Sukses

Instagram Bakal Setop Dukungan Aplikasi IGTV

Instagram secara resmi akan menghentikan dukungan terhadap aplikasi IGTV, dan mulai menghapusnya dari Play Store dan App Store

Liputan6.com, Jakarta - Instagram baru saja mengumumkan secara resmi menghentikan dukungan terhadap aplikasi IGTV--yang berubah namanya menjadi Instagram Video tahun lalu.

Dengan penutupan ini, aplikasi IGTV akan segera dihapus dari Google Play Store dan Apple App Store.

Pengumuman ini dibuat di Instagram Blog for Creators (via TechCrunch), dan mengakhir "hidup" aplikasi selama 4 tahun diluncurkan.

Dikutip The Verge, Selasa (1/3/2022), keputusan ini diambil ketika Instagram ingin pengguna dapat dengan mudah berbagi video, dan mendorong video pendek yang kini dikenal sebagai Reels.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hanya Bertahan Selama 4 Tahun

Ilustrasi Instagram, IG (Photo by alex bracken on Unsplash)

Informasi, IGTV pertama kali diumumkan pada 2018 sebagai platform yang fokus berbagi video secara vertikal mengandalkan smartphone.

Kala itu, IGTV dibuat untuk bersaing dengan YouTube dan platform lainnya, dan sempat hadir dengan aplikasi terpisah dari Instagram.

Sayang, layanan IGTV ini kalah populer dengan aplikasi berbagi video singkat lainnya, seperti TikTok dan YouTube Shorts.

3 dari 3 halaman

IGTV Tutup

IGTV launch, image: the verge

Lebih lanjut, aplikasi IGTV akan sepenuhnya ditutup dan dihapus dari toko aplikasi Google dan Apple pada pertengahan Maret.

Jejaring media sosial itu juga mencatat, iklan video in-stream juga tidak akan lagi didukung.

Dengan begini, pembuat konten yang ingin memonetasi kontennya harus pindah ke platform Reels.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.