyal internet secara baik, dan ada juga yang hanya punya waktu untuk membuka di jam-jam tertentu.

 

3 dari 4 halaman

Tawarkan Fitur Garansi

Melihat ini, Chief Marketing Officer Titipku, Faradhita Delicia mengatakan, mereka berkomitmen untuk memberi fitur garansi dan memberikan aplikasi yang bisa diakses banyak pelanggan.

"Selain kami melatih Jatiper tentang cara memilih produk, kami juga tetap menyediakan garansi, mengingat produk yang tersedia di Titipku kebanyakan adalah produk segar yang murah rusak atau tidak segar," kata Delicia.

Maylinda Permata Kasih, Manager of Customer Experience mengatakan, untuk mengajukan garansi, pelanggan bisa menghubungi nomor resmi Customer Service Titipku, dan menyampaikan kondisi produk belanjaan yang diterima dan foto.

"Jika kondisi dan foto sesuai dengan syarat dan ketentuan, maka produk akan di retur/refund sesuai keinginan konsumen," kata Maylinda.

Adapun, produk yang bisa mendapat garansi adalah produk yang tidak segar, produk sayuran layu, gramasi atau berat produk yang kurang, serta produk yang tidak lengkap.

 

4 dari 4 halaman

Dapat Diakses 24 Jam

Titipku juga mengatakan, aplikasinya sudah dapat diakses selama 24 jam sehari. Para pelanggan di Jabodetabek dapat membuka aplikasi dan berbelanja kapan pun yang mereka mau.

Pelanggan juga dapat menentukan waktu pengantaran belanjaannya secara mandiri, dan Jatiper atau mitra Titipku yang akan menerima pesanan, akan mengikuti jam pengantaran yang sudah ditentukan.

"Aplikasi Titipku bisa diakses kapanpun. Mau memproses belanjaan tengah malam pun tidak masalah. Namun, untuk waktu pengantaran yang ada di pengaturan biasanya mengikuti jam operasional pasar," pungkas Maylinda.

Titipku sendiri adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya berbelanja dari pasar tradisional, pasar modern, maupun supermarket terdekat secara daring dan sudah tersedia di Google Playstore maupun Apple App Store.