Sukses

Bukan Indonesia, Ini 20 Negara yang Penduduknya Paling Kecanduan Smartphone

Bukan Indonesia, ini 20 negara yang penduduknya paling kecanduan smartphone di seluruh dunia. Mana saja?

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, McGill University di Kanada merilis hasil studi penggunaan smartphone terhadap 35.000 orang di 24 negara di seluruh dunia, dari 2014-2020.

Pada rentang waktu tersebut, pengguna di Tiongkok menempati urutan pertama dalam hal kecanduan smartphone. Hasil riset telah dipublikasihkan di Computers in Human Behavior.

Berdasarkan hasil riset, Tiongkok, Arab Saudi, dan Malaysia menempati urutan tiga besar negara yang penduduknya kecanduan smartphone.

Kanada ada di peringkat ke-7, Jepang di peringkat ke-15, Amerika Serikat di urutan ke-18, dan Jerman di peringkat ke-24. Hanya dua negara dari Afrika yang masuk dalam daftar ini, yakni Mesir di nomor 9 dan Nigeria pada peringkat ke-20.

Subjek penelitian adalah orang dewasa muda dengan usia 28,8 tahun. 60 persen responden penelitian ini adalah perempuan. Dikatakan, sepanjang 2014-2020, masalah kecanduan smartphone kian serius dan tren ini disebut-sebut tak akan berakhir dalam waktu dekat.

Menurut peneliti, penyebab kecanduan ponsel adalah banyaknya pengguna yang membutuhkan motivasi dan hiburan melalui smartphone. Selain itu, banyak urusan dan mata pencaharian pengguna terkait dengan smartphone mereka.

Berikut adalah ke-24 negara yang masyarakatnya disebut-sebut mengalami kecanduan smartphone:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tiongkok hingga Korsel

1. Tiongkok

Negara Tiongkok memang disebut sebagai pasar smartphone terbesar di dunia. Lebih dari 1,5 miliar smartphone terjual di 2021.

2. Arab Saudi

Arab Saudi memiliki lebih dari 21 juta pengguna smartphone dan brand yang populer adalah Apple, Huawei, dan Samsung.

3. Malaysia

Kebanyakan pengguna smartphone di Malaysia memilih ponsel Android terutama Huawei dan Samsung. Apple di sisi lain memiliki basis pengguna yang cukup besar.

4. Brasil

Para pengguna di Brasil memilih perangkat Samsung namun ada juga pengguna yang masih membeli ponsel Motorola, Huawei, hingga Apple.

5. Korea Selatan

Korea Selatan merupakan rumah bagi vendor smartphone besar seperti Samsung dan LG. Negara ini juga menjadi negara pertama yang menggelar layanan 5G komersil. Negara ini juga memiliki jumlah pengguna 5G terbesar di dunia, di bawah Tiongkok.

 

3 dari 5 halaman

Iran hingga Nepal

6. Iran

Meski pengguna smartphone di Iran tidak bisa mengakses layanan YouTube, Facebook, Twitter, Blogger, Telegram, Snapchat, hingga Medium, pengguna smartphone di negara ini ada di peringkat 6 sebagai masyarakat yang kecanduan smartphone.

Jadi layanan internet dan aplikasi-aplikasi populer bukan satu-satunya hal yang mendorong pengguna di Iran kecanduan smartphone.

7. Kanada

Penjualan smartphone di Kanada mencapai 30 juta unit. Merek paling banyak dipakai pengguna adalah Apple, Samsung, dan Huawei.

8. Turki

Pengguna di Turki memilih merek ponsel Xiaomi, Samsung, dan Apple.

9. Mesir

Layanan internet Mesir memblokir sejumlah website. Meski begitu di negara ini masyarakat masih bisa mengakses layanan website dan aplikasi memakai VPN.

10. Nepal

Meski berada di titik tertinggi di dunia, para penduduk Nepal juga kecanduan smartphone. Samsung dan Xiaomi menjadi pemimpin di pasar smartphone Nepal.

 

4 dari 5 halaman

Italia hingga Jepang

11. Italia

Italia adalah negara pertama di dalam daftar ini. Jadi bisa dibilang, orang-orang Eropa memang tidak terlalu kecanduan terhadap smartphone.

12. Australia

November tahun lalu, iPhone jadi smartphone terlaris di negara-negara Oseania. Samsung dan Huawei juga meraup pangsa pasar cukup baik di Australia.

13. Israel

Israel juga negara yang penduduknya dianggap kecanduan smartphone, menurut riset di atas. Samsung merajai pangsa pasar smartphone di negara ini.

14. Serbia

Serbia adalah negara kedua dari benua Eropa yang masuk dalam daftar ini. Di Serbia, Samsung, Apple, Xiaomi, dan Huawei dianggap cukup merajai pangsa pasar smartphone.

15. Jepang

Agak mengherankan jika Jepang ada di urutan ke-15 negara yang penduduknya kecanduan smartphone. Bagaimana tidak, Jepang adalah salah satu negara dengan manufaktur smartphone yang cukup besar.

Meski begitu di negara ini, Samsung, Huawei, Apple, menjadi brand-brand utama yang menguasai pangsa pasar smartphone.

 

5 dari 5 halaman

Britania Raya hingga Nigeria

16. Britania Raya

Britania Raya alias United Kingdom adalah pasar smartphone yang cukup besar. Para pengguna di negara ini memilih perangkat Samsung, Apple, dan Xiaomi.

17. India

India adalah negara dengan pasar smartphone terbesar nomor dua di dunia, di belakang Tiongkok. Sebanyak 120 juta smartphone diperjualbelikan di India.

Xiaomi pun menempati urutan pertama tiga tahun terakhir. Meski pasarnya besar, ternyata penduduk di India tak begitu kecanduan terhadap smartphone mengingat peringkatnya di urutan ke-7.

18. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah pasar smartphone terbesar ketiga di dunia. Apple yang berasal dari negara ini mengusai pangsa pasar lebih dari 55 persen.

19. Rumania

Negara Eropa lain yang masuk daftar ini adalah Rumania. Para pengguna smartphone di negara ini cenderung memilih Samsung, Apple, Huawei, Xiaomi, hingga Motorola.

20. Nigeria

Orang Nigeria menyukai smartphone Transsion Holdings yang mencakup merek Tecno, Itel, dan Infinix. Sementara posisi Samsung dan Apple jauh di belakang.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.