Sukses

Mau Detoks Media Sosial, Ini Cara Nonaktifkan dan Hapus Akun Instagram

Ingin detoks media sosial, berikut adalah cara nonaktifkan akun Instagram dan menghapus akun Instagram secara permanen.

Liputan6.com, Jakarta - Jika mulai bosan dengan Instagram, mungkin kamu mempertimbangkan untuk menonaktifkan akun Instagram sebagai alternatif cara untuk detoks media sosial.

Untuk Instagram, kamu memiliki dua pilihan cara. Pertama kamu bisa menonaktifkan atau deactivate akun Instagram. Cara kedua adalah dengan menghapus akun sepenuhnya.

Berikut Tekno Liputan6.com beri tips deactivate atau nonaktifkan akun Instagram atau menghapus akun, seperti dikutip dari Digital Trends, Senin (31/1/2022).

Dengan begitu, kamu bisa memilih ingin menonaktifkan akun Instagram atau hapus akun Instagram sebagai bagian untuk detoks media sosial.

1. Deactivate (Nonaktifkan) Akun Instagram

Dengan menonaktifkan sementara akun Instagram kamu, profil, foto, video, komentar dan like-nya akan disembunyikan hingga kamu mengaktifkannya kembali.

Menonaktifkan akun adalah cara untuk detoks sementara dari Instagram. Selain menonaktifkan akun, pilihan cara lain yang bisa dipertimbangkan adalah me-mute beberapa teman, jika sebenarnya ini adalah alasan utama kamu menonaktifkan akun.

Perlu diingat, cara di bawah ini hanya berguna untuk akun Instagram yang tidak menggunakan akun Facebook untuk login. Kalau kamu ingin menonaktifkan akun tetapi login menggunakan Facebook, kamu harus menghapus akun Facebook dari Instagram kamu dan reset password akun Instagram juga.

Begini cara nonaktifkan Instagram:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Nonaktifkan Akun Instagram

- Masuk ke Instagram.com menggunakan web browser. Hal ini harus dilakukan, karena kamu tidak bisa menonaktifkan akun Instagram dari aplikasi mobile.

Jika belum login ke Instagram.com, kamu harus login terlebih dahulu.

- Klik pada bagian Foto Profil yang ada di sudut kanan atas, kemudian pilih opsi Profil.

- Pada bagian atas halaman, klik tombol Edit Profil.

- Geser layar ke bawah, bagian paling bawah halaman dan klik "Nonaktifkan akun Sementara" atau "Temporarily Disable My Account."

- Instagram akan menanyakan ke pengguna apa alasan mereka menonaktifkan akun Instagram-nya. Pilih alasan dari menu drop-down. Kemudian, masukkan password Instagram kamu.

- Terakhir untuk mengakhiri proses ini, klik "Nonatifkan akun sementara" atau "Temporarily Disable Account."

Akun Instagram kamu akan dinonaktifkan sementara. Untuk kembali mengaktifkan akun Instagram, kamu hanya perlu login lagi menggunakan Instagram.com.

3 dari 5 halaman

2. Cara Hapus Akun Instagram Secara Permanen

Jika kamu benar-benar mau berhenti main Instagram, kamu bisa memilih untuk menghapus akun Instagram kamu secara permanen.

Perlu diingat, penghapusan permanen akun Instagram akan menghapus seluruh profil, foto, video, komentar, dan follower secara permanen. Tidak ada cara apa pun untuk mengembalikan akun kamu, jika sudah menghapus akun secara permanen.

Dengan begitu, kamu tidak bisa menggunakan username yang sama, jika ada pengguna lain yang sudah memakai username kamu, setelah kamu menghapus total Instagram kamu.

Begini caranya menghapus permanen akun Instagram kamu:

1. Masuk ke page Instagram Delete Your Account. Jika kamu belum login, login dulu ke akun Instagram kamu.

2. Di bawahnya akan ada pertanyaan "Alasan menghapus akun Instagram" atau "Why are you deleting your account?" pilih opsi yang tersedia.

4 dari 5 halaman

Cara Selanjutnya

3. Masukkan password Instagram kamu untuk mengkonfirmasi bahwa kamu benar-benar ingin menghapus akun Instagram.

4. Klik Delete

Dengan mengikuti proses di atas, pengguna telah mengirimkan permintaan penghapusan akun ke tim Instagram. Setelah 30 hari, Instagram akun menghapus akun kamu dan semua informasi secara permanen.

Instagram mencatat, mungkin diperlukan waktu hingga 90 hari untuk menyelesaikan proses penghapusan akun secara permanen. Pada masa itu, akun Instagram kamu tidak akan terlihat oleh orang lain.

(Tin/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Tentang Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini