Sukses

Samsung Kembangkan Lensa Kamera 200MP untuk Galaxy S23 Ultra?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikabarkan tengah mengembangkan lensa kamera 200MP untuk mendukung fitur kamera smartphone flagship-nya yang akan datang, Galaxy S23 Ultra.

Sekadar informasi, selama dua tahun terakhir, modul lensa kamera tertinggi untuk smartphone flagship adalah 108MP.

Menurut Business Korea, ada dua perusahaan yang bertanggung jawab untuk pengembangan modul kamera 200MP ini, yakni Samsung Electronics dan Samsung Electro-Mechanics.

Mengutip Gizchina, Selasa (10/5/2022), Samsung Electronics akan menyumbang sekitar 30 persen dari proses produksi. Sementara Samsung Electro-Mechanics mengontrol 70 persen dari output produk inti.

Menariknya, Samsung Electronics menjadi perusahaan teknologi pertama yang mengembangkan lensa 200MP untuk smartphone terbarunya. Memang belum ada kepastian apakah lensa 200MP itu akan dipakai untuk Galaxy S23 Ultra, namun karakteristik kamera seperti itu mungkin bakal cocok dengan perangkat flagship terbaru Samsung.

Terlepas dari itu, calon kompetitor Galaxy S23 Ultra, iPhone 14 yang kabarnya rilis tahun 2022 ini disebut-sebut akan hadir dengan peningkatan di sektor kamera.

Awal tahun depan, Samsung mungkin merilis smartphone flagship Galaxy S23 Ultra dengan kamera 200MP-nya. Untuk pertama kalinya dalam empat tahun, Samsung memperbarui karakteristik kamera di smartphone-nya.

Sekadar informasi, belum lama ini, fitur kamera Galaxy S22 ditambahkan ke Galaxy S21, Galaxy S20, Galaxy Note 20, dan Galaxy Z series.

Galaxy S22 series menerima sejumlah fitur kamera eksklusif. Kini Samsung mengumumkan, pihaknya membawa sejumlah fitur terbaru tersebut ke sejumlah ponsel yang sudah dirilis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 4 halaman

Tambahkan Fitur Kekinian di Smartphone yang Sudah Dirilis

Galaxy S20, Galaxy S21, Galaxy Note20, Z Fold 2, Z Fold 3 series mendapatkan peningkatan di sisi portrait malam hari. Fitur tersebut memungkinkan pengguna memakai lensa telephoto pada mode portrait untuk fotografi malam hari.

Tidak hanya itu, Galaxy S21, S21 FE series, Z Flip 4G/5G, Z Fold 2, Z Fold 3 juga mendapatkan peningkatan atau penambahan fitur auto-framing.

Fitur ini dipakai untuk memperbesar, memperkecil, dan menggeser agar bisa lebih banyak orang masuk dalam frame serta berdiri hingga lima meter dalam bingkai. Fitur auto framing sudah tersedia di perangkat smartphone Samsung foldable, Samsung pun meningkatkan fungsionalitas fitur ini pada Galaxy S21.

Ada pula peningkatan efek panggilan video untuk Galaxy S20, S20 FE, Galaxy Note 20 series, Galaxy S21, S21 FE, Z Flip 4G/5G, Z Flip 3, Z Fold 2, dan Z Fold 3. Sementara, dukungan untuk Galaxy S10, S10 Lite, Galaxy Note 10, dan Note 10 Lite akan tiba pada paruh pertama tahun 2022.

Fitur ini berfungsi dengan aplikasi pihak ketiga dan menambahkan penggantian latar belakang serta kontrol mikrofon ke panggilan.

3 dari 4 halaman

Fitur Kamera Galaxy S22

Samsung sebelumnya mengumumkan, akan menghadirkan fitur kamera di Galaxy S22 series pada smartphone yang dirilis sebelumnya. Namun, tidak semua fitur akan diturunkan ke model lain. Beberapa peningkatan dan fitur hanya tersedia untuk sejumlah model saja.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai fitur kamera Galaxy S22 berikut model HP Samsung yang akan menerimanya, simak penjelasannya berikut ini :

1. Peningkatan Portrai Malam Hari : lini Galaxy S20, lini Galaxy S21, lini Galaxy Note20, Galaxy Z Fold2, dan Galaxy Fold3.

2. Fungsi Auto-Frame yang Ditingkatkan : lini Galaxy S21 termasuk Galaxy S21 FE, Galaxy Z Flip 4G/5G, Galaxy Z Fold2, dan Galaxy Fold 3.

Fitur ini memungkinkan kamera menjadi besar dan kecil tergantung jumlah orang dalam frame yang ditangkap. Fitur ini sudah hadir di seri foldable Samsung, tapi ditingkatkan kemampuannya. Sementara untuk model Galaxy S21, ini menjadi fitur baru.

4 dari 4 halaman

Fitur Kamera Lainnya

3. Peningkatan Efek Video Call : lini Galaxy S20 termasuk Galaxy S20 FE, lini Galaxy Note20, lini Galaxy S21 termasuk Galaxy S21 FE, Galaxy Z Flip 4G/5G, Galaxy Z Flip3, Galaxy Z Fold2, serta Galaxy Z Fold3.

Selain deretan smartphone tersebut, lini Galaxy S10 termasuk Galaxy S10 Lite dan lini Galaxy Note10 ditambah Galaxy Note10 Lite akan mendapatkannya pada paruh pertama 2022.

Fitur ini meningkatkan kemampuan video call dengan aplikasi pihak ketiga, sehingga pengguna bisa mengatur latar belakang dan mengontrol mikrofon saat melakukan panggilan. Beberapa aplikasi yang mendukung adalah Google Duo, Google Meet, Messenger, WhatsApp, termasuk Zoom.

4. Efek Auto-Framing untuk Video Call: lini Galaxy S21 termasuk Galaxy S21 FE, Galaxy Z Flip 4G/5G, Galaxy Z Fold2, Galaxy Z Fold.

Fitur ini akan mengaktifkan kemampuan auto-frame saat melakukan panggilan video. Jadi, kamera akan mengikuti pergerakan pengguna saat melakukan video call.

5. Peningkatkan Kualitas Kamera untuk Aplikasi Pihak Ketiga : lini Galaxy S21 termasuk Galaxy S21 FE, Galaxy Z Flip3, serta Galaxy Z Fold3.

Seperti diketahui, kamera lini Galaxy S22 sudah dioptimalkan untuk pemrosesan dengan aplikasi pihak ketiga, seperti Instagram, TikTok, dan Snapchat. Dan, kemampuan tersebut kini akan dibawa untuk model yang lebih lawas.

(Tin/Ysl)