Sukses

Gamer Tamatkan Game Elden Ring Hanya dalam Waktu 12 Menit 13 Detik

Liputan6.com, Jakarta - Perebutan takhta sebagai speedrunner tercepat yang menamatkan game paling populer saat ini buatan FromSoftware dan Bandai Namco, Elden Ring, semakin panas.

Setelah speedrunner Distortion2 sukses menamatkan game Elden Ring dalam waktu 18 menit 57 detik, gamer lain bernama Mitchriz berhasil memangkas waktu tersebut dengan cukup jauh.

Memanfaatkan zip glitch, Mitchriz berhasil memecahkan rekor dunia speedrun dengan waktu 12 menit 32 detik dan hanya melawan 1 bos di dalam game Elden Ring ini.

Selang beberapa waktu kemudian, Distortion2 kembali mencatatkan namanya sebagai speedrunner Elden Ring tercepat di dunia dengan selisih waktu 19 detik dari Mitchriz, yaitu dengan waktu 12 menit 13 detik.

Bagaimana caranya Distortion2 dapat menamatkan game yang disebut-sebut memiliki tingkat kesulitan tinggi?

Dikutip dari Dot Esports, Senin (11/4/2022), Distortion2 memanfaatkan metode sama yang digunakan oleh Mitchriz dengan memanfaatkan zip glitch sehingga dapat melewati sebagian besar game dan bos di Elden Ring.

Zip glitch ini ditemukan oleh gamer, dan memungkinkan speedrunner Elden Ring untuk bergerak di map dengan cepat. Namun, cara ini membutuhkan timing sempurna dan juga mengandalkan faktor keberuntungan saat dilakukan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cuman Lawan 1 Bos di Elden Ring

Elden Ring puncaki daftar paling banyak di wishlist di Steam. (Doc: From Software)

Dikombinasikan dengan zip glitch, senjata pilihan Icerind Axe, dan Ash of War Hoarfrost Stomp, Distortion2 dapat melakukan speedrun-nya dengan lebih mulus hingga ke area Crumbling Farum Azula.

Saat di area Crumbling Farum Azula, Distortion2 menggunakan zip glitch dua kali untuk dapat mencapai tempat Maliketh, tempat bos area terakhir berada. Dia menjadi satu-satunya bos yang dilawan selama speedrun berlangsung.

Setelah mengalahkan Maliketh, game pun berlanjut ke Leyndell yang kini tertutup abu. Distortion2 lanjut bermain dengan berpindah ke pintu masuk Great Erdtree.

Tak berhenti di situ, dia pun kembali melakukan zip glitch terakhir untuk melewati bos terakhir di dalam game. Dengan ini, dirinya akan berada jauh di luar batas utara dan terjatuh keluar peta.

Saat jatuh cukup jauh, pertarungan dengan Elden Beast pun terjadi. Karena berada jauh dari area bertarung, bos tersebut ikutan jatuh dari peta. Setelah kalah, Distortion2 hanya perlu interaksi dengan Radagon di Elden Throne untuk menamatkan game.

 

3 dari 4 halaman

Tamatkan Elden Ring dalam Waktu Kurang dari 20 Menit

Hacker rusak file save pemain Elden Ring di PC Windows. (Doc: Ubergizmo)

Sebelumnya, Distortion2 menjadi gamer speedrun pertama di dunia yang menamatkan game Elden Ring hanya dalam waktu 18 menit 57 detik.

Dikutip dari The Verge, Rabu (30/3/2022), Distortion2 menggunakan taktik dengan mengeksploit game dan skill dirinya untuk speedrun Elden Ring dalam waktu cepat.

"Pakai metode force quits dan glitch 'zipping'," sebagaimana ditulis Distortion2 dalam kolom komentar video YouTube-nya.

Distortion2 menggunakan cara melompat dari tepi tebing sampai mati, sebelum melakukan glitching untuk melakukan perjalanan ke lokasi lain.

Sesampai di sana, dia berlari melintasi tepian dan jalan pintas, serta melesat melewati musuh untuk menjarah item tertentu dan mengambil upgrade.

Sebelum rekor baru ini, speedrunner butuh 15 jam dan "berkali-kali gagal," tulis Distortion2 dalam komentar, untuk akhirnya mencapai yang satu ini.

 

4 dari 4 halaman

Speedrun Elden Ring

Gameplay dari Elden Ring (YouTube Bandai Namco Europe)

Sejak FromSoftware dan Bandai Nama merilis game ini, beberapa speedrunner selalu menemukan cara baru untuk menamatkan Elden Ring dalam waktu singkat.

Dua minggu lalu, Distortion2 memposting speedrun di bawah 30 menit.

Berhubung masih baru sebulan dirilis, tampaknya akan semakin banyak lagi speedrunner menamatkan game ini dengan unik dan lebih cepat lagi.

(Ysl/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS