Sukses

Review Realme GT 2 Pro: Desain Inovatif, Asyik Buat Nge-game dan Hunting Foto

Setelah menjajal Realme GT 2 Pro selama beberapa hari, kami kira smartphone ini dapat dipertimbangkan oleh mereka yang ingin menjajal ponsel flagship.

Liputan6.com, Jakarta - Dari tahun ke tahun, pabrikan smartphone terus berinovasi dalam menggulirkan produknya. Tentu, ini sudah menjadi keharusan bagi mereka di tengah kompetisi pasar yang semakin ketat.

Menjelang penutupan kuartal pertama tahun 2022 ini, Realme GT 2 Pro menggebrak pasar flagship. Smartphone ini mengusung konsep ramah lingkungan dan hadir dengan peningkatan signifikan di kamera.

Selain kamera, Realme GT 2 Pro juga siap bersaing di pasar dengan penggunaan chipset teranyar dari Qualcomm sebagai dapur pacunya, yakni Snapdragon 8 Gen 1.

Kira-kira, dengan harga di rentang Rp 9 jutaan, apakah ponsel ini betul-betul layak dibeli? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel review Tekno Liputan6.com berikut ini.

Desain

Realme GT 2 Pro - Tampak Belakang

Desain Realme GT 2 Pro memakai bahan polimer bio yang diklaim pertama di industri. Pada praktiknya, perusahaan menggandeng perancang industri ternama Naoto Fukasawa. Disebutkan bahwa desain ponsel ini bernama paper Tech Master Design yang terinspirasi dari The Future in Paper.

Di sebelah kanan atas kamu akan mendapati tanda tangan dari sang desainer. Sebetulnya, bagian ini tidak begitu penting dan menjadi added-value, tetapi kami pikir, ini adalah upaya Realme untuk  menegaskan konsep desain yang mereka usung.

Unit yang kami review adalah varian warna putih. Secara umum, pemilihan bahan polimer bio di bagian belakang Realme GT 2 Pro menimbulkan kesan unik.

Pada umumnya, ponsel-ponsel flagship memiliki bodi belakang berbahan metal atau kaca. Namun di aspek ini, Realme GT 2 Pro terlihat berupaya mendobrak arus utama di pasar dengan menerapkan permukaan bertekstur.

Secara umum, tekstur ini terasa nyaman di genggaman tangan dan pengguna tak perlu khawatir ponsel ini licin dan tergelincir dari tangan.

Desain Realme GT 2 Pro adalah hasil kerja sama dengan perancang Naoto Fukasawa

Realme bekerja sama dengan Sabic untuk membuat casing berbahan polimer bio yang disebut pertama di dunia ini. Material bersertifikasi ISCC (salah satu sistem sertifikasi ternama untuk keberlanjutan dan emisi gas rumah kaca) ini diklaim menghasilkan 35,5 persen lebih sedikit emisi karbon, jika dibandingkan dengan bahan serupa non-bio.

Secara kolektif, penggunaan material ini disebut menurunkan 63 persen emisi karbon untuk setiap kilogram.

Memang, paduan warna dan material ini sangat mungkin menyebabkan ponsel mudah kotor. Namun, semestinya itu tidak jadi kendala, mengingat membersihkan noda kotor dari bodi belakang Realme GT 2 Pro cukup mudah.

Di samping kiri terdapat tombol volume; di samping kanan ada tombol power; di bagian bawah ada speaker, port untuk USB Type C, dan penampang kartu.

Terdapat tiga lensa kamera di sisi kiri atas di bodi belakang ponsel ini; dua lensa berukuran besar dan satu lensa lebih mungil.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Layar

Realme GT 2 Pro dibekali dengan layar AMOLED 2K dengan bentang 6,7 inci (17,02 cm). Di tepi kiri atas layar tersemat satu lensa kamera depan dengan model hole-punch untuk keperluan pengambilan gambar atau video dari depan.

Rasio layar terhadap bodinya mencapai 92,6 persen. Meski bukan yang tertinggi di kelasnya, rasio ini terbilang pas untuk menampilkan ponsel dengan bezel tipis nan premium.

Perusahaan menggunakan LTPO 2.0, sehingga layar Realme GT 2 Pro memiliki refresh rate adaptif 1-120Hz dan 50 persen lebih hemat energi.

Lebih lanjut, layar ponsel memiliki touch sampling rate hingga 1000Hz instant touch sampling. Angka itu termasuk sangat tinggi karena di pasaran, baru ada beberapa model ponsel yang memiliki touch sampling rate setinggi itu.

Tingkat kecerahan layarnya mencapai hingga 1400 nits dengan rasio kontras 5,000,000 : 1. Secara sederhana, rasio kontras dapat didefinisikan sebagai perbandingan antara kecerahan maksimum dan minimum. Dengan kata lain, semakin tinggi rasio kontras, semakin baik tampilan suatu layar.

Sejauh ini menurut pengalaman kami menonton video dan memainkan mobile games di Realme GT 2 Pro, kami sangat dimanjakan secara visual oleh kualitas layar ponsel tersebut. 

3 dari 7 halaman

Dapur Pacu

Sebagai ponsel flagship, Realme GT 2 Pro ditopang dapur pacu Snapdragon 8 Gen 1 dengan arsitektur 4nm, yang disebut 20 persen lebih cepat dan 30 persen lebih hemat daya.

Di aspek koneksi, Snapdragon 8 Gen 1 menawarkan kecepatan koneksi mobile hingga 10Gbps, berkat Snapdragon X65 5 Modem-RF System generasi keempat. Di samping itu, Snapdragon 8 Gen 1 juga mendukung Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System untuk kecepatan Wi-Fi hingga 3,6Gbps, melalui Wi-Fi 6 dan 6E.

Dari sisi pemrosesan gambar, Qualcomm membekali chipset ini dengan ISP 18-bit pertama yang pernah dibuat untuk perangkat mobile. Teknologi ini mampu menangkap warna dan kejernihan luar biasa dalam foto dan video dalalm format 8K HDR.

Untuk keperluan gaming, chipset ini menyajikan respons sangat halus dan tampilan dengan HDR kaya warna berkualitas. Sebagai pelengkap, GPU Qualcomm Adreno terbaru generasi keempat menjanjikan peningkatan 30 persen dalam kemampuan rendering grafis dan 25 persen peningkatan penghematan daya, jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Snapdragon 8 Gen 1, berkat Frame Motion Engine, dapat memproduksi frame dua kali lebih banyak dengan tetap mempertahankan konsumsi daya yang sama.

Ada pula Variable Rate Shading Pro untuk kontrol lebih baik bagi pengembang dalam menyempurnakan performa mobile game yang mereka garap. Tak lupa, bagi mereka yang sangat mengagumi tampilan visual, terdapat Render Volumetrik tingkat desktop untuk produksi tampilan visual lebih nyata.

4 dari 7 halaman

Performa

3DMARK

Salah satu pengujian yang kami tempuh untuk mengetahui performa Realme GT 2 Pro adalah menjalankan aplikasi 3DMARK. Di aplikasi ini, kami menjajal Wild Life dan Wild Life Extreme Stress Test.

Pada pengujian Wild Life, kami menjajal tiga kali percobaan dengan skor 9.511, 9.531, dan 9.438. Capaian terbaik Realme GT 2 Pro di 3DMARK untuk Wild Life menempatkan ponsel ini di daftar 10 besar, tepatnya pada peringkat ke-7, dengan skor 9.621. Ia terpaut dari Lenovo Legion Y90 di peringkat pertama dengan selisih 535.

Realme GT 2 Pro - Hasil pengujian di 3DMark

Sementara pada Wild Life Stress Test, perangkat ini meraih Loop Score tertinggi 2.566 dan terendah 1.612. Stabilitas yang dicapai untuk 20 kali Loop di stress test ini ada di mencapai 62,8 persen.

Realme GT 2 Pro - Hasil pengujian di 3DMark

Selama proses pengujian Wild Life Stress Test berjalan, temperatur baterai mengalami peningkatan relatif stabil.

Secara kasar, ponsel terasa hangat; secara faktual menurut data yang terekam ketika pengujian berlangsung, terjadi perubahan suhu dari 34 derajat ke 46 derajat Celcius. Angka itu masih berada di ambang batas awal overheating yang dapat ditoleransi.

Call of Duty: Mobile dan Genshin Impact

Selain itu, pengujian lainnya kami tempuh dengan memainkan dua mobile games. Pertama, kami memainkan Call of Duty: Mobile. Seperti kami telah duga sebelumnya, ponsel ini mendukung setelan rata kanan untuk memainkan permainan first-person shooter tersebut.

Setelan rata kanan Call of Duty: Mobile di Realme GT 2 Pro

Kami memainkan Ranked Match di Call of Duty: Mobile selama lima kali. Selama itu, tak ada kendala sedikit pun yang kami alami; Realme GT 2 Pro memberikan performa terbaiknya dalam menjalankan Call of Duty: Mobile.

Tak berhenti di situ, kami menyiksa Realme GT 2 Pro untuk memainkan Genshin Impact. Hasilnya, permainai ini bisa dimainkan dengan setelan rata kanan secara lancar. Kekhawatiran kami bahwa permainan ini akan terasa laggy atau patah-patah tidak terbukti.

Setelan rata kanan Genshin Impact di Realme GT 2 Pro

Sedikit catatan kami adalah temperatur ponsel sedikit hangat selama permainan berlangsung, tetapi masih dalam batas wajar, tidak sampai panas berlebih (overheat).

Pengalaman ini, menurut kami, bisa dicapai berkat sistem pendingin ponsel dengan luas permukaan 36,761 milimeter persegi yang menurut catatan perusahaan, mampu meningkatkan efisiensi hingga 25 persen.

5 dari 7 halaman

Kamera

Mode Normal

Hasil Kamera Realme GT 2 Pro - Normal

Pada foto tanaman di atas, detail diproduksi dengan cukup baik; sebut saja gradasi warnanya, kepala sari, kelopak bunga, dan tetesan air di kelopak bunga ditampilkan dengan apik.

Lensa 50 MP

Hasil Kamera Realme GT 2 Pro - Lensa 50MP

Hasil jepretan lensa 50MP pada objek jarak dekat tampak memuaskan. Misalnya, pada foto building block di atas, detail goresan-goresan halus pada permukaannya tampak jelas. 

Hasil Kamera Realme GT 2 Pro - Lensa 50MP - Tanpa Pembesaran

Hasil Kamera Realme GT 2 Pro - Lensa 50MP - Pembesaran 5x

Hasil Kamera Realme GT 2 Pro - Lensa 50MP - Cropping

Lensa 50 MP juga bekerja dengan istimewa untuk objek foto pada jarak jauh. Sebagai contoh, tiga foto di atas diambil dengan setelan berbeda, yaitu 50MP - normal, 50MP - 5x pembesaran, 50MP - cropping.

Gunung pada foto ketiga pada dasarnya adalah hasil cropping foto pertama dan secara umum, kualitasnya cukup baik. 

Fisheye

Hasil Kamera Realme GT 2 Pro - Fish EyeHasil Kamera Realme GT 2 Pro - Fish Eye

Satu mode foto bawaan lainnya di Realme GT 2 Pro adalah sudut pandang eyefish. Hasil dari mode ini termasuk memuaskan dan patut dipertimbangkan bagi mereka yang senang mengambil foto dengan sudut pandanga unik seperti fish eye.

Mikroskop

Hasil Foto Realme GT 2 Pro - Mode Mikroskop pada kulit tanganHasil Foto Realme GT 2 Pro - Mode Mikroskop pada celana jeansHasil Foto Realme GT 2 Pro - NormalHasil Foto Realme GT 2 Pro - Mode Mikroskop pada daun tanaman Caladium

Di saat sebagian besar pabrikan berlomba-lomba merilis ponsel dengan kemampuan zooming maksimum, Realme GT 2 Pro mencoba berbeda dengan menawarkan mode mikroskop. Seperti namanya, lewat mode ini, pengguna dapat mengambil foto dalam skala mikro dengan penggunaan zooming 20 kali.

Cara kerja mode ini mirip dengan mikroskop sebetulnya; pengguna hanya perlu mendekatkan lensa kamera pada jarak 1 hingga 3 mm dari objek yang hendak diambil fotonya hingga menemukan preview terbaik dari objek tersebut.

Night Mode

Hasil Kamera Realme GT 2 Pro - Night Mode

Hasil Kamera Realme GT 2 Pro - Night Mode 

Hasil Kamera Realme GT 2 Pro - Night Mode

Hasil foto Realme GT 2 Pro di kondisi minim cahaya atau malam hari biasa saja; tidak begitu istimewa, karena masih ditemukan noise pada hasil fotonya. Namun, secara garis besar Night Mode di Realme GT 2 Pro berfungsi dengan baik. 

Hasil Jepretan Lainnya

Hasil Foto Realme GT 2 ProHasil Foto Realme GT 2 ProHasil Foto Realme GT 2 ProHasil Foto Realme GT 2 ProHasil Foto Realme GT 2 Pro

Hasil Foto Realme GT 2 ProHasil Foto Realme GT 2 ProHasil Foto Realme GT 2 Pro

 

6 dari 7 halaman

Kesimpulan

Setelah menjajal Realme GT 2 Pro selama beberapa hari, kami kira ponsel ini dapat dipertimbangkan oleh mereka yang ingin menjajal flagship.

Dari sisi performa, catatan tes di 3DMark selaras dengan hasil pengujian kami dengan kelancaran dalam memainkan Genshin Impact yang disebut-sebut sebagai patokan standar mobile game yang paling menuntut kemampuan hardware tinggi dari sebuah perangkat.

Untuk keperluan hiburan seperti menonton video pun ponsel ini sudah jelas sangat bisa diandalkan berkat sejumlah teknologi yang disematkan pada layarnya.

Inovasi di sisi kamera juga layak mendapat acungan jempol, terutama pada mode fish eye dan microscope. Khusus mode microscope, hasil jepretannya jauh di atas ekspektasi awal kami.

Detail yang tertangkap oleh sensor kamera dapat diproduksi dengan sangat apik. Tidak tertutup kemungkinan, mode ini dapat menjadi alternatif niche baru bagi penyuka mobile photography yang berfokus pada detail objek dalam skala mikro.

Akhir kata, Realme GT 2 Pro menawarkan paket lengkap antara desain inovatif dengan spesifikasi menjanjikan.

Sebagai informasi, bagi kamu yang tertarik dengan smartphone ini, Realme GT 2 Pro hadir secara eksklusif di Shopee.

7 dari 7 halaman

Rangkuman Spesifikasi

Processor

Snapdragon™ 8 Gen 1 Platform 

CPU: 4nm Process, Octa-core, Up to 3.0GHz

GPU: Next-gen Adrenoâ„¢ GPU

AI: 7th Generation Qualcomm AI Engine

 

Memory & Storage

Up to 12GB + 256GB 

RAM: 8GB/12GB LPDDR5

ROM: 128GB/256GB UFS 3.1

 

System

realme UI 3.0

Based on Android 12

 

Display

2K Super Reality Display 

Screen size: 17.02cm(6.7 inch)

Resolution: WQHD+, 3216 × 1440p

Screen-to-body Ratio: 92.6%

Refresh Rate: 1 to 120Hz with LTPO 2.0 Technology

Touch Sampling Rate: Up to 1000Hz Instant Touch Sampling

Peak Brightness: 1400 nits

Brightness Adjustment: 10240 Levels Automatic Adjustment

Contrast Ratio: 5,000,000:1

Color Gamut: 100% DCI-P3

Colors Depth: 1.07 Billion Colors

Color accuracy: JNCD ≈ 0.5

Protection: Corning Gorilla Glass Victus

 

Charging & Battery

65W SuperDart Charge

5000mAh Massive Battery

2*2500mAh(Typical) Equivalent to 5000mAh Battery Capacity

2*2440mAh(Rated) Equivalent to 4880mAh Battery Capacity

100% Charge in 33 Mins

Includes a 10V/6.5A Charging Adaptor

USB Type-C Port

  

Cameras

50MP + 50MP Primary Camera System 

World’s First 150° Ultra-wide Smartphone Camera

 

Rear Camera

SONY IMX766 OIS Primary Camera

50MP 

84.4° FOV

23.6mm Focal Length

f/1.8 Aperture

6P Lens

1/1.56 Inch Large Sensor Size

150° Ultra Wide-angle Camera

 

50MP

15mm Focal Length

150° FOV

f/2.2 Aperture

6P Lens

40x Magnification Micro-lens Camera 2.0

20x Magnification (Up to 40x Magnification)

720p Video Recording

 

Photography Function

50MP Mode, Street Photography Mode, Super Nightscape, Panoramic View, Bokeh, HDR, 150° Ultra Wide-angle, Fish-eye Mode, AI Scene Recognition, AI Beauty, Filters, Expert, Text Scanner, Portrait Distortion Correction, Tilt-shift, Starry Mode, Dynamic Bokeh Portrait, Bokeh Flare Portrait, Microscope, 3D Photo

Video Recording

AI Nightscape Video, Bokeh Flare Portrait, Stabilization Auto-enabled, Video Bokeh, Video Beauty, Video Filters, Dual-view Video, Slow-motion, Time-lapse, Movie Mode, Tilt-shift time-lapse Video, Starry time-lapse Video, AI HDR Video, 8K Video Recording

 

32MP Selfie Camera 

SONY IMX615 Sensor

80.6° FOV

f/2.4 Aperture

  

Photography Function

Portrait Bokeh, Time-lapse, Panoramic View, Beauty, HDR, Face Recognition, Filters, Super Nightscape, Bokeh Adjustment, Portrait Distortion Correction

Video Recording: 

Dual-view Video

UIS Video Stabilization

Support 1080P / 30fps & 720P / 30fps Video Recording

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini