Sukses

Uji Layak Operasional 5G Smartfren Digelar April 2022

Liputan6.com, Jakarta - Smartfren berencana melakukan Uji Layak Operasional (ULO) 5G pada akhir April atau awal Mei 2022.

"Sebelum komersialisasi 5G, langkah pertama adalah Uji Layak Operasional (ULO) bersama Kemkominfo, sekitar April atau Mei, tergantung jadwal dari Kemkominfo," kata VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat dalam Media Update mengenai Kesiapan Jaringan Smartfren jelang Ramadan dan Idulfitri 2022 di Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Agus mengatakan, Smartfren sudah siap untuk menggelar 5G dari sisi jaringan hingga infrastrukturnya. Baik itu BTS yang siap dengan teknologi 5G sebagai ujung site hingga core network.

“Setelah ULO, area mana saja (yang akan dicover 5G) kami tidak akan massive tetapi area tertentu. Sebab, kalau ekosistem belum siap tidak akan efisien,” katanya.

Lebih lanjut, Agus memaparkan use case 5G yang akan dijalankan Smartfren lebih mengatah ke Internet of Things, sektor infustri, hingga manufaktur. Terlebih, Smartfren sebagai anak usaha Sinarmas ini bisa memasok jaringan 5G untuk mendorong otomatisasi manufaktur di pabrik-pabrik Sinarmas.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Digelar di Frekuensi 2,3GHz

Proses optimasi BTS yang dilakukan Smartfren. (Foto: Smartfren)

Sebelumnya Agus mengatakan, penggelaran 5G akan dilakukan di frekuensi 2,3GHz. Menurutnya, nantinya 5G akan digelar dalam berbagai use case, namun yang utama adalah untuk mendukung smart manufacture.

Agus mengatakan, Smartfren adalah operator pertama yang melakukan pengujian 5G di tahun 2019. Pengujian dilakukan di salah satu site manufaktur Sinarmas di Marunda, Jakarta Utara.

Selanjutnya, di tahun 2021, Smartfren juga menggelar uji coba 5G di frekuensi millimeter wave (mmWave) bertempat di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta.

"Kami telah mengujikan 5G di beberapa use case, terakhir di Sabang tahun 2021. Speed kami luar biasa untuk 5G, menggunakan frekuensi 28GHz millimeterWave," katanya.

(Tin/Ysl)