Sukses

Samsung Alihkan Lini Produksi HP Android dari Vietnam ke Korea Selatan

Keputusan ini diambil Samsung usai pabrik utamanya di Vietnam, dan negara lainnya mengalami masalah dalam proses produksi terkait pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikabarkan telah mulai mengalihkan beberapa lini produksi HP Android global mereka ke pabrik yang berlokasi di Gumi, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan.

Keputusan ini diambil Samsung usai pabrik utamanya di Vietnam, dan negara lainnya mengalami masalah dalam proses produksi terkait pandemi Covid-19.

Mengutip laporan ETnews, Rabu (16/2/2022), Samsung telah mengalihkan produksi mereka sejak akhir tahun 2021.

Saat ini, produksi ponsel tahunan Samsung mencapai angka dikisaran 300 juta unit. Di mana, dua pabrik mereka di provinsi Bac Ninh dan Tai Ninh di Vietnam adalah penghasil produk terbesar.

Kedua pabrik ini diketahui, menyumbang sekitar 60 persen dari total produksi HP Samsung secara global.

Sementara itu, pabrik Noida di India memiliki kapasitas produksi 100 juta unit. Sedangkan pabrik di Brasil dan Indonesia menyesuaikan kapasitasnya dengan permintaan lokal.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Khusus Produksi Ponsel Layar Lipat

(Dok. Samsung Mobile)

Lebih lanjut, basis produksi Samsung di pabrik Gumi memang dikhususkan untuk produksi smartphone layar lipat dan seri flagship milik perusahaan, yaitu Galaxy S series.

Namun karena pandemi Covid-19 yang menganggu pasokan komponen, Samsung pun berupaya "mengembalikan" kapasitas produksinya ke negara asal.

Pada saat yang sama, untuk meningkatkan pengawasan dan produksi smartphone kelas atas, Samsung harus merelokasi jalur produksi ke pabrik Gumi dengan mengorbankan biaya produksi meningkat.

Menurut laporan, sebagian besar smartphone flagship seri Galaxy S22 yang akan beredar di pasaran akan keluar dari pabrik Gumi.

 

3 dari 3 halaman

Samsung Rilis Galaxy S22 Series

Trio Samsung Galaxy S22 yang baru saja diperkenalkan. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Samsung akhirnya resmi meluncurkan lini Galaxy S22 5G Series. Sama seperti seri sebelumnya, ada tiga model yang diperkenalkan kali ini, yakni Galaxy S22, Galaxy S22+, serta Galaxy S22 Ultra.

Namun pada seri ini, Samsung melakukan sedikit perubahan dari sisi desain. Galaxy S22 5G dan Galaxy S22 Plus memiliki tampilan serupa, tapi Galaxy S22 Ultra tampil lebih besar dan dilengkapi built-in S Pen.

"Pada Galaxy S22 kami memperkenalkan tiga model dua desain. Sangat berbeda dari sebelumnya. Desain Galaxy S22 dan Galaxy S22 Plus slim dan flat. Sementara Galaxy S22 Ultra memiliki built-in S Pen dan body curve," tutur Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.