Sukses

Jurus Smartfren Antisipasi Tingginya Penggunaan Internet Saat Libur Nataru

Smartfren siap menghadapi peningkatan trafik internet saat libur Natal dan Tahun Baru 2022, jurus apa yang dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta - Smartfren meningkatkan kapasitas dan optimasi jaringan untuk mengatasi kenaikan trafik layanan internet selama liburan Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Peningkatan kapasitas ini dilakukan untuk memastikan pelanggan tetap mendapatkan koneksi internet terbaik saat berada dalam perjalanan maupun saat berada di rumah masing-masing.

Perubahan pola mobilitas masyarakat pada liburan Natal dan Tahun Baru 2022 sebelumnya sudah diprediksi menimbulkan kenaikan trafik internet, terutama di wilayah permukiman.

Pada saat Natal, kenaikan trafik layanan internet diperkirakan antara 5-8 persen dibandingkan hari biasa. Smartfren juga memperkirakan, peningkatan trafik layanan internet terjadi di region Jabodetabek dengan peningkatan 10 persen.

Sementara saat tahun baru nanti, kenaikan trafik internet secara nasional diperkirakan 10-15 persen dibandingkan hari biasa. Lagi-lagi, region Jabodetabek diperkirakan mengalami kenaikan trafik tertinggi, yakni 15 persen.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perubahan Perilaku Online Saat Pandemi

VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat, mengatakan, peningkatan trafik internet didorong oleh perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Banyak sekali kegiatan yang dilakukan secara online dan hingga sekarang semuanya tetap berlangsung secara online. Misalnya pertemuan virtual, hiburan film dan musik menggunakan aplikasi video streaming, hingga kegiatan lain yang memanfaatkan internet," kata Agus, dikutip dari keterangan Smartfren.

Sadar akan adanya peningkatan trafik internet sepanjang libur Nataru, Smartfren meningkatkan kapasitas jaringan hingga 15 persen secara nasional.

3 dari 3 halaman

Berbagai Teknologi untuk Dukung Peningkatan Kapasitas Jaringan

Adapun wilayah-wilayah yang mengalami peningkatan kebutuhan internet mulai dari Jabodetabek dan Jawa Tengah. Kedua region ini kapasitasnya ditingkatkan hingga 20 persen dibandingkan hari biasa.

Bukan hanya itu, Smartfren juga menggunakan teknologi termutakhirkan pada seluruh network, yakni multicarrier, millimeter wave, small cell, 4x4 MIMO, beam forming, full duplex, hingga 256 QAM.

Semuanya dinilai berperan untuk memberikan koneksi internet terbaik untuk membuat pelanggan bisa mendapat akses internet kecepatan tinggi, stabil, dan mencapai 4G+ pada gadget yang mendukung.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini