Sukses

Hore, iPhone 12 dan iPhone 13 Sudah Bisa Terhubung Jaringan 5G di Indonesia

Pengguna seri iPhone 12 dan iPhone 13 di Indonesia kini sudah bisa terhubung ke jaringan 5G.

Liputan6.com, Jakarta - Pertengahan tahun 2021, sejumlah operator seluler di Indonesia mengumumkan kehadiran layanan internet 5G, dimulai dari Telkomsel. Vendor pun mulai gemar merilis smartphone berjaringan 5G di Tanah Air. iPhone dari Apple adalah satunya.

Perusahaan asal Amerika Serikat ini sudah dua tahun berturut-turut menghadirkan iPhone berjaringan 5G, yakni seri iPhone 12 dan iPhone 13.

Sayangnya di Indonesia perangkat iPhone 12 dan iPhone 13 belum bisa terhubung ke 5G. Namun, lewat sebuah update yang dikirimkan ke pengguna iPhone 12 dan iPhone 13 di Indonesia, dua model teranyar iPhone ini sudah bisa terkoneksi dengan jaringan 5G yang ada di Indonesia.

Para pengguna iPhone 12 dan iPhone 13 mulai Minggu (6/2/2022), mendapatkan notifikasi untuk meng-update jaringan di perangkat mereka agar bisa menerima layanan 5G.

Pengguna tinggal memilih "Ok" untuk meng-update koneksi terbaru di iPhone 12 dan iPhone 13.

Setelah di-update, nantinya pada menu Setting > Celullar Data Options > Voice & Data, pengguna bisa menemukan informasi kalau iPhone 12 dan iPhone 13 series mereka memang sudah mendukung koneksi internet 5G.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5G Auto

Pada menu ini, pengguna bisa memilih jaringan internet 5G On, 5G Auto, dan 4G. Opsi default pada semua perangkat yang sudah di-update ada pada 5G Auto.

Dalam hal ini, ketika pengguna memilih jaringan 5G On, layanan akan selalu terhubung ke 5G kapan pun lokasi pengguna tersedia jaringan 5G. Jika memilih opsi ini, baterai perangkat juga disebutkan akan cepat terkuras.

Sementara untuk pilihan 5G Auto, perangkat akan dihubungkan dengan jaringan 5G jika lokasi pengguna terkover 5G. Dengan memilih opsi ini, baterai perangkat pun bisa lebih hemat.

3 dari 4 halaman

Layanan 5G Tergantung Ketersediaan di Lokasi

Satu hal yang perlu diingat, meski pengguna iPhone 12 atau iPhone 13 sudah bisa terhubung dengan internet 5G lewat perangkatnya, koneksi internet tetap dipengaruhi oleh ketersediaan 5G di masing-masing wilayah.

Seperti diketahui, saat ini operator Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata baru menghadirkan layanan 5G di beberapa titik di sejumlah kota di Indonesia.

Oleh karenanya, meski pengguna iPhone 12 dan iPhone 13 sudah update software-nya ke jaringan 5G, keterhubungan dengan layanan 5G ditentukan masing-masing lokasi. 

(Tin/Ysl)

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang iPhone

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.